Mangga Alpukat, Buah Mangga Viral Dengan Cara Makan Yang Unik

Mangga Alpukat – Buah Mangga Viral Dengan Citarasa Istimew dan Cara Makan Yang Unik

Mangga Alpukat adalah salah satu jenis mangga lokal unggulan yang berasal dari hasil budidaya buah mangga petani Pasuruan, Jawa Timur. Tanaman mangga alpukat atau yang sering disebut mangga mangga klonal 21 adalah jenis mangga arummanis namun tanpa memiliki serat yang telah menjadi buah khas dari Kabupaten Pasuruan.

Buah mangga alpukat terkenal dengan daging buahnya yang tebal, tekstur buah yang lembut karena memiliki serat buahnya yang lebih halus. Buah mangga alpukat ini menawarkan citarasa yang manis layaknya mangga arum manis.

Buah mangga ini mempunyai cara yang unik dalam menikmatinya, Buah mangga dibelah tengah kemudian diputar berlawanan arah hingga biji terlepas sendiri. daging mangga alpukat dapat dinikmati dengan cara dikeruk dengan sendok tanpa perlu mengupas kulitnya yang hijau.

Syarat tumbuh bibit mangga alpukat adalah dataran rendah hingga ketinggian 500 meter diatas permukaan air laut.tanaman mangga alpukat sangat menyukai jenis tanah porous yang mengandung banyak humus atau tanah lempung, terutama pada tanah yang gembur dengan pH 5.0 – 6.0 dan berpengairan baik. Iklim yang diperlukan bagi pertumbuhannya ialah yang mempunyai masa kering sekitar 3-4 bulan.

BACA JUGA :   6 Cara Mudah Menanam Sawi Dalam Polybag
Keunggulan Mangga Alpukat sehingga sangat rekomendasi untuk anda budidayakan:
  1. Daging Tebal

Buah mangga alpukat terkenal dengan daging buahnya yang tebal

  1. Lembut Tak Berserat

Buah mangga satu ini memiliki tekstur yang lembut layaknya alpukat karena memiliki serat buahnya yang lebih halus,Bahkan serasa tak berserat

  1. Mudah Dikupas

Buah Mangga ini memiliki keunikan saat dinikmati yaitu dibelah tengah kemudian diputar berlawanan arah hingga biji terlepas sendiri.

  1. Genjah

bibit mangga alpukat dapat mulai berbuah pada umur 2-3 tahun sejak penanaman (hasil okulasi/cangkok).

  1. Cocok Untuk Tambulapot

tanaman buah mangga alpukat ini cocok dijadikan sebagai tanaman buah dalam pot untuk menghiasi halaman rumah anda.

  1. Pohon Pendek

Mangga alpukat ini memiliki ukuran pohon yang tidak terlalu tinggi sehingga memudahkan dalam memetiknya.

  1. Skala Bisnis Menguntungkan

Selain harga jualnya yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis mangga lainnya, juga belum terlalu banyak pesaing yang menggeluti bisnis ini.

Dalam membudidayakan pohon mangga alpukat ini terbilang Mudah dilakukan. Pemeliharaan selanjutnya adalah penyiangan gulma atau rumput liar. Bersihkan tanah disekitar tanaman mangga alpukat dari gulma pengganggu. Lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari. Selain itu, Lakukukan pemangkasan secara berkala, pemangkasan ini bertujuan agar tanaman mangga alpukat cepat berbunga dan berbuah.

BACA JUGA :   6 Keunggulan Alpukat Hass Yang Dikenal Punya Kualitas Rasa Yang Premium

Dengan perawatan yang baik, bibit mangga alpukat dapat mulai berbuah pada umur 2-3 tahun sejak penanaman (hasil okulasi/cangkok). Dilihat dari prospek pasarnya, dapat diketahui bahwa bisnis mangga alpukat menjanjikan keuntungan yang besar. Sehingga Sangat rekomendasi bagi anda yang ingin membuka peluang usaha

Keberadaaan mangga pemilik nama latin Mangifera indica ini sebenarnya sudah sejak lama di kenal khususnya daerah jawa timur. Bahkan mangga Alpukat ini telah berhasil mendapatkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2013 dalam lomba Agribis Holtikultura Tanaman Buah Mangga Tingkat Nasional 2013 yang lalu.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*