Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Blog » Inilah 5 Jenis Mamey Sapote Cepat Berbuah Dengan Citarasa Terbaik dan Dapat di Budidayakan di Indonesia

Inilah 5 Jenis Mamey Sapote Cepat Berbuah Dengan Citarasa Terbaik dan Dapat di Budidayakan di Indonesia

Diposting pada 15 February 2024 oleh Rawa Bibit / Dilihat: 208 kali

Inilah 5 Jenis Mamey Sapote Cepat Berbuah Dengan Citarasa Terbaik dan Dapat di Budidayakan di Indonesia

Jenis Mamey Sapote Cepat Berbuah – Mamey sapote adalah salah satu jenis buah tropis yang cukup populer di kalangan pecinta buah belakangan ini. Buah mamey sapote memiliki nama ilmiah Pouteria sapota ini Berasal dari Amerika Tengah dan Kuba.

Buah mamey sapote terkenal akan ukuran buahnya yang jumbo, hingga mencapai 2,5 kg perbuah. Selain itu, Buah mamey sapote atau yang biasa disebut sawo raksasa juga terkenal akan rasanya yang manis dengan tekstur daging buah yang lembut.

Dipasaran Indonesia ada beberapa varietas tanaman mamey sapote yang terkenal cepat berbuah dan sudah terbukti mampu berbuah dan dapat dibudidayakan di Indonesia, diantaranya mamey sapote magana, mamey sapote lorito hingga mamey sapote keywest.

Jenis Mamey Sapote Terbaik

Nah, bagi anda yang tertarik ingin bertanam mamey sapote, kami akan memaparkan jenis-jenis mamey sapote denga citararasa terbaik dan dapat dibudidayakan di Indonesia. Berikut ulasannya.

1. Mamey Sapote Magana

Mamey sapote magana dikenal memilki ukuran buah yang besar. Satu buah mamey sapote magana mampu mencapai bobot hingga 2,5 kilogram per buah. Ukuran tersebut 5 kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran sawo biasa.

buah mamey sapote magana berbentuk bulat lonjong. Kulit buahnya berwarna cokelat dengan permukaan yang kasar.

Daging buah mamey sapote magana berwarna merah oranye. Tekstur dagingnya lembut dan tak berserat. buah mamey sapote magana hanya memiliki biji yang berada di tengah.

Untuk soal rasa?, Buah mamey sapote yang satu ini menghadirkan rasa manis dengan tekstur daging buah yang lembut. Rasa mamey sapote magana memang lezat sama seperti jenis sawo pada umumnya.

Jika anda ingin belajar budidaya mamey sapote, sebaiknya memilih mamey sapote magana. Hal ini dikarenakan perawatan pohon ini tergolong mudah dan dapat berbuah dengan baik walaupun tanpa perlakuan khusus.

Keistimewaan lainnya adalah Dalam satu kali berbuah, pohon mamey sapot magana mampu menghasilkan buah dalam jumlah yang banyak.

Mamey Sapote magana

2. Mamey Sapote Lorito

Buah mamey sapote lorito punya ukuran yang tidak kalah besar dari magana. Bobot satu buahnya memiliki kisaran berat 1,5 hingga 2 kilogram per buah. Kulit buahnya berwarna cokelat dengan tekstur yang kasar.

Buah mamey sapote lorito mempunyai Daging buahnya yang tebal dan berwarna merah mirip warna darah. Tekstur buahnya lembut, tidak bergetah sama sekali saat sudah matang.

Buah mamey sapote lorito dikenal punya rasa yang sangat manis, bahkan yang paling manis dari jenis sawo lainnya. Tingkat kemanisannya mampu mencapai 28 briks.

Pohon mamey sapote lorito, sangat cocok dijadikan sebagai tanaman peneduh di halaman rumah, karena memiliki tajuk yang rindang dan sejuk.

Mamey Sapote lorito

3. Mamey Sapote Keywest

Sama seperti varietas mamey sapote lainnya, Mamey Sapote Keywest ini juga dikenal dengan ukurannya yang besar. Bobot satu buahnya mampu mencapai berat 1 kg. Kulit buahnya berwarna cokelat dengan permukaan yang agak kasar.

Mamey Sapote Keywest mempunyai daging buah yang tebal, berwarna merah muda dan memiliki rasa yang manis dengan tekstur buahnya lembut.

Menariknya adalah saat sudah masak, buah Mamey Sapote Keywest ini akan mengeluarkan aroma yang sangat harum. yang pastinya membuat anda tertarik untuk memakannya.

mamey sapote keywest

4. Mamey Sapote Havana

Sesuai dengan namanya, mamey sapote ini berasal dari dari kota Havana, Kuba. Mamey Sapote Havana terbilang cukup langka dan kerap diburu oleh para kolektor tanaman di Indonesia.

Mamey Sapote Havana dikenal mempunyai citarasa yang manis, induk pohonnya bisa menghasilkan buah yang sangat banyak ketika memasuki musim panen. Buah satu ini akan terus berbuah setiap tahunnya, tanpa terpengaruh oleh musim.

mamey sapote havana

5. Mamey Sapote Cepeda

Mamey sapote cepeda atau cepeda espeda ini berasal dari daerah Yukatan, Meksiko bagian Tenggara. Mamoy sapote cepeda punya ukuran buah yang besar, satu buahnya bisa mencapai bobot sekitar 1-3 kg.

Keunikan dari buah mamey sapote cepeda ini adalah memiliki tekstur buahnya yang sedikit kasar saat dimakan. Selain itu daging buahnya juga berwarna orange dengan rasa buah yang manis, lembut, dan juga berair mirip seperti makan buah labu.

Mamey sapote cepeda selalu dijadikan ladang bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, sekali berbuah bisa menghasilkan 100-150 buah per pohon.

mamey sapote cepeda

Demikianlah informasi tentang 5 jenis mamey sapote dengan citarasa terbaik dan dapat dibudidayakan di Indonesia. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

 

Tags: , , , , , , ,

Bagikan ke

Inilah 5 Jenis Mamey Sapote Cepat Berbuah Dengan Citarasa Terbaik dan Dapat di Budidayakan di Indonesia

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Inilah 5 Jenis Mamey Sapote Cepat Berbuah Dengan Citarasa Terbaik dan Dapat di Budidayakan di Indonesia

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: