Durian Pelangi Manokwari, Buah Durian Dengan Predikat Paling Cantik di Dunia

Sejarah durian pelangi

Durian Pelangi Manokwari, Buah Durian Dengan Predikat Paling Cantik di Dunia

Sejarah durian pelangi

Sejarah durian pelangi

Durian Pelangi – Papua adalah satu wilayah di timur Indonesia yang menyimpan banyak kekayaan alam yang tak ternilai di seantero Nusantara. Bukan hanya emas atau kekayaan tambang saja. Bahkan hutan, laut, hewan hingga tanaman juga menyimpan kekayaan yang luar biasa. Papua juga memiliki buah yang mampu memanjakan mata, hati dan perut. Inilah Durian Pelangi. Durian Pelangi adalah jenis buah durian unggulan yang berasal dari Manokwari, Papua Barat yang menjadi buah durian paling indah di dunia.

Seperti namanya, Durian Pelangi, buah ini memiliki warna daging yang bervariasi dalam satu buahnya. Warna-warni daging buah Durian Pelangi antara lain merah, kuning, hijau, oranye, putih dan krem, bahkan juga coklat susu.

Sejarah Durian Pelangi

buah-durian-pelangi

buah-durian-pelangi

Tanaman Durian Pelangi berasal dari daerah Manokwari, Papua Barat. Tanaman buah ini ditemukan pertama kali oleh seorang peneliti tanaman asal Sumatera Selatan bernama Karim Aristides. Beliau adalah seorang sarjana lulusan salah satu Universitas di Berlin, Jerman. Beliau pulalah yang mencetuskan nama tanaman durian tersebut sebagai Durian Pelangi. Nama tersebut sebagai ungkapan adanya keragaman warna maupun rasa yang terdapat pada durian unik ini.

BACA JUGA :   6 Cara Mudah Menanam Sawi Dalam Polybag

Tanaman durian pemilik nama latin Durio Zibethinus L ini merupakan hasil persilangan antara durian putih (Zibethinus), durian merah (Graveolens) dan durian kuning (Fotogensis) yang menghasilkan daging buah dengan warna yang indah layaknya pelangi seperti : merah, kuning, hijau, oranye, putih dan krem, bahkan juga coklat susu.

Dari sudut pandang ilmu pengetahuan, Gregori Garnadi Hambali, seorang ahli botanist dari Universitas Birmingham Inggris, mengatakan bahwa Durian pelangi Manokwari merupakan hasil perkawinan silang alami antara durian jenis Zibhetinus dan graveolens. Kemudian menghasilkan tanaman durian yang warna dagingnya merupakan perpaduan warna merah muda dan krem dengan semburat warna hijau di sudut bijinya (ponggenya) atau bisa juga perpaduan warna merah tua dan krem dengan semburat warna hijau di sudut ponggenya.

Keistimewaan Durian Pelangi

Durian Pelangi Papua

Durian Pelangi Papua

Durian pelangi Manokwari mempunyai daging buah tebal, citarasanya manis dan lezat dengan tekstur buah lembut dan agak lengket. Biji buahnya berukuran sedang. Selain itu, Durian ini mengandung kadar alkohol yang relatif lebih rendah dibanding durian lokal jenis unggul lainnya.

Tanaman durian pelangi dapat hidup dan tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan catatan segala kebutuhan nutrisinya tercukupi, mulai dari nutrisi dari tanah dan pencahayaan dari sinar matahari.

BACA JUGA :   Inilah 6 Tata Cara menanam Bibit Alpukat Mentega dengan benar agar tumbuh Optimal

Tanaman durian pelangi dikenal sangat produktif, pohon durian ini dapat ipanen sebanyak dua kali dalam setahun dengan jumlah buah per pohon antara 400 hingga 800 buah per tahun. Selain itu, buah durian pelangi juga mempunyai daya simpan yang cukup lama. Buah durian pelangi dapat bertahan selama 6 hingga 7 hari tanpa perlakuan tambahan. Hal tersebut sangat menunjang dalam proses pengiriman durian ke berbagai daerah sehingga cita rasa durian dapat tetap terjaga.

Manfaat Durian Pelangi

durian-pelangi

durian-pelangi

Warna-warni Durian Pelangi ternyata berpengaruh pada variasi kandungan senyawa di dalam buah durian tersebut. Contohnya adalah warna merah menandakan adanya senyawa Antioksidan yang bermanfaat sekali untuk menangkal Radikal Bebas. Warna kuning pada daging buahnya menandakan adanya senyawa Beta Karoten yang bagus untuk menurunkan risiko terkena penyakit Jantung, mengurangi Oksidasi Kolesterol Jahat, menurunkan risiko Aterosklerosis dan penyakit Jantung Koroner. Selain itu Beta Karoten juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak kandungan senyawa lainnya yang terdapat dalam daging buah Durian Pelangi yang bagus untuk tubuh.

Nilai Ekonomis Durian pelangi

Bibit Durian Pelangi

Bibit Durian Pelangi

Buah durian pelangi memiliki nilai jual yang tergolong sangat tinggi. Mengingat keberadaan yang masih tergolong langka dan faktor keunikannya, menimbulkan kalkulasi nilai jual ekonomisnya menjadi sangat sulit. Tidak terdapat patokan resmi nilai jualnya. Satu buah durian pelangi paling murah seharga Rp 250 ribu. permintaan akan bibit durian pelangi juga semakin meningkat seiring peningkatan permintaan buah durian pelangi. Hal ini tentunya memberikan peluang tersendiri yang hendak membudidayakan durian pelangi sebagai salah satu prospek yang cukup menjanjikan. Per

BACA JUGA :   Inilah 8 Keistimewaan Anggur Ninel Dengan Tampilan Buah Cantik, Tingkat Adaptasi Tinggi dan Cepat Berbuah

Demikian sekilas informasi mengenai durian pelangi asli dari Manokwari, Papua ini. Dimana kita telah membahas tentang sejarah durian pelangi manokwari, keunggulan durian manokwari, manfaat durian pelangi manokwari dan Nilai ekonomis durian pelangi manokwari. Durian pelangi ini memiliki potensi yang sangat luar biasa uantuk dijadikan komoditas eksport. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda atau setidaknya dapat menjawab rasa ingin tahu Anda akan buah durian unik ini. Semoga Bermanfaat.

Leave A Comment

Don`t copy text!