Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Blog » 5 Jenis Mangga Cocok Untuk Tabulampot, Dikenal Punya Perawatan Mudah, Cepat Berbuah serta Cocok Untuk Pemula Sekalipun

5 Jenis Mangga Cocok Untuk Tabulampot, Dikenal Punya Perawatan Mudah, Cepat Berbuah serta Cocok Untuk Pemula Sekalipun

Diposting pada 11 February 2024 oleh Rawa Bibit / Dilihat: 63 kali

5 Jenis Mangga Cocok Untuk Tabulampot, Dikenal Punya Perawatan Mudah, Cepat Berbuah serta Cocok Untuk Pemula Sekalipun

Jenis Mangga Tabulampot – Mangga tabulampot menjadi salah satu metode dalam bertanam mangga yang efisien. Metode pananaman tanaman buah dengan model tabulampot ini hanya mengandalkan pot saja. Berbeda dengan penanaman buah secara konvensional yang memerlukan lahan yang luas untuk menanam buah.

Selain itu, Metode pananaman tabulampot tergolong mudah dalam perawatan dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

Untuk memulai menanam mangga tabulampot, tentunya sobat rawa bibit harus mengetahui terlebih dahulu jenis mangga jenis mangga yang cocok untuk tabulampot.

Jenis Mangga Tabulampot

Berikut ini beberapa jenis mangga yang cocok untuk tabulampot. Jenis mangga ini juga merupakan jenis mangga yang yang dikenal memiliki perawatan yang mudah bahkan untuk seorag pemula sekalipun. Berikut ulasannya.

1. Mangga Chokanan

Mangga Chokanan merupakan salah satu varietas mangga unggulan yang berasal dari Thailand. Mangga Chokanan merupakan mangga favorit karena dapat dikonsumsi saat matang sempurna maupun saat masih muda.

BACA JUGA :   6 Kelebihan Mangga Chokanan, Cepat berbuah, Produktivitas Tinggi dan Cocok Untuk Tabulampot

Mangga Chokanan ini sering dijuluki mangga madu. Rasa mangga chokanan muda memang tidak sama masamnya dengan mangga muda jenis lainnya.

Mangga Chokanan termasuk jenis mangga unggulan yang tergolong sangat rajin berbuah karena dalam satu tahun bisa berbuah hingga 3 kali, setelah pohon sudah berusia minimal 1 tahun setelah tanam.

Keunggulan lainnya adalah tanaman buah mangga chokanan dapat berbuah tiga kali dalam setahun sehingga dalam setiap pohon dapat menghasilkan 60 – 120 kg buah mangga pertahun.

2. Mangg Kiojay

Mangga Kiojay atau kyojay adalah sebuah varietas mangga yang berasal dari negara Thailand yang hingga saat ini juga masih termasuk kedalam kategori varietas mangga unggulan karena memiliki beberapa kelebihan.

Mangga Kiojay juga termasuk buah mangga jumbo karena buah ini memiliki berat rata-rata per buahnya hingga 2 kg. Perlakukan dan penanaman yang baik serta mencukup kebutuhan pupuk akan menghasilkan hasil panen yang bagus.

Bibit mangga Kiojay yang didapatkan dari hasil okulasi atau cangkok sudah dapat berbuah ketika sudah berumur 1 atau 2 tahun, tentunya faktor kesuburan tanah atau media tanamnya juga cukup mempengaruhi cepat dan lambatnya proses pembuahan.

3. Mangga Manalagi

Mangga manalagi merupakan salah satu produk unggulan buah mangga lokal adalah Mangga manalagi, Yups, Mangga Manalagi di kembangkan di Situbondo, Jawa Timur.

BACA JUGA :   5 Jenis Mangga Cepat Berbuah Terbaik Yang Layak Untuk di Budidayakan

Buah mangga manalagi telah lama menjadi komoditi unggulan pertanian Indonesia. Buah mangga yang satu ini tersohor akan rasanya yang manis nikmat.

Mangga manalagi mempunyai daging buahnya tebal dengan tekstur agak berserat dan untuk urusan rasa, mangga manalagi ini memiliki rasa yang manis pas.

Mangga manalagi cocok ditanam di dalam pot. Hal ini karena mangga ini dikenal cepat berbuah, dengan perawatan yang baik, bibit mangga manalagi dapat mulai berbuah saat sudah berumur 2-3 tahun setelah tanam.

4. Mangga Harumanis

Mangga Harumanis lokal merupakan salah satu varietas mangga lokal unggulan yang sangat populer di dalam negeri. Kepopuleran mangga harumanis ini sering menjadi faktor banyak orang yang membudidayakan mangga jenis ini.

Mangga HarumManis terkenal akan rasanya yang manis, ditambah dengan aroma yang harum pada saat matang, hal inilah yang menajdi ciri khas harum manis yang sesuai dengan namanya harum dan manis.

Mangga HarumManis cocok untuk dijadikan tabulampot karena memiliki sifat yang genjah, panen buah mangga harumanis dapat dinikmati saat berumur 2-3 tahun setelah

5. Mangga YuWen

Mangga YuWen merupakan salah satu mangga unggulan yang berasal dari Taiwan. Keunggulan mangga yuwen ini adalah memiliki tampian buah yang nyentrik, buah mangga yu wen memiliki kulit berwarna berwarna merah terang.

BACA JUGA :   5 Cara Menanam Mangga Chokanan Dalam Pot Agar Tumbuh optimal dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Mangga YuWen merupakanj jenis mangga yang menggoda para penikmat buah. Daging buah mangga Yuwen Tergolong tebal, dengan tekstur lembut tanpa serat, dan berbiji super tipis.

Selain memiliki tampilan yang menarik, Buah mangga Yuwen juga menyimpan lezetan yang luar biasa dibalik daging buahnya. bahkan tingkat kemanisannya bisa mencapai level 15 brick.

Jenis buah mangga YuWen juga menjadi primadona bagi pecinta tabulampot. Hal ini dikarenakan jenis mangga ini tergolong cepat berbuah atau genah. Panen buah mangga yu wen dapat dinikmati saat sudah berumur 2-3 tahun setelah tanam.

Demikianlah informasi tentang jenis mangga unggulan yang cocok ditnama dalam pot. Untuk sobat rawa bibit yang masih pemula dan sedang bingung memilih apa jenis mangga yang cocok untuk tabulampot maka artikel ini sangat tepat untuk anda. Selamat mencoba. Terima kasih.

 

Tags:

Bagikan ke

5 Jenis Mangga Cocok Untuk Tabulampot, Dikenal Punya Perawatan Mudah, Cepat Berbuah serta Cocok Untuk Pemula Sekalipun

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 Jenis Mangga Cocok Untuk Tabulampot, Dikenal Punya Perawatan Mudah, Cepat Berbuah serta Cocok Untuk Pemula Sekalipun

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: