Durian Duri Hitam, Durian Unggul Dengan Gelar Sang Jawara Durian dari Negeri Jiran, Malaysia

Buah Durian Duri Hitam

Durian Duri Hitam adalah salah satu varietas durian yang dikembangkan dan diunggulkan di Malaysia selain durian musang king. Durian ini dinamai durian duri hitam karena memang mempunyai ujung duri yang berwarna hitam. Durian hitam (black thorn) yang juga dikenal dengan nama durian D 200 berasal dari Sungai Bakap, Provinsi Wellesley (Selatan) Penang. Durian duri hitam atau black thorn ini mulai hadir di Malaysia sejak tahun 1980-an dan mulai dikenal dan digemari oleh penikmatnya pada tahun 2005.

Saat ini durian duri hitam atau black thorn ini adalah jenis durian yang paling terkenal di bagian utara Malaysia terutama di Penang. Durian hitam D 200 (black thorn) telah memenangkan beberapa penghargaan selama 3 tahun terakhir. Pada tahun 2012, Durian D 200 atau durian hitam (black thorn) memenangkan Juara Nasional Malaysia dalam lomba durian yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian (MOA) bahkan mengungguli durian musang king yang terkenal dari Pahang.

Sejarah Durian Duri Hitam

Keunggulan Durian Duri Hitam

Jika durian musang king yang lebih kita kenal sebagai pendahulu durian di Malaysia terkenal karena mempunyai daging yang tebal dan rasa manis menyerupai durian montong dari Thailand, lain halnya dengan durian duri hitam atau black thorn atau ochee. Durian duri hitam atau black thorn memang sangat mencuri perhatian bahkan reputasinya sekarang melebihi durian musang king.

Durian ini disukai karena memiliki keunggulan bila dibandingkan dengan durian musang king. Beberapa ciri tanaman durian duri hitam antara lain tekstur daging buahnya lembut dan creamy, aromanya harum, dan daging buahnya memiliki warna kuning keemasan. Durian ini memang memiliki biji sedang, tetapi mempunyai jumlah susunan pongge yang lebih banyak ketimbang durian jenis lainnya.

Durian duri hitam juga mempunyai rasa yang manis legit agak pahit tetapi akan langsung meleleh bersama rasa legitnya. Nah rasa manis legit yang agak pahit ini lah yang membuat durian duri hitam lebih disukai oleh penikmat durian terutama penikmat durian dari Indonesia, karena karakteristik durian Indonesia yang mempunyai rasa manis dan sedikit pahit yang berasal dri kandungan alkohol yang terdapat didalam buah durian.

BACA JUGA :   Bibit Tanaman Durian Ochee

Durian duri hitam atau black thorn memang membuat penggemar yang menikmati buah ini merasa ketagihan. Karena cita rasanya yang lebih kaya jika dibandingkan dengan durian jenis lain. Durian ini memang masih tergolong langka dipasaran karena selain karena permintaan yang tinggi, budidaya durian duri hitam ini memang tergolong masih sedikit. Tetapi sekerang ini pemerintah Malaysia sedang menggalakkan budidaya durian besar-besaran karena pemerintah Malaysia sudah mulai menyadari kualitas dari durian ini.

Pemerintah Malaysia sedang menyasar pasar durian di Cina. Bahkan pemerintah Malaysia sudah mulai memperkenalkan durian kepada pemerintah Cina dengan cara selalu menyuguhkan durian pada tamu kenegaraan dari Cina. Tak heran bila di Malaysia pada saat ini durian duri hitam ini sedang ditanam secara intensif oleh para petani durian.

Buah Durian Duri Hitam

Budidaya Durian Duri Hitam

Selain unggul dari segi rasa dan aroma, durian duri hitam atau durian black thorn adalah tergolong tanaman buah yang produktif. Kelebihan utama yang dimiliki oleh durian duri hitam ini adalah waktu berbuah yang sangat cepat. Jika durian lainnya masa paling cepat berbuah adalah setelah tanaman berumur 4 sampai 5 tahun, lain halnya dengan durian duri hitam. Pada usia tanaman berkisar 2 sampai 3 tahun tanaman durian duri hitam ini telah belajar untuk memproduksi buah tetapi tentu saja jika perawatan yang dilakukan dengan maksimal.

Jika pada tanaman musang king jumlah bunga yang tumbuh tidak berbanding sama dengan jumlah buah yang akan dihasilkan, tetapi pada tanaman durian duri hitam semakin banyak bunga yang tumbuh maka semakin banyak juga buah yang akan dihasilkan. Tidak hanya itu tanaman durian duri hitam atau black thorn ini sangat kuat, tanaman buah durian hitam ini mampu bertahan terhadap cuaca kering dan mampu hidup di beragam tempat. Ini sangat membuktikan bahwa membudidayakan tanaman akan sangat menguntungkan.

Anda bisa membudidayakan tanaman durian duri hitam, baik di daerah berdataran rendah ataupun dataran tinggi. Tanaman durian adalah tanaman tropis sehingga sangat cocok apabila ditanam di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia, Malaysia dan Negara-negara Asia Tenggara lainnya. selain iklim yang mempunyai sinar matahari sepanjang hari, tanaman durian duri hitam juga membutuhkan curah hujan sekurang-kurangnya 1500 mm, yang tersebar merata sepanjang tahun. Akan tetapi, periode kering 1-2 bulan akan merangsang perbungaan lebih baik. Musim raya buah durian biasa terjadi setelah tahun dengan musim kemarau yang berkepanjangan.

BACA JUGA :   Jual Bibit Durian Terbaik

Dalam memilih bibit durian duri hitam, sebaiknya pilihlah bibit dari indukan yang sehat. Sebelum dilakukan penanaman ada baiknya perlu dibuatkan lubang tanam terlebih dulu yang berukuran 50 x 50 x 60 cm. Lalu pupuk kandang dimasukkan ke dalam lubang itu, kemudian diamkan selama 7-10 hari sampai nutrisi pada pupuk tersebut terserap ke dalam tanah. Selanjutnya barulah bibit tanaman durian ini siap untuk dipindah-tanamkan.

Jika Anda membeli bibit yang sudah besar dan beumur lebih dari 2 bulan disarankan agar Anda tidak menanam bibit di lubang penanaman, melainkan perlu dilakukan upaya untuk mendukung adaptasinya. Bibit disebut telah menyesuaikan diri bila sudah menumbuhkan tunas yang baru. Pada keadaan ini, bibit tanaman durian duri hitam siap untuk ditanami ke dalam lubang penanaman. Waktu yang sangat tepat untuk menanam tanaman durian ialah waktu pagi hari, tepatnya sebelum jam 9 pagi. Tanaman ini dikenal senang dengan sinar matahari jadi sebaiknya diberi tanaman pelindung yang tidak demikian lebat.

Jangan lupa untuk melakukan pemeliharaan pada tanaman Anda. Pemeliharaan dapat dilakukan dengan memberikan pupuk sesuai dengan dosis tepat dan berimbang, perhatikan cara pemberian pupuk, lakukan dengan cara yang sudah disarankan. Selain itu rajinlah memangkas dan menyemprotkan pestisida ke tanaman durian duri hitam agar tanaman durian terhindar dari hama dan penyakit. Salah satu kelemahan dari tanaman durian duri hitam adalah tanaman ini sangat rentan terkena penyakit kanker bercak dan mati pucuk. Oleh karena itu tanaman durian ini harus rajin diberishkan dari hama dan penyakit dan juga harus rajin dilakukan pemangkasan pada dahan pohon karena dahan tanaman durian duri hitam cenderung agak rapuh dan mudah patah.

 

Durian Ochee
Durian Ochee

Manfaat Durian Duri Hitam

Ada banyak manfaat durian duri hitam bagi manusia selain sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi langsung. Durian duri hitam juga mempunyai berbagai macam manfaat yang berguna bagi kesehatan. Daging durian umumnya dimakan dalam keadaan segar. Daging buah durian mengandung banyak sekali zat gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

BACA JUGA :   Bibit Tanaman Nangka Madu

Daging buah durian selain dikonsumsi secara langsung dapat pula diawetkan dengan cara dimasak dengan gula sehingga menjadi dodol atau yang biasa di sebut lempok. Daging buah durian duri hitam pun dapat diolah menjadi campuran bahan kue-kue tradisional seperti jenang mapun kue modern seperti pancake durian.

Sedangkan biji durian terkadang langsung dibuang, padahal biji durian pun juga bisa dikonsumsi terutama durian duri hitam yang mempunyai biji berukuran lebih besar daripada durian musang king ataupun durian montong. Biji durian duri hitam dapat dimakan dengan cara direbus ataupun dibakar, juga bisa dicampur dalam kolak durian. Biji durian yang mentah beracun dan tak dapat dimakan karena mengandung asam lemak siklopropena (cyclopropene). Biji durian mengandung sekitar 27% amilosa. Kuncup daun (pucuk), mahkota bunga, dan buah yang muda dapat dimasak sebagai sayuran.

Beberapa bagian tumbuhan kadang-kadang dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Akarnya dimanfaatkan sebagai obat demam. Daunnya, dicampur dengan jeringau (Acorus calamus), digunakan untuk menyembuhkan cantengan (infeksi pada kuku). Kulit buahnya untuk mengobati ruam pada kulit (sakit kurap) dan susah buang air besar (sembelit). Kulit buah durian duri hitam ini pun biasa dibakar dan abunya digunakan dalam ramuan untuk melancarkan haid dan menggugurkan kandungan. Abu dan air rendaman abu ini juga digunakan sebagai campuran pewarna tradisional.

Kesimpulan

Ternyata tanaman buah durian ochee ini memiliki banyak keunggulan, selain itu juga iklim dan suhu yang hampir sama dengan daerah asal membuat durian mudah dibudidayakan di negara Indonesia. diharapkan nantinya akan lahir varietas-varietas durian lokal unggulan yang mampu bersaing di kancah internasional. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda atau setidaknya dapat menjawab rasa ingin tahu anda akan buah durian yang spesial ini. Semoga bermanfaat.

1 Trackback / Pingback

  1. 4 Produk Olahan Makanan Durian Duri Hitam Yang Bercita Rasa Lezat, Nikmat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia | rawabibit.com

Comments are closed.