Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Blog » 6 Cara Menanam Alpukat Yellow Vietnam Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

6 Cara Menanam Alpukat Yellow Vietnam Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

Diposting pada 2 February 2024 oleh Rawa Bibit / Dilihat: 47 kali

6 Cara Menanam Alpukat Yellow Vietnam Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

Cara Menanam Alpukat Yellow Vietnam – Alpukat Yellow Vietnam merupakan varietas alpukat dari negara Vietnam. Keunikan dari alpukat yellow vietnam ini hanya terletak pada buahnya.

Pohon alpukat yellow vietnam juga unik. Pada bagian cabang yang menghasilkan buah warna kulit pohonnya juga berwarna kuning. Padahal pada bagian batang utamanya memiliki warna kulit cokelat keabu abuan sama seperti pohon alpukat lainnya.

Selain itu daun alpukat yellow vietnam juga memiliki warna yang hijau kekuningan. Dengan bentuk yang cukup lebar, saat muda warna daun alpukat yellow vietnam ini merah kecokelatan. Kemudian semakin tua akan berubah menjadi hijau kekuningan.

Cara Menanam Alpukat Yellow Vietnam

Syarat Tumbuh Alpukat Yellow Vietnam

  • tanaman alpukat yellow vietnam dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi, yaitu 5-1500 m dpl. Namun tanaman ini akan tumbuh subur degan hasil yang memuaskan pada ketinggian 200-1000 m dpl.
  • Curah hujan minimum untuk pertumbuhan adalah 750-1000 mm/tahun.
    Suhu optimal untuk pertumbuhan alpukat berkisar antara 12,8-28,3 derajat C.
  • Kebutuhan cahaya matahari untuk pertumbuhan alpukat yellow vietnam berkisar 40-80 %.
  • Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan alpukat yellow vietnam adalah jenis tanah lempung berpasir (sandy loam), lempung liat (clay loam) & lempung endapan (aluvial loam).
  • Keasaman tanah yang baik untuk pertumbuhan alpukat yellow vietnam berkisar antara pH sedikit asam sampai netral, (5,6-6,4).
BACA JUGA :   5 Kelebihan Alpukat Yellow Vietnam, Alpukat Unik yang Terkenal Genjah dan Cocok Sebagai Penghias Halaman Rumah Anda

Tahap Menanam Alpukat Yellow Vietnam

Bagi anda yang berminat untuk membudidayakan tanaman alpukat yellow vietnam, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya alpukat antara lain :

1. Pemilihan Bibit Unggul

Sebaiknya memilih bibit alpukat yellow vietnam dari hasil perbanyakan vegetatif seperti okulasi, cangkok, tempel dan sambung. hal ini bertujuan agar bibit memiliki sifat yang sama dengan induknya. Pastikan memilih toko pembibitan yang terpercaya. dan pastikan memilih bibit yang sehat, berkualitas dan tidak terserang penyakit. Hal ini bertujuan agar masa panen lebih cepat dan hasil lebih optimal.

2. Pengelolahan Laha

Lahan untuk tanaman alpukat yellow vietnam harus dikerjakan dengan baik, sebaiknya bersihkan dari pepohonan, semak belukar, tunggul-tunggul bekas tanaman, serta batu-batu yang mengganggu. Selanjutnya lahan dicangkul dalam atau ditraktor, lalu dicangkul halus 2-3 kali. Pengerjaan lahan sebaiknya dilakukan saat musim kering sehingga penanaman nantinya dapat dilakukan pada awal atau saat musim hujan.

Tips pembuatan lubang tanam :

  • Tanah digali dengan ukuran panjang, lebar, dan tinggi masing-masing 75 cm. Lubang tersebut dibiarkan terbuka selama lebih kurang 2 minggu.
  • Tanah bagian atas dan bawah dipisahkan.
  • Lubang tanam ditutup kembali dengan posisi seperti semula. Tanah bagian atas dicampur dulu dengan 20 kg pupuk kandang sebelum dimasukkan ke
    dalam lubang.
  • Lubang tanam yang telah tertutup kembali diberi ajir untuk memindahkan mengingat letak lubang tanam.

3. Tahap Penanaman

Waktu penanaman yang tepat adalah pada awal musim hujan dan tanah yang ada dalam lubang tanam tidak lagi mengalami penurunan. Hal yang perlu diperhatikan adalah tanah yang ada dalam lubang tanam harus lebih tinggi dari tanah sekitarnya. Hal ini untuk menghindari tergenangnya air bila disirami atau turun hujan.

BACA JUGA :   6 Manfaat Alpukat Yellow Vietnam, Ternyata Mampu Mengurangi Resiko Keguguran

Langkah-langkah penanaman adalah sebagai berikut :

  • Lubang tanam yang telah ditutup, digali lagi dengan ukuran sebesar wadah bibit.
  • Bibit alpukat yellow vietnam dikeluarkan dari keranjang atau polibag dengan menyayatnya agar gumpalan tanah tetap utuh.
  • Bibit
  • alpukat yellow vietnam beserta tanah yang masih menggumpal dimasukkan dalam lubang setinggi leher batang, lalu ditimbun dan diikatkan ke ajir.
  • Setiap bibit alpukat yellow vietnam sebaiknya diberi naungan untuk menghindari sinar matahari secara langsung, terpaan angin, maupun siraman air hujan. Naungan tersebut dibuat miring dengan bagian yang tinggi di sebelah timur.
  • Peneduh ini berfungsi sampai tumbuh tunas-tunas baru atau lebih kurang 2-3 minggu.

4. Tahap Pemeliharaan

Dalam tahap Pemeliharaan bibit alpukat yellow vietnam ini dibagi dalam beberapa tahap antara lain : proses penyiangan, penggemburan tanah, pengairan dan pemangkasan.

-Penyiangan
Gulma yang umbuh di sekitar tanaman menandakan di tempat itu terdapat banyak nutrisi. Selain saingan dalam memperoleh makanan, gulma juga tempat berkembang biak hama dan penyakit. Oleh karena itu, agar tanaman alpukat yellow vietnam dapat tumbuh dengan baik, gulma harus dicabut secara teratur.

-Penggemburan Tanah
Tanah yang disiram setiap hari tentu akan membuat tanah lebih padat dan udara di dalamnya kurang dan semakin sedikit. Akibatnya, akar tanaman tidak dapat menyerap nutrisi secara bebas. Untuk menghindari hal ini, tanah di sekitar tanaman perlu digemburkan dengan hati-hati sehingga akar tidak putus.

BACA JUGA :   6 Manfaat Alpukat Yellow Vietnam, Ternyata Mampu Mengurangi Resiko Keguguran

-Pangairan
Bibit alpukat yellow vietnam yang baru ditanam amat sangat memerlukan banyak air, sehingga penyiraman harus dilakukan setiap hari. Waktu yang tepat untuk penyiraman adalah pada pagi/sore hari, dan jika hujan turun tidak perlu disiram lagi.

-Pemangkasan
Proses pemangkasan hanya dilakukan di cabang-cabang yang tumbuh terlalu ketat atau ranting yang mati. Pemangkasan dilakukan secara hati-hati agar luka bekas pemangkasan terhindar dari infeksi penyakit dan luka bekas pemangkasan sebaiknya diberi fungisida/penutup luka.

5. Tahap Pemupukan

Agar tanaman alpukat yellow vietnam mampu tumbuh dengan optimal, usahakan mempunyai program pemupukan yang baik dan teratur.

Mengingat sistem akar tanaman alpukat, khususnya akar rambutnya, dan pertumbuhan hanya sedikit kurang luas, pupuk harus diberikan agak sering dengan dosis kecil. Jumlah pupuk yang diberikan tergantung pada umur tanaman.

  • untuk tanaman alpukat yellow vietnam usia muda (1-4 tahun) diberikan urea, TSP, dan KCl masing-masing 0 , 27-1,1 kg/pohon, 0,5-1 kg/pohon dan 0,2-0,83 kg/pohon.
    -Untuk masa produksi (umur 5 tahun) diberikan urea, TSP, dan KCl masing-masing dari 2,22-3,55 kg/pohon, 3,2 kg/pohon, dan 4 kg/pohon. Pupuk harus diberikan empat kali setahun.

Mengingat tanaman alpukat yellow vietnam memiliki sedikit akar rambut, pupuk harus ditempatkan sedekat mungkin dengan akar. Caranya dengan menanamkan pupuk ke dalam lubang sedalam 30-40 cm, di mana lubang tersebut dibuat tepat di bawah tepi tajuk tanaman, melingkari tanaman.

6. Tahap Panen

Ciri-ciri buah alpukat yellow vietnam yang sudah tua tetapi belum masak adalah :

  • Warna kulit tua tetapi belum menjadi cokelat/merah dan tidak mengkilap;
  • Bila buah diketuk dengan punggung kuku, menimbulkan bunyi yang nyaring;
  • Bila buah digoyang-goyang, akan terdengar goncangan biji.

Penetapan tingkat ketuaan buah alpukat tersebut memerlukan pengalaman tersendiri. Sebaiknya perlu diamati waktu bunga mekar sampai enam bulan kemudian, karena buah  alpukat yellow vietnam biasanya tua setelah 6-7 bulan dari saat bunga mekar.

Tags: , , , , , ,

Bagikan ke

6 Cara Menanam Alpukat Yellow Vietnam Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

6 Cara Menanam Alpukat Yellow Vietnam Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: