Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Tanaman » Bibit Alpukat Aligator
click image to preview activate zoom
Diskon
48%

Bibit Alpukat Aligator

Rp 75.000 Rp 145.000
Hemat Rp 70.000
Stok Tersedia
Kategori Tanaman
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! QUICK ORDER
Bagikan ke

Bibit Alpukat Aligator

Bibit Alpukat Aligator – Bibit Alpukat Unggul Cepat Berbuah Dengan Ukuran Jumbo, Tingkat Produktifitas Tinggi dan Cocok Tabulampot

Alpukat aligator merupakan salah satu jenis tanaman alpukat yang menjadi primadona bagi masyarakat. Pasalnya, buah alpukat aligator termasuk salah satu jenis alpukat unggulan yang terkenal dengan bentuk yang unik dan mempunyai ukuran buah yang jumbo.

Bibit Alpukat aligator menjadi incaran para penghobiis hinga petani karena mampu menghasilkan terkenal akan sifatnya yang cepat berbuah. Selain itu, bibit alpukat aligator juga cocok di tanam didalam pot atau tabulampot.

 

mengenal alpukat aligator

Karakteristik Buah Alpukat Aligator

Buah alpukat aligator dikenal mempunyai ukuran buah raksasa. Buah alpukat aligator mempunyai panjang mencapai 70-80 cm, dengan berat antara 700 gram hingga 1,13 kg per buahnya. Selain itu, buah alpukat aligator dikenal dengan bentuk buahnya yang unik, bayangkan saja, bentuk buahnya bulat memanjang dan membesar di bagian bawah sedangkan bagian pangkal berukuran lebih kecil seperti bentuk hewan aligator. Selain itu, Buah alpukat aligator ini mempunyai kulit yang tipis, bahkan kulit buahnya ini bisa dikupas layaknya buah pisang.

Dari segi tekstur, Buah alpukat aligator mempunyai daging buah yang tebal, berwarna kuning mentega dengan tekstur yang lembut dan tidak berserat.

Dari segi rasa, Buah alpukat aligator mempunyai citarasa yang gurih dengan sedikit rasa manis. Jika kebanyakan buah alpukat memiliki rasa yang sedikit pahit, berbeda untuk jenis alpukat aligator sendiri yang tidak memiliki rasa pahit sedikitpun. Hal ini tentu saja akan sangat memanjakan lidah Anda pada saat menikmati buah alpukat.

Karakteristik Tanaman Alpukat Aligator

Alpukat Aligator merupakan salah satu jenis tanaman alpukat alpukat unggulan yang berasal dari Meksiko. Alpukat ini kerap dijuluki sebagai “Giant Avocado”, Karena memiliki ukuran buah yang jumbo.

Secara fisik, tanaman alpukat aligator memiliki karakteristik yang mirip dengan alpukat jenis lainnya. Pohonnya tumbuh tegak dengan batang yang berwarna coklat, bentuk daunnya lonjong berwarna hijau pada bagian atas dan berwarna kuning kecoklatan pada bagian bawah.

Tanaman alpukat aligator ini mempunyai pertumbuhan cabang yang cenderung ke atas. Hal ini tentunya memberikan keutungan tersendiri karena mampu menghasilkan buah yang lebih banyak dan tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas.

mengenal alpukat aligator 3

Syarat Tumbuh Alpukat Aligator

Bibit alpukat aligator dapat ditanam daerah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara 5 hingga 1500 mdpl. Sedangkan ketinggian ideal untuk panen optimal di daerah dengan ketinggian 200 – 1000 meter diatas permukaan air laut.

Tanah yang cocok untuk bibit alpukat aligator adalah tanah yang subur, gembur, dan mengandung bahan organik tinggi. Jenis taha yang cocok adalah jenis tanah lempung berpasir, lempung liat, dan aluvial loam/lempung endapan. pH tanah yang cocok adalah sekitar 5,6-6,4.

Adapun Curah hujan minimum untuk pertumbuhan bibit alpukat aligator berkisar antara 750-1000 mm/tahun atau minimal 2-6 bulan kering. Sedangkan Kebutuhan cahaya matahari sekitar 40-80% dengan Suhu optimal adalah sekitar ±28oc.

Budidaya Alpukat Aligator

Perawatan bibit alpukat aligator tergolong mudah, tidak memerlukan lahan yang luas dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam perawatan alpukat aligator, yakni pemupukan, penyiraman dan pengendalian hama.

Untuk pertumbuhan dan hasil yang optimal, lakukan penyiraman dua kali sehari. pemupukan secara teratur dengan pupuk NPK sebanyak 100 gram dilarutkan dalam 20 liter air. Larutan pupuk ini disiram ke sekitar tajuk pohon alpukat aligator. Pemangkasan bisa dilakukan agar pohon alpukat tidak terlalu tinggi tetapi tetap produktif berbuah.

Alpukat aligator termasuk jenis tanaman alpukat yang bersifat genjah atau mudah berbuah. Jika dirawat dengan baik, bibit alpukat jenis ini biasanya akan mulai memproduksi buah saat sudah berusia 2-3 tahun sejak penanaman dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau cangkok.

Adapun masa pematangan buah alpukat aligator ini tergolong lebih lama jika dibandingkan dengan jenis alpukat lokal, yakni sekitar 7 bulan. Walaupun memiliki waktu yang lebih lama, namun buah yang dihasilkan memiliki kualitas yang premium.

Bibit alpukat aligator

Informasi Bibit Alpukat Aligator

  • Nama : Bibit alpukat aligator
  • Nama Ilmiah : Persea americana
  • Asal Daerah : –
  • Asal Bibit : Hasil okulasi
  • Ukuran bibit saat ini : 50 cm – 70 cm
  • Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah sampai dataran tinggi
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Tipe Pertumbuhan Tanaman : tumbuh tegak
  • Masa Berbuah : berbuah dalam 2 – 3 tahun
  • Media Tanam : tanah dan humus
  • Penyiraman : Penyiraman satu kali sehari.
  • Tips Pemupukan : diberikan pupuk sebulan sekali dengan pupuk NPK Daun
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Bibit Alpukat Aligator

Berat 1000 gram
Kondisi Baru
Dilihat 520 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: