Kelengkeng New Kristal Bangli 

Harga Kelengkeng New Kristal Bangli

Saat mendengar kata “kelengkeng” pikiran kita pasti langsung tertuju pada buah yang berukuran kecil dan berwarna kecoklatan. Buah yang satu ini memang sudah sangat terkenal baik di Indonesia maupun di mancanegara. Permintaan pasar untuk buah kelengkeng New Kristal Bangli juga tidak pernah menurun, bahkan cenderung mengalami peningkatan.

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai macam jenis buah kelengkeng dan salah satu yang menjadi primadona masyarakat adalah kelengkeng New Kristal Bangli. Kelengkeng ini merupakan salah satu jenis kelengkeng unggulan yang dikenal memiliki tingkat produktifitas buah yang tinggi. Bayangkan saja, 1 dompol buah kelengkeng New Kristal Bangli bisa mencapai bobot 3 – 5 kilogram.

Tak hanya itu, ukuran buahnya juga lebih besar jika dibandingkan dengan jenis kelengkeng kebanyakan. Meskipun buahnya berukuran besar, akan tetapi biji kelengkeng jenis ini hanya berukuran kecil sehingga akan sangat memuaskan bagi siapa saja yang menyantap. Buah kelengkeng New Kristal Bangli berbentuk bulat, kulitnya berwarna coklat kekuningan dengan daging buah yang tebal, berwarna putih bening, bertekstur renyah dan memiliki kandungan air yang banyak.

Secara fisik, tanaman kelengkeng New Kristal Bangli memiliki penampilan yang sedikit berbeda dengan jenis kelengkeng pada umumnya. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada bentuk daunnya yang lebih kecil dengan tajuk yang lebih lebat. Selain itu, ukuran pohon kelengkeng New Kristal Bangli juga lebih besar dan memiliki banyak percabangan yang lebih kokoh.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Dimocarpus Longan ini dapat tumbuh subur pada daerah dataran rendah maupun daerah dataran tinggi mencapai ketinggian 850 mdpl. Jenis tanah yang disukai oleh tanaman kelengkeng New Kristal Bangli adalah tanah yang subur, gembur, dan banyak mengandung unsur hara. Selain itu, bibit kelengkeng jenis ini sebaiknya ditanam pada lahan terbuka yang mendapatkan sinar matahari setiap harinya.

Budidaya kelengkeng New Kristal Bangli sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja perlu dilakukan perawatan tambahan seperti pembosteran. Proses pembosteran ini dilakukan dengan cara mengerok batang tanaman menggunakan sebilah bambu. Namun jangan sampai terluka, cukup kerok pada bagian kulit tipis yang berwarna kecoklatan. Pembosteran sendiri bertujuan untuk menghambat translokasi karbohidrat sehingga dapat mempercepat proses pembungaan dan pembuahan.

Lakukan juga penyiraman setiap dua kali sehari (pagi dan sore) secara teratur, serta pembersihan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman, lakukan pemupukan setiap sebulan sekali menggunakan pupuk NPK daun atau sejenisnya. Jika dirawat dengan baik, bibit kelengkeng New Kristal Bangli biasanya akan mulai berbuah saat sudah berumur 1 – 2 tahun sejak penanaman.

 

Leave A Comment

Tanya disini
Hallo, ada yang bisa dibantu?