Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Blog » 8 Kelebihan Alpukat Pluwang, Cepat Berbuah dan Rekomendasi Budidaya Skala Komersial

8 Kelebihan Alpukat Pluwang, Cepat Berbuah dan Rekomendasi Budidaya Skala Komersial

Diposting pada 29 January 2024 oleh Rawa Bibit / Dilihat: 38 kali

8 Kelebihan Alpukat Pluwang, Cepat Berbuah dan Rekomendasi Budidaya Skala Bisnis Hingga Tabulampot

Kelebihan Alpukat Pluwang – Alpukat Pluwang termasuk Salah satu jenis alpukat mentega yang sempat hitz pada awal tahun 2018. Bahkan masih menjadi primadona bagi para pecinta buah alpukat hingga saat ini. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya alpukat pluwang terkenal memiliki ukuran buah yang jumbo yang mampu mencapai berat 2 kg/buah.

di pasar domenstik, alpukat pluwang ini memiliki banyak gelar yang di sandang oleh alpukat pluwang ini diantaranya adalah Alpukat Hawai Jumbo, Alpukat Green Star, dan Alpukat Pangeran. Alpukat pluwang sangat rekomended untuk dibudidayakan skala komersial.

keunggulan alpukat pluwang

Sebagai buah alpukat yang menyandang alpukat unggulan, tentu saja alpukat pluwang memiliki segudang keistimewaan yang wajid untuk diketahui. Penasaran? apa saja sich keunggulan yang dimiliki oleh alpukat pluwang sehingga layak disebut sebagai alpukat unggulan. Berikut ulasannya.

Berikut ini adalah keunggulan yang dimiliki Tanaman Buah alpukat pluwang yang perlu anda ketahui :

BACA JUGA :   Inilah 5 Jenis Alpukat Cepat Berbuah dan Cocok Untuk di Tanam Dalam Pot

1. Ukuran Buah Jumbo

Alpukat pluwang termasuk jenis alpukat mentega yang terkenal dengan ukuran buahnya besar. Bayangkan saja, Bobot satu buah rata-rata mencapai berat 1 – 1.2 kg/buah. Bahkan ada buah alpukat pluwang yang mampu mencapai berat hingga 2 kg per buah.

Hal ini berarti satu buah alpukat plwang setara dengan tiga kali lipat lebih besar daripada jenis alpukat lokal pada umumnya. wow mantap bukan?!.

Untuk buahnya, Buah alpukat pluwang berbentuk oval memanjang dengan ujung menggelembung, sedangkan bagiam atas sedikit mengecil. Kulit buahnya berwarna hijau gelap, dan terlihat mengkilap saat sudah matang.

2. Citarasa Nikmat

Buah alpukat pluwang juga mempunyai daging buah yang tebal, berwarna kuning mentega. Tekstur buahnya lebih padat, namun sangat lembut dan pulen saat disantap serta memiliki kadar minyak yang rendah.

Untuk soal rasa? buah alpukat pluwang menawarkan citarasa yang lebih manis dan lebih gurih jika dibandingkan dengan jenis alpukat lokal lainnya. Perpaduan antara tebalnya daging dengan rasanya yang gurih membuat buah alpukat pluwang ini membuatnya banyak di buru oleh para hobiis.

keunggulan alpukat pluwang

3. Postur Pohon Pendek

Secara tampilan, tanaman alpukat pluwang memiliki ciri fisik yang sedikit berbeda dengan tanaman alpukat pada umumnya. Salah satu perbedaan yang paling mencolok dapat dilihat dari Postur pohon alpukat pluwang yang tergolong pendek.

BACA JUGA :   5 Jenis Alpukat Terbaik Yang Terkenal Cepat Berbuah, Perawatan Mudah dan Cocok di Tanam Dalam Pot

Hal ini tentu saja merupakan sebuah keunggulan tersendiri karena dapat memudahkan kita dalam merawat maupun memanen buahnya.

4. Tingkat Adaptasi baik

Tanaman alpukat pluwang dikenal mempunyai tingkat adaptasi yang tinggi dan mudah beradaptasi terhadap lingkungan. Hal ini tentunya berdapat pada proses perawatan alpukat pluwang yang tergolong mudah bahkan untuk seorang pemula sekalipun.

Tanaman alpukat pluwang dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian ideal berkisar antara antara 500 – 1.000 meter diatas permukaan air laut.

5. Cepat Berbuah

Keunggulan lain dari alpukat pluwang ini adalah sifatnya yang cepat berbuah atau genjah. Dengan perlakuan yang optimal, bibit alpukat pluwang akan mulai berbuah setelah berumur 2-3 tahun sejak penanaman (hasil okulasi / cangkok).

Keunggulan alpukat pluwang

6. Tingkat Produktifitas Tinggi

Selain sifatnya yang genjah atau mudah berbuah, tanaman alpukat pluwang juga memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Dalam satu tahun Pohon alpukat pluwang minimal dapat dipanen sebanyak 2 kali. sangat produktif bukan ?.

Hal ini dapat terlihat pada saat umur 2.5 tahun sudah mulai berbuah dengan hasil yang cukup banyak, seiring bertambahnya umur, produktifitas alpukat ini semakin meningkat.

Demikianlah informasi tentang kelebihan alpukat pluwang yang perlu anda ketahui. Dalam artikel ini kita telah membahas kelebihan alpukat pluwang antara lain ukuran jumbo, cepat berbuah, produktivitas tinggi dan punya postur tubuh pendek.

BACA JUGA :   Inilah 5 Jenis Alpukat Lokal Terbaik di Indonesia dan Cocok dibudidayakan Skala Komersial

Dengan segala kelebihan yang dimiliki alpukat pluwang, tak heran jika alpukat pluwang ini direkomedasikan untuk dibudidayak dalam skala bisnis. Selain itu, alpukat pluwang juga cocok untuk ditanam dalam pot sebagai tanaman hias.

Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas cara menanam alpukat pluwang dalam pot agar tumbuh subur dan cepat berbuah. mulai dari penanaman, perawatan, pemupukan dan tahap panen. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan kita dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Tags: , , , , , , , ,

Bagikan ke

8 Kelebihan Alpukat Pluwang, Cepat Berbuah dan Rekomendasi Budidaya Skala Komersial

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

8 Kelebihan Alpukat Pluwang, Cepat Berbuah dan Rekomendasi Budidaya Skala Komersial

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: