Beranda » Artikel Terbaru » Ini Dia 8 Tatacara membudidayakan Alpukat Kendil Agar tumbuh optimal dan Cepat Berbuah
zoom preview activate zoom

Ini Dia 8 Tatacara membudidayakan Alpukat Kendil Agar tumbuh optimal dan Cepat Berbuah

Stok Tersedia
Kategori Artikel Terbaru
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Ini Dia 8 Tatacara membudidayakan Alpukat Kendil Agar tumbuh optimal dan Cepat Berbuah
*Harga Hubungi CS
Tersedia
Bagikan ke

Ini Dia 8 Tatacara membudidayakan Alpukat Kendil Agar tumbuh optimal dan Cepat Berbuah

Cara Bertanam Alpukat Kendil — Alpukat Kendil memiliki keunggulan ukuran buahnya yang besar, menggelembung dibagian bawah layaknya sebuah periuk kendil. Berat satu buah alpukat kendil ini rata-rata mencapai 600 gram / buah, bahkan pernah ada yang mencapai 1,8 kg / buah. Tidak mengherankan jika alpukat kendil menjadi salah satu buah yang paling banyak dicari masyarakat.Buah alpukat kendil ini memiliki rasa yang mantap dengan teksturnya yang lembut dan manis dengan daging buah yang sangat tebal. Yang lebih menariknya lagi adalah buah alpukat kendil ini memiliki biji yang cenderung kecil.

 

Tanaman Alpukat kendil — Alpukat  ini merupakan salah satu varietas tanaman alpukat unggulan yang merupakan hasil persilangan antara tanaman alpukat Kendal dengan tanaman alpukat Gunung Pati (Semarang). Pohon alpukat kendil memiliki tinggi 5-6 meter dan umumnya akan mulai berbuah pada umur sekitar 3 sampai 4 tahun setelah masa tanam jika bibit berasal dari perbanyakan vegetative (okulasi ataupun sambung pucuk). Tanaman alpukat kendil ini memiliki keunggulan akan terhadap serangan hama ulat. Buah alpukat kendil memiliki warna kulit yang tampak tua, namun tidak berubah menjadi cokelat atau biru dan cenderung tidak mengkilap. Jika buah alpukat kendil di ketuk dengan punggung kuku, maka akan menarik bunyi yang cukup nyaring, kemudian sebaliknya buah alpukat kendil di goyang-goyang maka akan terdengar suara goncangan bijinya.

 

Syarat Tumbuh Alpukat Kendil

  • Bibit alpukat kendil dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggan berkisar antara 200 hingga 1.500mdpl.
  • Jenis tanah yang disukai oleh bibit alpukat kendil ini adalah tanah gembur dan tidak mudah tergenang air, subur serta mengandung banyak bahan organik.
  • Derajat keasaman pH yang paling cocok untuk tanaman alpukat kendil adalah pH 6-7.
  • Tanaman buah apapun termasuk alpukat, membutuhkan cahaya matahari selama 6 – 10 jam/hari. Karena cahaya matahari adalah pemeran utama dalam mendukung proses fotosintesis
  • Tanaman alpukat kendil agar mampu tumbuh dengan baik, sebaiknya di tanam pada daerah yang memiliki suhu berkisar antara 15-30°C dengan curah hujan 5-6 bulan basah.
BACA JUGA :   Durian Montong, Rajanya Buah Durian Dari Negara Thailand

 

Budidaya Alpukat Kendil

Membudidayakan alpukat kendil ini sangatlah menguntungkan, karena selain memiliki sifat adaptif terhadap lingkungan, tanaman alpukat kendil ini juga terkenal memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Harga jual buah alpukat kendil ini juga tergolong tinggi. Sehingga alpukat kendil ini cocok menjadi pilihan yang tepat sebagai peluang usaha. Bagaimana tertarik untuk membudidayakan alpukat kendil dengan ukuran jumbo ini? ada baiknya anda mempelajari syarat tumbuh dan cara bertanam. Hal ini bertujuan agar tanaman alpukat kendil dapat tumbuh dengan optimal dapat segera berbuah.

Berikut ini adalah tahapan dalam membudidayakan tanaman alpukat Kendil agar mampu tumbuh dengan Optimal  dan cepat berbuah :

1.Pemilihan Bibit Alpukat Unggul


Cara mendapatkan bibit  alpukat kendil dapat diperoleh dengan 3 cara yaitu dengan cara cangkok atau setek batang, melalui biji, dan juga okulasi atau sambung pucuk. Sebaiknya memilih bibit alpukat kendil yang berasal dari hasil cangkok atau okulasi. Hal ini bertujuan agar panen buah alpukat lebih cepat dan memiliki sifat yang sama dengan induknya.

2.Pengolahan lahan

 Persiapan Lahan Tanam
Lahan yang akan digunakan untuk budidaya alpukat kendil ini diolah terlebih dahulu, bersihkan semua gulma atau tanaman pengganggu, pepohonan, hingga batu yang ada pada lahan tanam. Setelah itu, gemburkan lahan tanam dengan cara dibajak atau di cangkul, kemudian di cangkul halus sebanyak 2 hingga 3 kali.

BACA JUGA :   inilah 8 dia Keistimewaan Anggur Harold Import yang perlu anda Ketahui, Bentuk unik ,Warna Cantik  hingga Genjah dengan tingkat adaptasi yang cukup tinggi.

 Persiapan Lubang Tanam
Setelah lahan tanam siap, selanjutnya buatlah lubang tanam dengan ukuran lubang tanam sekitar 60 cm x 60 cm dengan kedalaman sekitar 60 hingga 80 cm. Jika bibit yang akan ditanam banyak maka lubang tanam dibuat dengan jarak yang sama yaitu sekitar 6 m x 6 m. Jika lubang tanam telah dibuat, selanjutnya isi lubang tanam dengan pupuk kandang hingga 2/3 bagian lubang tanam. Biarkan pupuk meresap sempurna dalam tanah maka diamkan lubang tanam selama sekitar 3 hingga 4 minggu.

3.Penanaman Bibit Alpukat

Setelah bibit alpukat kendil dan lubang tanam siap, segera lakukan penanaman. Masukkan bibit alpukat kendil ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan namun sebelum dimasukkan polybag semai dibuka dahulu dengan hati-hati, jangan sampai media semai hancur. Setelah bibit alpukat kendil dimasukkan dalam lubang tanam, timbun kembali dengan tanah bekas galian lubang. Selanjutnya lakukan penyiranam.

4.Perawatann tanaman

a.Penyiraman Tanaman
Lakukan penyiraman setiap hari pada bibit alpukat kendil yang baru ditanam karena bibit tersebut membutuhkan banyak air. Penyiraman tersebut dilakukan setiap pagi atau sore hari dan apabila hujan tidak perlu dilakukan penyiraman.

b.Penyiangan
Lakukan penyiangan secara rutin pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada disekitar tanaman alpukat kendil.

c.Penggemburan Tanah
Gemburkan tanah yang ada disekitar tanaman alpukat kendil, karena tanah yang terkena siram setiap hari akan memadat dan asupan udara mengurang sehingga tanaman kesulitan menyerap nutrisi yang dibutuhkannya. Penggemburan ini harus dilakukan dengan hati-hati agar akar tidak putus.

5.Pemangkasan Tanaman Alpukat

Apabila cabang yang tumbuh terlalu rapat atau cabang ada yang mati maka lakukan pemangkasan. Setelah dipangkas, bagian bekas pangkas di beri fungisida agar tidak terinfeksi jamur atau penyakit.

BACA JUGA :   5 Cara Menanam dan Merawat Jeruk Nagami Dalam Pot Agar Mampu Berbuah Lebat

6.Pemupukan Tanaman

Lakukan pemupukan secara teratur sebanyak 4 kali dalam setahun dengan jumlah pupuk yang diberikan bergantung pada umur tanaman. Pupuk yang biasa digunakan untuk pemupukan adalah pupuk urea, TSP, dan KCl. Pemupukan dilakukan dengan cara dimasukan dalam lubang yang dibuat melingkar dibawah tajuk tanaman dengan kedalaman sekitar 30 cm hingga 40 cm.

7.Hama dan Penyakit Yang Sering Menyerang Tanaman Alpukat

Hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman alpukat antara lain

  • ulat kupu-kupu gajah (Attacus atlas L)
  • Ulat kipat (Cricula trisfenestrata Helf)
  • penyakit antraknosa (jamur Colletotrichum gloeosporioides (Penz.) sacc.)
  • serta penyakit bercak daun atau bercak cokelat (Pseudocercospora purpure)

Semua hama penyakit tersebut dapat diatasi dengan penanganan yang tepat seperti penggunaan insektisida sesuai dosis, atau cara yang lainnya.

8.Pemanenan Buah Alpukat

Tanaman alpukat kendil akan mulai berbuah setelah berumur sekitar 4-5 tahun sejak penanaman dengan menggunakan bibt dari hasil okulasi atau sambung pucuk. Biasanya buah akan dapat dipanen setelah 6 hingga 7 bulan setelah bunga mekar.

Tanaman alpukat kendil mempunyai kemampuan dapat berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. dalam satu tahun panen buah alpukat kendil dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali. Jika anda bertanam pohon alpukat kendil ini maka hasilnya tidak akan mengecewakan. Karena pohon alpukat kendil akan berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Demikianlah informasi tentang tata Cara membudidaya alpukat kendil yang baik dan benar. Agar tanaman alpukat kendil mampu tumbuh dengan optimal dan cepat berbuah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya pemilihan bibit unggul, pengolahan lahan, penanaman bibit, perawatan tanaman dan tahap panen. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

 

Tags: , , , , , , , , , ,

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 44 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Tania
● online
Tania
● online
Halo, perkenalkan saya Tania
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja