Durian Bawor Bangkinang 

Durian Bawor Bangkinang

Siapa yang tidak mengenal buah durian? semua orang pasti sudah sangat akrab dengan buah ini. Dari yang tua sampai yang muda mungkin tidak akan ada yang menolak jika ditawari untuk mencicipi buah durian ini. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam jenis buah durian, dan salah satu yang menjadi primadona adalah durian Bawor Bangkinang.

Durian Bawor Bangkinang merupakan durian unggulan yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Dikatakan unggulan karena durian Bawor Bangkinang ini memiliki ukuran buah yang super besar mencapai bobot 4-6 kg/buah, bahkan ada juga yang mencapai 12-15 kg/buah.

Meskipun masih termasuk kedalam jenis buah lokal, buah yang berasal dari Banyumas ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan buah durian import. Durian Bawor Bangkinang mempunyai daging buah yang sangat tebal seperti durian montong. Daging buahnya berwarna orange kekuningan dan bertekstur padat dengan biji yang berukuran kecil (gepeng).

Untuk rasanya, buah durian Bawor Bangkinang ini menawarkan sensari rasa yang sangat manis, legit dan sedikit pahit namun tetap nikmat saat disantap. Perpaduan rasa inilah yang membuat durian Bawor Bangkinang menjadi durian yang istimewa.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Durio Zibethinus ini dapat tumbuh pada daerah dataran rendah mencapai ketinggian 600 mdpl dan beriklim tropis dengan suhu udara sekitar 25 – 35°C. Bibit durian Bawor Bangkinang kaki tiga sebaiknya ditanam padah lahan terbuka yang mendapatkan sinar matahari setiap harinya. Jenis tanah yang disukai oleh tanaman durian ini adalah tanah yang gembur, subur dan banyak mengandung unsur hara.

Budidaya durian Bawor Bangkinang kaki tiga juga sangatlah mudah karena perawatannya hampir sama dengan perawatan jenis durian lainnya. Cukup lakukan penyiraman setiap dua kali sehari (pagi dan sore) dan pemupukan menggunakan pupuk organik/pupuk NPK setiap sebulan sekali. Hal ini dilakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman durian Bawor Bangkinang.

Jangan lupa juga untuk membersihkan gulma (tanaman pengganggu) yang tumbuh disekitar tanaman. Jika dirawat dengan baik, pohon durian Bawor Bangkinang kaki tiga biasanya akan mulai memproduksi buah saat sudah berumur 4-6 tahun sejak penanaman (bibit hasil okulasi/cangkok).

Dibalik kelezatan rasanya, ternyata buah durian Bawor Bangkinang ini juga kaya akan kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin C, magnesium dan fosfor.

Leave A Comment

Tanya disini
Hallo, ada yang bisa dibantu?