Mangga Gedong Gincu, Buah Mangga Khas Majalengka Dengan Tampilan Yang menggoda

Mangga Gedung Gincu
Mangga Gedung Gincu
Mangga Gedung Gincu
Mangga Gedung Gincu

Mangga Gedong gincu merupakan salah satu jenis mangga lokal unggulan yang sudah mulai banyak yang dikenal luas di Indonesia. Mangga Gedong gincu ini termasuk salah satu jenis mangga yang paling banyak dicari.

Mangga Gedong gincu dikenal memiliki warna yang eksotik dan memiliki rasa manis, tekstur buah sedikit serat. Selain penampilannya, harga jual mangga gedong gincu juga menjadi pembeda dengan jenis mangga lainnya. Mangga gedong gincu lebih mahal daripada mangga lain.

Karena keunggulannya inilah, mangga Gedong gincu mulai banyak diburu oleh petani maupun para pecinta tanaman buah untuk dijadikan tabulampot maupun perkebunan karena mangga ini memiliki peluang bisnis yang sangat tinggi.

Karakteristik Buah Mangga Gedong Gincu

Sesuai dengan namanya, buah mangga yang satu ini memang sangat menarik karena melambangkan layaknya wanita yang bergincu (memakai lipstik). Buah mangga Gedong Gincu berbentuk bulat dengan tampilan warna kulit buah yang sangat cantik yakni perpaduan antara warna kuning dengan merah yang terlihat mencolok.

Dari segi tekstur, buah mangga gedong gincu mempunyai daging buah yang teval, berwarna kuning jingga, tekstur daging buahnya juicy dan mempunyai serat.

BACA JUGA :   Durian Musangking Tembilahan 

Untuk soal rasa?, buah mangga gedong gincu ini mempunyai citarasa yang manis dengan kandungan air yang cukup banyak serta mempunyai aroma wanginya yang sangat menggoda.

Uniknya dari mangga gedong gincu ini adalah kulitnya dapat dimakan langsung tanpa harus dikupas, hal ini karena buah mangga gedong gincu juga mempunyai kulit yang sangat tipis.

Mangga gedong gincu

Karakteristik Tanaman Mangga Gedong Gincu

Gedong gincu merupakan salah satu varietas mangga lokal unggulan yang berasal dari Majalengka, Indonesia. Secara umum, tanaman buah pemilik nama latin Mangifera indica ini memiliki karaketristik mampu tumbuh hingga mencapai tinggi sekitar 9 meter dengan percabangan sedang dan memiliki daun lebat.

Pohon mangga gedong gincu dikenal memiliki tingkat adaptasi yang baik terhadap lingkungan. Bibit mangga gedong gincu ini mampu tumbuh dengan baik pada daerah dengan berbagai kondisi. Bahkan pada iklim panas sekalipun.

Syarat Tumbuh Mangga Gedong Gincu

Pohon mangga gedong gincu ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah dengan ketinggian antara 0 – 300 m dpl. Namun tanaman ini juga masih dapat tumbuh sampai ketinggian 1.300 m dpl.

Daerah yang menjadi pilihan bibit mangga gedong gincu yaitu dengan curah hujan antara 750 – 2.250 mm pertahun dan temperatur 24 – 27 derajat celcius. Menghendaki tanah yang gembur, berdrainase baik, pH antara 5,5 – 6 dengan kedalaman air antara 50 – 150 cm.

BACA JUGA :   Hama dan Penyakit Rambutan Rapiah

Cara Tanam Mangga Gedong Gincu

Budidaya mangga gedong gincu tergolong mudah, secara umum perawatan bibit mangga gedong gincu hampir sama dengan perawatan mangga manalagi atau mangga harumnis.

Dengan perawatan yang baik, pohon mangga gedong gincu akan muali belajar berbuah setelah berumur 3-4 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau cangkok.

mangga gedong gincu

Manfaat Mangga Gedong Gincu

Selain mempunyai tampilan yang cantik, Mangga Gedong Gincu juga kaya akan nutrisi dan gizi. Di dalam buah Mangga gedong gincu mengandung berbagai nutrisi mulai dari serat, gula, lemak, karbohidrat, kalsium, protein, vitamin A, zat besi, serta kaya akan vitamin C. Buah mangga ini ternyata tidak hanya enak untuk dikonsumsi, namun juga baik untuk dijadikan sumber makanan yang menyehatkan tubuh.

Khasiat buah mangga gedong gincu untuk kesehatan tubuh manusia :

  • Sebagai sumber antioksidan bagi tubuh, dalam buah mangga apel mengandung beta karoten dan vitamin C yang dapat menetralkan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kanker.
  • Memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.
  • Memiliki kandungan kalium yang sangat melimpah.
  • Membantu memperlancar proses pencernaan.
  • Mencegah penyakit alzheimer (hilang ingatan), dalam buah mangga apel terdapat senyawa glutamin yang dapat meningkatkan aktivitas memori di otak.
BACA JUGA :   Bibit Alpukat Mentega

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*