Beranda » Artikel Terbaru » BUDIDAYA JAMBU BOL JAMAIKA
click image to preview activate zoom

BUDIDAYA JAMBU BOL JAMAIKA

Stok
Kategori Artikel Terbaru
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
BUDIDAYA JAMBU BOL JAMAIKA
*Harga Hubungi CS
Bagikan ke

BUDIDAYA JAMBU BOL JAMAIKA


Jambu Bol merupakan tumbuhan yang masih satu keluarga dengan jenis jambu – jambuan lainnya. Tanaman atau pohon ini memiliki nama latin yaitu Syzygium malaccense dan jika misalnya kita bandingkan tekstur buah ini dengan buah jambu lainnya maka sudah tentu Jambu Bol memiliki tekstur yang lebih lembut serta juga lebih padat.
Sementara untuk ukurannya sendiri, Jambu Bol memiliki ukuran sedang serta pohonnya sendiri bisa mencapai ukuran sampai 15 meter. Pohon jenis jambu ini cabangnya lebih rendah dan juga tajuknya rimbun serta padat sampai juga kelihatan seperti membulat.


Tanaman Jambu Air Bol Jamaika merupakan salah satu yang buah jambu unggulan yang diminati banyak orang karena rasa dan aromanya. Secara fisik, Pohon jambu bol jamaika yang berukuran sedang dengan pertumbuhan maksimal mampu mencapai ketinggian hingga sekitar 15 m. Pohon jambu bol jamaika mempunyai batang yang lurus, bercabang rendah dan bertajuk rimbun padat sampai membulat, memberikan naungan yang berat. Daunnya berkategori tunggal yang letaknya berhadap-hadapan. Helaian daunnya lonjong, besar, menjorong, mempunyai tekstur tebal agak kaku seperti jangat. Buah jambu bol jamaika termasuk buah buni yang berbentuk bulat sampai menjorong, dengan diameter h 5–8 cm, Kulit buahnya berwarna merah tua saat sudah matang. Daging buahnya padat, tebal dan berwarna putih dengan banyak sari buah dan wangi yang khas, Buah jambu bol jamaika mempunyai rasa asam manis sampai manis.

Syarat tumbuh.


• pohon jambu bol merupakan tanaman dataran rendah yang sanggup hidup hingga ketinggian 1200 mdpl.
• Tanaman ini membutuhkan suplai air yang konstan sehingga akan tumbuh dengan sangat baik jika ditanam di dekat kolam atau aliran air.
• Membutuhkan sinar matahari sebanyak 40 – 80%.
• Pengairan sedang. Curah hujan yang dibutuhkan 500 – 3000 mm/tahun.
• Temperatur ideal 18 – 28oC, kelembapan udara 50 – 80%.
• Menyukai tanah subur, gembur, dan berlempung, banyak mengandung bahan organik dengan drainase yang baik.Tipe tanah yang paling baik adalah inseptisol. Bisa juga menggunakan tanah ultisol dan oksisol (podsolik merah kuning) jika diberi tambahan pupuk dan kapur. Tingkat keasaman tanah (pH) yang diperlukan 5,5 – 7,5.

BACA JUGA :   Durian Musang King, Jenis Durian Unggul Dengan Gelar Rajanya Durian Dari Malaysia

Cara Menanam dan Merawat Jambu air bol Jamaika :


• Siapkan bibt tanaman jambu bol jamaika.
• Setelah tanaman bibit jambu bol didapatkan saatnya menggali tanah untuk Pembuatan Lubang Tanam. Lubang tanam dibuat dengan menggali lahan berukuran 50x50x50 cm
• Taburkan insektisida 100 gram Furadan 3 G dan 100-150 gram campuran urea, SP-36 dan KCl (2:1:1) ke dalam lubang tanam. Kalau tidak ada pakai pupuk kandang saja yaitu memasukan kotoran kambing ke dalam lubang.
• Sobek polybag
• keluarkan bibit beserta tanahnya dan tanamkan pada lubang.
• Siram secukupnya
• Timbun dengan tanah sampai pangkal batang.
• Padatkan tanah di sekitar batang.
• Pasang tiang penyangga di sisi kiri/kanan dan ikat tanaman jambu bol jamaika ke tiang penyangga.
• Siram jambu jamaika setiap pagi dan sore selama 1 bulan
• Setelah 1 bulan siram sehari sekali
• Setelah 2 bulan siram 2 kali sehari
• Berikan pupuk dan semprot dengan pembasmi hama, dan perangsang daun.
• Setelah 3 bulan lebih siram dan kasih pupuk secukupnya.
• Bersihkan di area pangkal pohon dari rumput dan kotoran lainnya.

Cara Merawat Jambu Air Jamaika:
Penyiraman:

cara merawat tanaman ini sama dengan merawat tanaman pada umumnya, yaitu disiram dengan air setiap 2 kali sehari, pagi hari dan sore hari, bila terlihat kondisi kering, bila kondisi tanah tanaman masih terlihat basah, maka cukup satu kali penyiraman saja.
Pemangkasan:

BACA JUGA :   4 Tips Pemupukan Tanaman Durian Yang Baik dan Benar Agar Mampu Tumbuh Dengan Subur dan Cepat Berbuah

Pemangkasan dilakukan terhadap tanaman dengan tujuan sebagai berikut: membentuk tajuk yang ideal, sehingga tanaman Jambu Jamaika bisa tumbuh dengan baik dan rimbun.


Pemupukan dan Penyayatan

tanaman Jambu Jamaika tidak berbuah bisa jadi karena tidak subur atau kekurangan unsur-unsur makro yang dibutuhkan seperti nitrogen, fosfor,kalium. Pemupukan dengan kadar P dan K yang tinggi (sebaiknya pupuk dilarutkan dalam air dan lalu disiramkan). Pemberian hormon perangsang bunga juga bisa dilakukan. Satu lagi yang tak kalah penting, buat sayatan terhadap kulit batang selebar kira-kira 1/2 – 1 cm pada pangkal batang secara melingkar. Sayatan dilakukan pada pangkal batang kira-kira 5 – 10 cm dari dasar tanah.


Pengeringan atau stres air

kekurangan air akan memicu tanaman berbunga. Caranya tunggu sampai tanaman jambu jamaika tidak memiliki pupus daun muda. Kemudian tanaman jambu jamaika tidak disiram selama 2-3 hari. Setelah terlihat layu, tanaman disiram air sebanyak-banyaknya. Jika bunga tidak muncul juga, pengeringan bisa dilakukan lagi.Semoga membantu anda dalam cara menanam jambul bol jamaika.


Panen
Dengan perawatan yang baik, bibit tanaman buah jambu bol jamaika dapat mulai berbuah pada umur 3-4 tahun sejak penanaman (hasil okulasi dan cangkok). Pohon jambu bol jamaika dapat memproduksi rata-rata 80-90 kg/pohon/tahun. Tanaman buah Jambu jamaika mampu berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim, sedangkan produksi maksimal dihasilkan pada saat pohon jambu bol jamaika berumur 10 tahun dengan produksi mencapai di atas 200 kg/pohon/tahun.
Demikian informasi mengenai budidaya tanaman jambu air bol jamaika agatr tumbuh dengan baik sehingga dapat berbuah dengan optimal dari pemilihan bibit hingga masa panen. Semoga bermanfaat

BACA JUGA :   Bibit Tanaman Jambu Bol Jamaika

Kata terkait :
Bibit Buah Buah Jambu Jamaika, Bibit Buah Jambu bol, Bibit Buah Jambu Jamaika, Buah Asli Indonesia, Buah Jambu Jamaika, Buah Jambu Jamaika Tabulampot, Budidaya Buah Jambu Jamaika, Cara Budidaya Buah Jambu Jamaika, Cara menanam Buah Jambu Jamaika, Cara Tanam Buah Jambu Jamaika, Harga Bibit Buah Jambu Jamaika, Harga Buah Jambu Jamaika, Jambu Bol, Jambu Jamaika, Jambu Jamaika Murah, Jambu Jamaika Super, Jual Bibit Buah Jambu Jamaika, Jual Bibit Buah Jambu Jamaika Berkualitas, Jual Bibit Buah Jambu Jamaika Unggul, Jual Tanaman Buah Buah Jambu Jamaika, Jual Tanaman Buah Jambu Jamaika, Jual Tanaman Buah Jambu Jamaika Tabulampot, Tanaman Buah Jambu Bol, Tanaman Buah Jambu Jamaika

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Berat 1000 gram
Kondisi Baru
Dilihat 21 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Tania
● online
Tania
● online
Halo, perkenalkan saya Tania
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja