Sawi Pagoda, Tanaman Sayuran Hijau Dengan Bentuk Unik Yang Sangat Menggoda Mata Serta Kaya Manfaat

sawi pagoda
sawi pagoda

Sawi Pagoda yang bernama Brassica narinosa dikenal juga dengan nama Ta Ke Chai dan Tatsoi. Sawi Sawi Pagoda ini berasal dari beberapa daerah, salah satunya adalah Tiongkok. Cina.

Sawi Pagoda ini dikenal memiliki bentuk dan warna yang unik. Daun sawi pagoda tumbuh dalam bentuk roset yang rendah dan agak pipih. Tangkainya renyah berwarna hijau pucat dan daun berbentuk sendok dengan warna jauh lebih gelap.

Sawi pagoda ini dikenal memiliki rasa yang sedikit lebih tajam jika dibandingkan daripada bok choy. Daun sawi muda memiliki tekstur yang lembut dan rasanya sangat mirip dengan bayam. Sawi pagoda ini sering ditemukan dalam campuran salad dan dapat dimasak dalam hidangan apa pun seperti tumis, sup, dan lainnya.

Cara Tanam Sawi Pagoda

Dalam bertanam sawi pagoda ini sangatlah mudah. Benih sawi pagoda ini disemai dahulu dan langsung dikenalkan dengan sinar matahari agar tidak terjadi etiolasi. Setelah 2 hari, benih akan tumbuh. Sekitar hari ke 9 hingga 10, tanaman sawi pagoda ini akan keluar daun sejatinya alias berdaun 4.

Saat sudah memiliki daun sejati, baru tanaman sawi pagoda ini dapat diberi nutrisi tambahan. Sebelumnya, tanaman ini tidak diberikan nutrisi tambahan karena mereka masih mendapatkan nutrisinya sendiri yang terdapat dari benihnya itu. Tanaman sawi pagoda termasuk salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu dingin.

BACA JUGA :   5 Keunggulan Alpukat Kelud Yang Di Kenal Cepat Berbuah dan Rekomended Untuk Tabulampot

Tanaman sawi pagoda tumbuh dengan cepat dan dapat siap panen hanya dalam waktu 20 hingga 25 hari, sementara tatsoi ukuran penuh membutuhkan waktu 40 hingga 50 hari. Untuk memanen seluruh kepala tanaman, potong tanaman sekitar 1 inci di atas tanah, dan mereka akan tumbuh kembali. Tanaman baru akan lebih kecil tapi tetap enak.

sawi pagoda 3

Manfaat Sawi Pagoda

Sawi Pagoda ini memiliki kandungan yang berperan baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan dari Sawi ini adalah Vitamin A, Vitamin E, Vitamin K, Asam Folat, dan Asam Glukosinolat.

Berdasarkan kandungannya tersebut, berikut ini manfaat dan khasiat Sawi Pagoda untuk Kesehatan:

  • Vitamin A pada tumbuhan sawi ini berperan penting bagi kesehatan mata manusia.
  • Vitamin K berfungsi untuk membantu dalam proses pembekuan darah jika adanya luka pada tubuh.
  • Vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga kulit agar tidak kering.
  • Asam glukosinolat berfungsi untuk mencegah penyakit kanker yang menyerang tubuh.
  • Asam folat berfungsi untuk perkembangan janin agar tumbuh dengan baik pada ibu hamil dan membantu pembentukan sel-sel darah merah dan sumsum tulang.

Demikianlah informasi tentang sawi pagoda yang unik dan menyehatkan tubuh. Selain memiliki bentuk dan rasa yang unik, anda juga dapat mencoba untuk menanamnya sendiri dirumah. Semoga bermanfaat dan semoga memotivasi anda untuk turut serta melestarikan tanaman sawi pagoda ini.

BACA JUGA :   Bibit Tanaman Jambu Air Citra

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*