Inilah 6 Tips Mudah Dalam Merawat Pohon Durian Agar Cepat Berbuah dan Mampu Berbuah Lebat

Inilah 6 Tips Mudah Dalam Merawat Pohon Durian Agar Cepat Berbuah dan Mampu Berbuah Lebat

Dalam menanam pohon durian, kita selalu berharap, pohon yang kita tanam tumbuh optimal dan mampu berbuah lebat. Namun demikian, kondisi sebaliknya kerap terjadi, yakni pohon durian hanya mampu berbuah sedikit dan mempunyai kualitas yang rendah rendah.

Perawatan pohon durian menjadi salah satu aspek yang sangat menentukan kualias buah durian yang nantinya akan dihasilkan. Perawatan pohon durian yang baik dan benar, tentunya nanti akan membuat pohon durian menjadi cepat tumbuh, cepat berbuah dan menghasilkan buah yang berkualitas.

Terdapat beberapa tips mudah dan sederhana agar pohon durian mampu tumbuh optimal dan mampu menghasilkan buah yang lebat. Berikut ulasannya.

Perawatan Durian

1. Penyiraman

Pohon durian membutuhkan banyak air untuk pertumbuhannya, tetapi usahakan saat menyiram air tidak menggenang tanaman terlalu lama karena bisa membuat perakaran membusuk dan membuat pohon durian mati.

Cara perawatan pohon durian untuk bibit yang baru saja ditanam, penyiraman bisa dilakukan satu kali sehari. Lalu setelah satu bulan penyiraman bisa dikurangi menjadi semingu 3 kali.

2. Pemupukan

Pemupukan untuk merawat pohon durian terbagi menjadi 2. Saat belum berbuah dan sudah berbuah :

Pemupukan sebelum berbuah

  • Berikan pupuk kompos sebanyak 15 sampai 20 kg per pohon pada akhir musim hujan setiap satu tahun sekali.
  • Pemupukan menggunakan NPK (15:15:15) setahun dua kali, dengan dosis :
  • Saat umur 1 tahun, berikan pupuk NPK sebanyak 40 – 80 gr/pohon/tahun.
  • Saat umur 2 tahun berikan pupuk NPK sebanyak 150 – 300 gr/pohon/tahun.
  • Saat umur 3 – 4 tahun, berikan pupuk NPK sebanyak 400 – 600 gr/pohon/tahun.

– Pemupukan Sesudah berbuah

  • Sesudah pemangkasan, berikan pupuk organik 40-60 kg, urea 670 gr, SP-36 890 gr, KCl 530 gr
  • Saat pucuk pohon mulai menua, berikan pupuk urea 335 gr, SP-36 445 gr, KCl 265gr
  • Duabulan setelah pemupukan kedua, berikan pupuk urea 180 gr, SP-36 650 gr, KCl 150 gr
  • Saat bunga muncul, berikan pupuk urea 45 gr, SP-36 225 gr, KCl 100 gr
  • Satu bulan sebelum panen, berikan pupuk urea 180 gr, SP-36 650 gr, KCl 150gr.

Adapun Cara pemberian pupuk pada pohon durian dapat dilakukan dengan membuat lubang sedalam 20 sampai 30 cm mengitari pohon durian. Lebarnya bisa diusesuaikan dengan tajuk pohon. Lalu taburkan pupuk ke dalam lubang yang sudah dibuat dan tutp kembali dengan tanah. Jika tanah kering segera lakukan penyiraman.

Perawatan Durian

3. Penyiangan

Untuk merawat pohon durian perlu juga dikakukan penyiangan. Tujuan penyiangan adalah agar tidak ada perebutan nutrisi, dengan cara membuang rumput yang ada di sekitar pohon durian. Buang rumput yang berada dalam jarak 1 meter dari pohon.

4. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan untuk merawat pohon durian agar cepat berbuah. Pemangkasan bisa dilakukan pada bagian tanaman seperti batang, ranting, tunas air, cabang yang rusak karena terkena penyakit.

Lakukan pemangkasan sebelum musim penghujan dan sebelum buah durian berproduksi. Pangkas dengan jarak 1 cm dari atas mata tunas. Lakukan secara teratur agar pertumbuhan buah dapat maksimal.

Perawatan Durian

5. Penjarangan

Perawatan pohon durian selanjutnya adalah melakukan penjarangan pada saat buah sudah berproduksi. Tujuan dilakukannya penjarangan adalah agar buah durian dapat menghasilkan buah yang berkualitas.

Penjarangan dilakukan apabila ukuran buah sudah berdiameter 8 cm. Seleksi buah yang tidak sehat atau terlalu berdesakan. Tinggalkan buah kira-kira 50 sampai 60%.

Jika penjarangan tidak dilakukan pohon durian akan menghasilkan buah dengan ukuran kecil dan kurang baik. Bahkan dapat mempengaruhi buah yang akan tumbuh berikutnya. Pohon akan berbuah sedikit bahkan tidak berbuah sama sekali.

Demikianlah informasi tentang 5 Tips perawatan pohon durian. Proses Perawatan ini tergolong mudah dan dapat dilakukan oleh pemula sekalipun. Dengan perawatan yang baik, diharapkan nantinya pohon durian akan mampu menghasilkan buah yang lebat dengan kualitas yang baik. Terima kasih.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *