Beranda » Tanaman » Bibit Alpukat Miki
click image to preview activate zoom
Diskon
21%

Bibit Alpukat Miki

Rp 75.000 Rp 95.000
Hemat Rp 20.000
Stok Tersedia
Kategori Tanaman, Tanaman Buah
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! QUICK ORDER
Bagikan ke

Bibit Alpukat Miki

Bibit Alpukat Miki – Bibit Tanaman Alpukat Lokal Unggul Cepat Berbuah Dengan Citarasa Gurih Tanpa Getir dan Memiliki Tingkat produktifitas Tinggi

Alpukat Miki – Pernahkah anda mendengar tentang Alpukat Miki?. Perkenalkan jenis alpukat unggulan yang dikenal dengan bentuknya yang mungil. Mengacu pada popularitas bintang miki Mouse, buah alpukat miki ini memiliki keistimewaan bentuk buahnya yang kecil nan imut.

Alpukat miki menjadi primadona baru pecinta tanaman buah alpukat. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya buah Alpukat miki ini dikenal dengan bentuk buahnya yang kecil nan imut.

Selain itu, buah alpukat miki juga mempunyai rasa yang gurih dengan sedikit rasa manis. Tanaman Alpukat miki merupakan salah atu varietas unggul yang dikenal memiliki tingkat adaptasi yang baik dan lebih tahan terhadap penyakit.

Mengenal alpukat miki

Karakteristik Buah Alpukat Miki

Alpukat miki termasuk jenis buah alpukat yang sangat populer dikalangan pecinta tanaman buah alpukat. Buah alpukat miki ini dikenal akan kualitas buahnya yang sangat baik. Buah Alpukat miki punya bentuk buah bulat dan berukuran sedang. bobot satu buahnya berkisar antara 300 – 600 gram/buah.

Kulit buahnya berwarna hijau mengkilap saat sudah matang. Dengan ukuran buahnya yang sedang inilah membuat alpukat miki ini sangat digemari karena dapat langsung habis dalam sekali konsumsi.

Dari segi tekstur, Buah alpukat miki mempunyai daging buahnya cukup tebal, berwarna kuning. Tekstur buahnya lembut dengan biji berukuran sedang. Kulit buah alpukat miki juga tergolong kulit yang sangat tipis sehingga alpukat ini sangat mudah untuk dikupas seperti mengupas pisang.

Untuk soal rasa?, buah alpukat miki mempunyai citarasa gurih dan legit, serta sedikit manis tanpa rasa getir di lidah. Perpaduan antara tekstur buah yang lembut dengan rasa yang gurih membuat si cantik miki ini semakin menggemaskan dan selalu diburu oleh para penggemarnya.

Karakteristik Tanaman Alpukat Miki

Alpukat miki adalah jenis tanaman alpukat unggulan yang berasal dari Kelurahan Kukusan, Kota Depok, Jawa Barat. Alpukat miki merupakan hasil dari pengembangan Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB. Secara fisik, tanaman alpukat tanaman alpukat pemilik nama latin Persea Americana ini mempunyai ciri khas yakni bentuk daunnya yang tidak simetris, dan cenderung melengkung.

Artinya daun alpukat miki mempunyai bagian sirip daun bagian kanan tidak sama dengan sirip daun bagian kiri. Sebagian lebih lebar dan bagian yang satunya lebih kecil. Sehingga daun akan terlihat melengkung. Ciri ini bisa anda lihat pada daun yang sudah tua, untuk daun muda biasanya belum begitu terlihat.

Keunggulan lainnya adalah tanaman alpukat miki termasuk jenis alpukat unggulan yang memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan ulat. Hal ini dikarenakan daun dari alpukat miki ini mengandung enzim yang mampu mengganggu pencernaan ulat. Selain itu, kulit buah alpukat ini sangat kuat sehingga sulit ditembus rahang ulat buah.

mengenal alpukat miki

Syarat Tumbuh Bibit Alpukat Miki

Tanaman Alpukat miki termasuk jenis alpukat spesialis dataran rendah. Tanaman alpukat miki dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah dengan ketinggian ideal berkisar antara 10—600 meter di atas permukaan laut. Selain itu, Tanaman Alpukat miki juga mampu tumbuh pada daerah dataran tinggi dengan ketinggian maksimal mencapai 1500 mdpl.

Tanaman alpukat miki cocok ditanam pada lahan berpasir, tanah liat dan agak bersifat seperti tanah lempung dengan unsur hara dan kandungan organiknya yang tinggi serta gembur. Adapun pH yang diinginkan alpukat miki adalah pH 6-7 dan memiliki drainase baik. sedangkan suhu yang cocok adalah 20-30 derajat celcius, curah hukan 5-6 bulan basah.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam budidaya alpukat miki, sebaiknya jarak tanam yang ideal adalah 3 m x 3 m. sehingga populasi bibit yang dibutuhkan mencapai 1.000 bibit per hektar.

