Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Blog » 6 Jenis Tanaman Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi dan Memiliki Prospek Manjanjikan

6 Jenis Tanaman Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi dan Memiliki Prospek Manjanjikan

Diposting pada 7 October 2023 oleh Rawa Bibit / Dilihat: 75 kali

6 Jenis Tanaman Yang Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi dan Memiliki Prospek Manjanjikan

Jenis Tanaman Nilai Jual Tinggi – Saat ini peluang usaha dibidang pertanian sudah semakin bersinar. Pasalnya, hasil pertanian menjadi salah satu komoditi pasar yang tidak ada hentinya. Sehingga boleh dikatakan usaha pertanian kini sangat menguntungkan dan sangat menjanjikan di masa depan.

Usaha pertanian tak hanya bisa dilakukan di desa-desa saja, di daerah perkotaan pun juga bisa lho dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Pekarangan rumah yang sempit atau luas kini bisa menjadi sumber keuntungan. Kunci sukses dari jenis usaha ini ialah kejelian dalam memilih tanaman yang menguntungkan serta penggunaan teknik menanamnya.

Banyaknya pilihan tanaman yang dapat di budidayakan tentunya menjadi keuntungan tersendiri. Namun dibutuhkan kejelian untuk memilih tanaman yang ingin ditanam.

Bila salah pilih, bukan keuntungan yang didapat malah kerugian yang akan Anda dapatkan. Lalu apa saja tanaman-tanaman yang bernilai jual tinggi dan juga mudah dibudidayakan? berikut ulasanya.

Jenis Tanaman Prospek Tinggi

Berikut ini adalah jenis tanaman bernilai jual tinggi yang bisa dipertimbangkan sebagai peluang bisnis yang mampu mendatangkan untung besar bagi Anda.

1. Sayuran dan Buah Organik

Sekarang ini banyak orang peduli akan pola hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi makanan tanpa mengandung bahan kimia. Salah satunya adalah buah dan sayur yang bebas pestisida. Pasar akan sayur dan buah organik memiliki permintaan yang tinggi khususnya konsumen di perkotaan. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk berbisnis sayur dan buah organik.

Beberapa budidaya sayuran organik yang bisa dicoba adalah hidroponik yang bisa menjamin kualitas sayuran anda. Walaupun keuntungan yang diperoleh tidak sebesar bisnis lainnya namun perputaran uangnya berlangsung setiap hari terbukti dengan tidak pernah absennya ibu – ibu berbelanja sayuran dan buah di pasar.

2. Rempah – Rempah

Rempah-rempah termasuk salah satu bahan yang selalu dibutuhkan, baik untuk melezatkan masakan, membuat minyak esensial dan aromaterapi, hingga menjadi bahan produk-produk kecantikan. Rempah-rempah menjadi salah satu komoditi yang sangat laku di pasaran baik dalam dan juga luar negeri. Sebut saja, jahe, kunyit, pala, daun sere, lengkuas, ketumbar dan masih banyak lagi.

Peluang untuk membudidayakan rempah – rempah sangat terbuka lebar, pasalnya permintaannya yang cukup tinggi dan tidak pernah sepi pembeli layaknya sayuran. Tanaman rempah – rempah seperti jahe, ketumbar, lengkuas, lada, pala, seledri, vanili, dan lain – lain sangatlah dibutuhkan oleh restoran dan rumah makan. Peluang ekspornya pun sangatlah menjanjikan.

3. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bumbu lainnya yang tidak pernah sepi dari pembeli adalah bawang merah & bawang putih. Kedua bumbu ini memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan citarasa dan aroma pada masakan. Selain itu, fungsi lain dari bawang putih adalah sebagai antibiotic herbal yang menjaga tubuh dari kuman dan penyakit. Waktu panennya cukup singkat cuman 3 – 4 bulan menjadi daya tarik tersendiri.

Peluang bisnis bawang merah & bawang putih sangatlah menggiurkan. terlebih lagi saat moment2 tertentu seperti lebaran, natalan, galungan, harga bisa sangat meroket karena penyuplai yang masih sangat terbatas. Anda pun bisa mengembangkan bisnis lainnya seperti bisnis bawang goreng yang bisa anda pasarkan ke pasar tradional atau toko-toko kelontong.

4. Cabai

Sama halnya dengan bawang merah dan bawang putih. Cabai sering diburu pada saat hari raya besar seperti lebaran, natalan hingga galungan. Permintaannya selalu tinggi bahkan sering kali pemerintah melakukan impor untuk memenuhi kebutuhan cabai di dalam negeri. Oeh karena itu, budidaya cabe termasuk jenis peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Keunikan tanaman ini bisa anda olah kembali seperti tanaman bawang dengan menjadikannya saus dan dikemas ulang untuk didistribusikan pada bermacam – macam warung makan yang membutuhkannya.

5. Tanaman Hias

Tanaman hias menjadi salah satu koleksi wajib untuk mempercantik halaman rumah. Keberadaan tanaman hias membuat rumah tampak asri, cantik dan indah. Tak heran, beberapa orang rela untuk mengeluarkan ratusan hingga jutaan rupiah hanya untuk bisa mengkoleksi tanaman hias di rumahnya. Oleh karena itu, tanaman hias menjadi bisnis di bidang pertanian yang tidak boleh dianggap remeh.

Beberapa jenis tanaman hias yang bisa anda budidayakan ialah: suplir, keladi, pucuk merah, philodendron, aglaonema, puring, pohon palem, sirih gading, lemon lime dracaena, wali songo, pakis sarang burung, tanduk rusa, kuping gajah, keladi red star, lidah mertua, gelombang cinta, dan lain – lain.

6. Tanaman Buah

Selain hasil panen, seperti buah rambutan, jeruk, manggis, semangka, cabe, tomat, mangga, durian, sawo, melon. Bibit tanaman juga menjadi salah satu pelung bisnis yang cukup menguntungkan. Sebelum tanaman menghasilkan buah, terlebih dahulu membutuhkan bibit tanaman untuk ditanam.

Semakin banyak petani yang terjun dibidang pertanian semakin banyak punya membutuhkan bibit tanaman untuk dibudidayakan. Oleh karena itu, bisnis bibit tanaman menjadi salah peluang bisnis yang cukup menguntungkan.

Demikianlah informasi tentang jenis tanaman yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Usaha dibidang pertanian masih menjadi salah satu aspek yang sangat menguntukan jika dikembangkan dalam bidang bisnis. Agar dapat berlangsung dengan lancar, dibutuhkan strategi manajemen dan pemasaran yang tepat. Selain itu, sikap tekun sangat diperlukan. Semoga dapat menambah wawasan, salam sukses! .

Tags: , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

6 Jenis Tanaman Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi dan Memiliki Prospek Manjanjikan

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

6 Jenis Tanaman Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi dan Memiliki Prospek Manjanjikan

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: