Nila Kekar 015 – Jenis Ikan Nila Terbaru Yang Mampu Cepat Besar dan Hemat Pakan

Nila Kekar 015- Jenis Ikan Nila Terbaru Yang Mampu Cepat Besar dan Hemat Pakan

Nila Kekar 015 – Nila kekar 015 merupakan salah satu varietas ikan nila yang cukup populer dan mulai banyak diminati oleh para petani khususnya masyarakat Jawa Timur dan beberapa wilayah di Indonesia. Nila kekar 015 ini memiliki keunggulan mampu tumbuh dengan cepat.

Benih nila kekar 015 yang mempunyai rukuran 1–2 cm dan memiliki bobot 0,1 gram, dapat mengalami kenaikan bobot menjadi 250–300 gram setelah dibudidayakan selama kurang lebih 3–4 bulan.

Sementara itu, nila varietas lain hanya mampu mencapai bobot 200 gram di usia yang sama. Bahkan, setelah 11 bulan pemeliharaan, bobot varietas nila kekar 015 ini bisa mencapai 1.000 gram.

Nila Kekar 015 spr

Keunggulan Nila Kekar 015

Selain mampu cepat lebih tumbuh dan berbobot besar. keunggulan lain yang dimiliki Nila kekar 015 adalah lebih hemat pakan. Nila kekar 015 memiliki rasio konversi pakan (feed conversion ratio) hanya sebesar 1–1,2. Artinya, untuk menghasilkan 1 kilogram (kg) daging, peternak perlu memberikan 1–1,2 kg pakan.

Adapun Pakan yang diberikan biasanya berupa pelet kering yang direndam dan ditambah ragi tapai atau molase. Campuran pakan tersebut dibentuk menjadi bulatan. Pakan diberikan dua kali sehari pada pukul 09:00 dan 13:00.

Pemuliaan nila kekar sudah dimulai sejak 2007 dan menghasilkan nila kekar 07. Nila tersebut berasal dari persilangan antara nila JICA, merah singapura, dan merah citralada dari Balai Benih Ikan (BBI) Cangkringan, Yogyakarta. Selain itu, terdapat indukan lain seperti nila wanayasa dan purwakarta.

Selanjutnya, kekar 07 disilangkan dengan nila lokal dari Waduk Karangkates, F1 nila gesit, nila lokal dari tambak di Situbondo. Pemuliaan tersebut menghasilkan nila kekar 010.

Pada 2015, individu kekar 010 dari KJA Grati disilangkan dengan kekar 010 dari perkolaman strain kekar dan nila dari BBI Penataan Pasuran, Jawa Timur, dan nila Sultana betina dari BBI Klemunan, Blitar, Jawa. Persilangan tersebut menghasilkan Nila kekar 015.

Nila kekar 015 super

Nila kekar 015 merupakan hasil pemulian ikan nila terbaru yang dikenal memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan varietas nila sebelumnya. Adapu keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh nila kekar 015 antara lain : lebih cepat besar, hemat pakan, panen seragam, homogenitas hingga 80%, tidak beranak selama durasi budidaya 5–6 bulan, dan bisa hidup di salinitias optimal 5–10 ppt.

Varietas Nila kekar 015 ini juga memiliki standar mutu kebugaran, standar mutu keragaman fenotipe, serta standar operasional produksi benih sebagai acuan mutu kerja pembudidayaan agar tidak terjadi kebocoran dan duplikasi perbanyakan nila kekar di masa mendatang.

Nila kekar 015

Budidaya Nila Kekar 015

Meskipun budidaya ikan nila kekar 015 memiliki karakteristik yang disukai oleh petani dan konsumen, namun budidaya ikan nila kekar 015 terkendala oleh terbatasnya pasokan indukan berkualitas tinggi. Selain itu, Petani juga harus menjaga kualitas air untuk tetap pada pH 6,5 – 7, 5 pada suhu 27 – 32 derajat C dan oksigen terlarut pada 35-5 mg/l.

Aliran di kolam tidak boleh berhenti selama musim tanam dan pertukaran air harus dilakukan setiap bulan. Bak Kolam pemeliharaan harus bebas dari lumpur dan dan benih nila kekar 015 harus diberi aerasi dan aliran air selama 2 jam.

Demikianlah informasi tentang nila kekar 015. Varietas nila kekar 015 dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi para peternak yang hendak budidaya nila. Pemilihan benih unggul dan perawatan yang optimal tentunya akan mampu menghasilkan nila yang berkualitas dan bernilai jula tinggi. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *