Durian Bawor Bukittinggi

Durian bhineka Bawor Bukittinggi merupakan jenis durian unggulan yang layak dibudidayakan karena mutu dan kualitasnya sangat baik. Salah satu keunggulannya adalah meskipun masih pendek sudah mampu berbuah lebat. Jenis durian lain yang layak menjadi pesaing jenis Bawor Bukittinggi adalah durian montong.

Dari segi bentuk buah, Bawor Bukittinggi memang hampir mirip dengan durian montong. Warna dan tekstur daging durian Bawor Bukittinggi kuning keemasan lebih mirip dengan durian petruk dan durian Medan. Soal rasa durian Bawor Bukittinggi terbukti paling lezat.

Meskipun saat ini masih belum banyak yang mengenal pohon durian Bawor Bukittinggi Banyumas, namun seiring dengan berkembangnya teknologi informasi berupa internet membuat pohon durian Bawor Bukittinggi Banyumas dan buahnya mulai banyak diminati oleh pecinta durian dan para pelaku usaha agrobisnis.

Lahirnya pohon durian Bawor Bukittinggi Banyumas merupakan hasil kerja dari Bapak Sarno Ahmad Darsono. Sarno merupakan seorang pengajar salah satu sekolah dasar di Alas Malang, Kemrajen, Banyumas. Pak Sarno mempunyai kemampuan yang cukup unik dan tidak dimiliki oleh sembarang orang yaitu bisa menilai kualitas durian, bahkan hanya dengan melihat bijinya saja, pak Sarno sudah bisa mengetahui jenis durian tersebut.

BACA JUGA :   Alpukat Pluwang Kota Sawahlunto

Kemampuan ini sudah dimilikinya semenjak usia dini saat Sarno kecil sering diajak menemani sang ayah mencari durian sampai ke pelosok desa. Hal ini membuatnya selalu terobsesi dengan buah durian. Pada usia tujuh tahun, Sarno sudah mampu membedakan durian berdasarkan jenisnya. Dengan memegang dan menimbangnya, ia tahu durian yang ada di tangannya telah matang atau belum, berkulit tebal atau tipis.

Durian Bhineka Bawor Bukittinggi juga memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis lainnya. Keunggulan tersebut antara lain : Pohonnya cepat berbuah sehingga cocok untuk tujuan komersil dan sangat menguntungkan, Pohonnya lebih kokoh dan kuat karena di topang akar yang banyak, Lebih tahan terhadap cuaca kering karena cadangan makanannya banyak (dengan banyaknya akar membuat penyerapan makanan juga lebih banyak), Dan lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Durian Bawor Bukittinggi asal Banyumas ini memiliki banyak keunggulan dan layak dibudidayakan. Kelangkaannya membuat harga pasarannya tinggi dan menjadi peluang usaha yang menjanjikan keuntungan besar untuk budidaya komersil. Durian varietas lokal ini berukuran jumbo, biji tipis, tekstur daging buah yang lembut dan rasanya manis legit. Keunggulan lainnya dari Pohon Durian Bawor Bukittinggi adalah mudah berbuah, tahan iklim panas dan dikenal adaptif.

BACA JUGA :   Alpukat Aligator Bengkalis 

Bibit lebih cepat berbuah karena diperbanyak dg cara okulasi/cangkok. Bibit berasal dari indukan sehat, sudah berbuah, produktif, bebas penyakit, cukup umur, akar kuat dan siap tanam.

× ada yang bisa kami bantu?