Budidaya Bibit Alpukat Miki

Untuk perawatan bibit alpukat miki ini tergolong mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar. Gunakan pupuk dasar berupa campuran pupuk kandang, sekam, dan sejumput NPK ponska dengan komposisi 15:15:5. Dosis pupuk dasar 5 kilogram per lubang tanam.

Untuk perawatan lanjutan, lakukan penyiraman secara rutin, terutama ketika kemarau. Adapun frekuensi penyiraman 2—3 kali per minggu dengan volume 3—5 liter per tanaman. Setelah 3 bulan pasca tanam, berikan pupuk berupa pupuk kandang, pupuk daun, dan NPK Phonska dengan konsentrasi 3 kg pupuk dilarutkan dalam 8 liter air untuk 2—3 tanaman.

Frekuensi penyiraman sebulan sekali. Semprotkan campuran fungisida dan zat pengatur tumbuh untuk mencegah serangan organisme pengganggu tanaman setiap 2 pekan dengan interval tiga bulan. Adapun saat musim penghujan, frekuensi penyemprotan dilakukan setiap 10 hari sekali. Dosis 4 liter per pohon.

Pada tahun ketiga tanaman mulai berbunga. Tambahkan campuran kalium dan ponska, dosis 2 genggam per pohon. Frekuensi pemberian setiap bulan. Ketika tanaman sudah berbuah, letakkan jerami di bawah tajuk tanaman. Semprotkan pupuk mikro dengan konsentrasi satu gram per liter. Frekuensi penyemprotan setiap 2 pekan.

mengenal alpukat miki

Masa Panen Alpukat Miki

Alpukat miki termasuk jenis alpukat unggulan yang memiliki sifat genjah atau mudah berbuah. Tanaman alpukat miki mulai berbuah pada saat usia 2 – 3 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hail okulasi atau cangkok. Keunggulan yang dimiliki alpukat miki adalah kemampuan berbuah sepanjang Tahun, Dalam satu, tanaman alpukat Miki dapat dipanen sebanyak 2-3 kali.

Dalam setiap pohon, ada saja ranting yang sedang berbunga, pentil, buah muda, dan matang sekaligus. Sehingga setelah panen buah alpukat miki, tidak berselang lama akan ada buah alpukat yang siap untuk dipanen. walaupun biasanya jumlahnya tidak terlalu banyak.

Alpukat miki juga dikenal dengan tingkat produktifitasnya yang tinggi,bayangkan saja, satu pohon alpukat miki mampu berproduksi buah mencapai 300 kg/tahun. Selain cocok di tanam skala komersial maupun pekarangan. tanaman Alpukat miki juga dapat dibudidayakan didalam pot. Meskipun ditanam dalam pot, pohon ini akan tumbuh dengan baik dan dapat berbuah sepanjang tahun. Jadi jangan ragu untuk datang ke tempat jual bibit alpukat miki.

Informasi Bibit Tanaman Alpukat Miki

  • Nama : Bibit Alpukat Miki
  • Nama Ilmiah : Persea americana
  • Asal Daerah : Kota Depok, Jawa Barat
  • Bibit Berasal: Hasil Okulasi
  • Rekomendasi dataran : dataran rendah – tinggi
  • kondisi tempat tumbuh optimal : suhu panas maupun dingin
  • kebutuhan sinar matahari : Full sun ( penyinaran sepanjang hari )
  • Kapan berbuah : kira-kira 3-4 tahun
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

jika dibudidayakan di dalam pot ( Tabulampot)

  • Rekomendasi ukuran pot : diameter > 60 an
  • Media tanam yang digunakan : tanah humus atau tanah kompos
  • Intensitas penyiraman : satu kali dalam sehari
  • Ilustrasi tinggi tanaman ketika tumbuh besar kurang lebih 300 cm
  • Tips pemberian pupuk (pemupukan) : dilakukan kira-kira 30 hari sekali. menggunakan pupuk NPK Daun.

Manfaat Buah Alpukat Miki

Selain rasanya yang nikmat , Alpukat miki juga mempunyai 25 kandungan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, termasuk vitamin A, Vitamin E dan potasium. Manfaat diantaranya seperti mengurangi resiko stroke , menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, bagus untuk kesehatan mata dan masih banyak lagi tentunya.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Bibit Alpukat Miki

Berat 1000 gram
Kondisi Baru
Dilihat 462 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: