Jambu Mete, Jenis Jambu Unggul Dengan Tampilan Buah Unik, Produktifitas Tinggi dan Bijinya Dapat Diolah Menjadi Kacang Mete

Jambu Monyet
Jambu Monyet

Jambu Mete, Jenis Jambu Unggul Dengan Tampilan Buah Unik, Produktifitas Tinggi dan Bijinya Dapat Diolah Menjadi Kacang Mete

Berbicara tentang cemilan kacang mete? tak lengkap rasanya jika tidak membahas jenis tanaman buah sebagai penghasil kacang mete. Yups, inilah jenis tanaman buah sebagai penghasil kaceng mete. Perkenalkan JAMBU MONYET. Buah jambu mete ini memiliki keunikan dimana bijinya dapat dimakan.

Biji buah jambu mete biasa disebut dengan kacang mete. Olahan kacang mete ini menjadi salah satu cemilan bercitarasanya lezat, renyah dan salah satu komoditi ekspor.

Karakteristik Buah Jambu Mete

Buah Jambu mete ini mempunyai warna merah saat sudah matang dengan biji mete yang berwarna hijau di bagian bawahnya. Untuk soal rasa? Buah Jambu mete memiliki rasa yang rasa yang cenderung asam atau sepat. Buah Jambu mete ini sering dimanfaatkan sebagai bahan rujak.

Buah jambu monyet juga memungkinkan untuk dikembangkan sebagai sirup atau difermentasi untuk mendapatkan jenis minuman beralkohol.

BACA JUGA :   Bibit Alpukat Mentega
Jambu Monyet
Jambu Monyet

Karakteristik Tanaman Jambu Mete

Tanaman jambu mete atau yang biasa disebut jambu monyet atau jambu mede ini adalah jenis tanaman jambu unggul yang berasal berasal dari Brasil Tenggara yang termasuk tanaman dikotil. Keunikan dari jambu mede ini adalah mengenai hubungan kekerabatannya yang justru lebih dekat dengan mangga (Anacardiaceae) karena genusnya Anacardium.

Secara fisik, tanaman jambu monyet ini mempunyai tampilan yang sangat berbeda dengan jenis jambu lainnya. Pohon jambu monyet mempunyai rukuran sedang, tinggi maksimal dapat mencapai 12 m, dengan tajuk melebar. Daunnya terletak pada ujung ranting. Helai daun bertangkai, bundar telur terbalik, kebanyakan dengan pangkal meruncing dan ujung membundar.

Buah Jambu monyet memiliki penampakan layaknya jantung terbalik, jambu monyet memiliki bagian lunak berwarna merah atau kuning seperti jambu, lalu bagian “monyet” yang padat dan keras serta berbiji. Walaupun bagian lunak merah tersebut lebih besar dan mencolok, sebenarnya itu hanyalah bunga yang mengembang seusai pembuahan. Buah sejatinya justru biji mete yang lebih kecil yang diolah menjadi bahan makanan.

Buah Jambu Mete

Budidaya Jambu Mete

Syarat tumbuh Tanaman jambu monyet adalah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian ideal berkisar antara 700 meter di atas permukaan air laut. Jenis tanah yang disukai bibit jambu monyet adalah tanah gembur dengan kandungan unsur hara yag tinggi. Untuk membantu pertumbuhan, bibit jambu monyet membutuhkan pancaran sinar matahari secara penuh, dan kecukupan ketersediaan air.

BACA JUGA :   7 Keunggulan Alpukat Kendil Yang Dikenal Ukuran Buah Jumbo, Tekstur Lembut dan Cepat Berbuah

Panen buah jambu monyet dapat mulai dinikmati saat pohon sudah berumur 1-2 tahun sejak penanaman dari hasil okulasi atau cangkok dengan bibit jambu monyet ukuran 70 cm. Namun jika menggunakan bibit yang telah berukuran 150cm, kemungkinan masa panen buah jambu mete ini lebih cepat. tanaman jambu mete ini juga terkenal dengan kemampuan berbuah sepanjang tahun tidak kenal musim.

Manfaat Buah Jambu Mete

Ternyata, Jambu mete ini terkenal karena memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia diantaranya : menurunkan risiko terkena kanker, mengatasi sariawan, mampu menurunkan kadar kolesterol, mampu mencegah penyakit jantung dan masih banyak lainnya. Selain itu, Jambu mete dapat menjadi pilihan yang cocok untuk menghias halaman rumah anda untuk dijadikan tabulampot jambu mete.

2 Comments

    • untuk spesifikasi bibit :
      tinggi tanaman : 50-70cm
      asal bibit : hasil okulasi /tempel

      untuk harga tergantung ketinggian. Harga lebih murah jika pembelian dalam jumlah banyak. untuk informasi pemesanan silahkan hubungi kami : +62 823-2832-9072.
      kami tunggu kabar baiknya bapak mulya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*