Tanaman Holtikulturan

6 Cara Mudah Menanam Ciplukan Dalam Polybag

cara-tanam-ciplukan

Inilah 6 Cara Mudah Dalam Menanam Ciplukan Dalam Polybag

Menanam Ciplukan – Belakangan ini, buah ciplukan kian populer dan mulai banyak diburu masyarakat. Buah ciplukan dipercaya ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti mengobati paru-paru basah, kencing manis, gangguan getah bening, radang tenggorokan, dan mencegah epilepsi. Selain itu, buah ciplukan ini juga memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Hal inilah yang membuat banyak orang untuk memcoba membudidayakan tanaman ciplukan baik skala pekarangan rumah hingga skala bisnis.

Tanaman ciplukan sendiri merupakan sejenis tumbuhan liar yang banyak tumbuh di semak-semak ataupun lahan persawahan yang telah dipanen. Bahkan, seringkali tanaman ciplukan kerap dianggap sebagai tumbuhan pengganggu palawija-palawija di desa. Dibalik tampilannya yang kurang menarik, ternyata ciplukan sendiri mempunyai Kandungan yang luar biasa diantaranya kalori, lemak, karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, kalsium, zat besi, chlorogenik acid, asam sitrun, asam malat, tanin, alkanoid, kriptoxantin, fisalin serta senyawa C27H44O-H2O.

Tanam Ciplukan Polybag

Cara menanam ciplukan tergolong sangat mudah karena tanaman ini memang dapat tumbuh liar dengan sendirinya. Secara umum, penanaman ciplukan polybag hampir sama dengan penanaman dilahan. Hanya saja, untuk menghasilkan buah ciplukan yang optimal tentunya membutuhkan teknik perawatan yang benar. Bagaimana tertarik untuk menanam ciplukan di dalam polybag. Berikut ini cara menanam ciplukan dalam polybag.

1.Pemilihan Benih

Menanam cilpukan dapat dilakukan melalui biji. Ambil buah ciplukan yang benar-benar matang dan berasal dari pohon yang sehat. Kemudian keluarkan biji ciplukan dengan cara dipencet. Pisahkan biji dan daging buahnya. Setelah itu, jemur biji selama sekitar 1—2 jam di bawah sinar matahari.

2.Penyemaian Benih

Proses penyemaian benih ciplukan dapat dilakukan dengan tahap sebagai berikut :

  • Siapkan media semai berupa campuran tanah, sekam dan pupuk kandang dengan komposisi 1:1:1
  • Ayak campuran tersebut hingga halus
  • Masukkan media tanam ke dalam polybag kecil, kemudian siram.
  • Buatlah lubang tanam pada tanah sedalam 2—5 mm
  • setiap polybag diisi sebanyak 2—3 biji ciplukan, kemudian tutup kembali.
  • Setelah sekitar 1 minggu, benih ciplukan sudah akan bertunas.

Lakukan perawatan berupa penyiraman secara rutin setiap hari secukupnya dan tempatkan pada tempat terbuka atau terkena sinar matahari secara langsung. Setelah bibit ciplukan telah tumbuh setinggi 10—15 cm, bibit ciplukan siap dipindahkan ke tempat tanam sebenarnya.

3.Persiapan Pot dan Media Tanam

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan polybag dengan ukuran yang lebih besar mulai 25x25cm ( disesuaikan dengan ukuran bibit yang bakal ditanam). Setelah memilih polybag yang sesuai, Selanjutnya mempersiapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang dan sekam dengan komposisi 2:1:1 atau 1:1:1. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga rata. Taruh ditempat yang teduh dan diamkan hingga benih cipukan bertunas.

4.Penanaman

Proses penanaman ciplukan dalam polybag dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut :

  • Masukkan media tanam ke dalam polybag atau pot hingga penuh, Lepaskan bibit ciplukan dari media semai, lakukan dengan hati-hati.
  • buat lubang pada polybag besar tepat ditengah dan seukuran bibit ciplukan
  • masukkan bibit ciplukan secara perlahan dan hati-hati, supaya media semai serta perakarannya tak rusak.
  • tutup kembali bibit ciplukan media tanamnya sampai penuh
  • Lakukan penyiraman secukupnya.

5.Perawatan Ciplukan

Perawatan tanaman dilakukan untuk menjaga kondisi tanaman tetap sehat dan subur hingga panen maupun sesudah panen.

  • Penyiraman : Lakukan proses penyiraman secukupnya saja, jangan terlalu sering melakukan penyiraman, perhatikan kondisi tanah dalam pot terlebih dahulu karena jika terlalu sering disiram atau terlalu banyak memberi air dapat menyebabkan akar tanaman ciplukan membusuk.
  • Pemupukan : Usia 7 hari setelah tanam diberikan pupuk NPK dengan dosis 1 gr per lubang tanaman dengan cara dikocorkan. Lakukan pada interval 2-3 Minggu sekali dengan memperhatikan kesuburan tanaman. Pemberian pupuk NPK dibarengi dengan pengairan agar pupuk cepat diserap tanaman. Hentikan pemberian pupuk NPK pada saat tanaman mulai berbunga hingga panen.

6.Panen

Pemanenan buah ciplukan dapat dilakukan pada buah ciplukan yang tua dan matang. Ciri-ciri buah yang tua, yaitu berwarna kuning kecokelatan. Pemanenan buah ciplukan dapat dilakukan dengan interval 5—10 hari sekali.

Demikianlah informasi tentang cara menanam ciplukan dalam polybag. Untuk menghasilkan tanaman ciplukan yang tumbuh subur dan cepat berbuah memerlukan beberapa tahapan diantaranya : pemilihan benih unggul, penanaman, perawatan hingga pemupukan. Semoga dapat dicoba sendiri dirumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply