Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Blog » Stres Air, Tips Mudah Dalam Mempercepat Proses Pembuahan Pada Tanaman Buah

Stres Air, Tips Mudah Dalam Mempercepat Proses Pembuahan Pada Tanaman Buah

Diposting pada 8 October 2023 oleh Rawa Bibit / Dilihat: 67 kali

Stres Air, Tips Mudah Dalam Mempercepat Proses Pembuahan Pada Tanaman Buah

Stres Air – Memiliki tanaman buah di dalam pot (tabulampot) bisa menjadi suatu hobby atau kesenangan tersendiri bagi kita, apalagi apabila tanaman buah tabulampot tumbuh dengan subur dan berbuah lebat. Hal ini tentunya bisa menjadi pemandangan yang indah da menjadi obat penghibur hati bersama keluarga.

Pada kenyataanya, tidak sedikit dari kita yang mengalami kesulitan dalam merawat tanaman buah tabulampot agar mampu tumbuh subur dan berbuah lebat. Hal ini dikarena tanaman buah dengan metode tabulampot memang memerlukan perlakuan khusus.

Jika tanaman buah dalam pot yang kita miliki sudah sehat dan cukup umur, mungkin sekarang saatnya tabulampot kesayangan Anda untuk berbuah.

Namun, adakalanya tanaman yang kita rawat tidak kunjung berbuah. Lalu, apa yang kita harus dilakukan? Ada beberapa cara dan trik sederhana untuk membuat tanaman dalam pot cepat berbuah, Cara yang paling sederhana agar tanaman pot tersebut berbuah adalah dengan cara melakukan stres air pada tanaman buah tersebut.

Teknik Stres air

Pengertian Stres Air

Salah satu cara untuk membuahkan tanaman adalah dengan menerapkan metode stres air atau bisa disebut dengan puasa air.

Stres air adalah perlakuan pada tanaman dengan cara di siram air yang banyak kemudian dibiarkan tanpa di siram dalam rentang waktu tertentu, dan disiram kembali saat tanaman tampak layu.

Teknik mengakibatkan hasil fotosintesis berupa fotosintat dari daun dan cabang tanaman tidak dapat ditransportasikan ke bagian lain sehingga terjadi pemusatan konsentrasi fotosintat.

Penumpukan karbohidrat yang terjadi di bagian jaringan meristem ujung pucuk atau ketiak daun akan menghasilkan bakal bunga.

Stres air akan lebih mudah diterapkan pada tanaman buah yang ditanam dalam pot ( tabulampot ) atau tanaman yang ditanam langsung pada lahan akan tetapi berada pada dataran tinggi.

Syarat Perlakuan Stres Air

  • Kondisi tanaman sedang dorman atau tidak ada pertunasan/pupus baru atau bisa dilihat semua daun tampak sudah tua.
  • Tanaman dalam keadaan subur dan sehat.
  • Bersihkan atau pangkas daun-daun yang berada pada percabangan bagian bawah ( daun pada batang berwarna coklat seperti pada tanaman jambu air ) dan sisakan daun di ujung ( batang berwarna hijau ).
  • Dilakukan pada musim kemarau.

Teknik Stres air

Tata Cara Stres Air

Ketika tanaman buah sudah terlihat tumbuh subur dan siap berbuah, Anda bisa melakukan stres air dengan mengurangi frekuensi penyiraman atau memanjangkan interval penyiraman. Setelah dilakukan stres air, biasanya pohon akan mengalami kerontokan buah. Namun, setelah itu pohon akan berbunga kembali dengan lebat.

Adapun Cara Membuat Tanaman Buah Tabulampot Cepat Berbunga dan Cepat buah Dengan stres Air antara lain :

  • Penghentian penyiraman dilakukan selama 3 – 7 hari atau Lakukan penyiraman pada tanaman tabulampot supaya tanaman tersebut tidak mati saja. bisa 10 hari sekali atau bahkan kita siram 1 bulan sekali saja. tergantung pada cuaca dan jenis tabulampot.
  • Lakukan metode stres air ini selama 3 bulan saja, setelah itu, lakukan penyiraman normal seperti semula, yaitu setiap pagi dan sore hari. hasilnya tanaman buah akan cepat berbunga dengan lebat dan selanjutnya berbuah.
  • Lakukan pemupukan dengan menggunakan Pupuk NPk dengan takaran satu sendok makan di tabur secara merata untuk menyuburkan daun dan membesarkan batang.
  • Jika perlakuan stres air dilakukan pada musim hujan, lakukan penutupan media tanam menggunakan tripleks atau seng. Setelah itu, segera lakukan penyiraman atau pengairan hingga bunga muncul bersamaan dengan tumbuhnya daun baru. Pastikan selalu disiram secara rutin setelah adanya bakal bunga hingga saatnya panen buah dari tabulampot Anda.

Teknik Stres air

Perlakuan metode stres air ini biasa di gunakan para petani bibit tanaman buah. Intinya lakukan perawatan secara rutin, dan lakukan menyiram dan melakukan pemupukan secara teratur agar tanaman buah dalam pot tersebut cepat berbuah.

Demikianlah informasi tentang trik membuat tanaman buah tabulampot agar cepat berbuah. Bagi anda yang berniat untuk membudidayakan jenis tanaman buah dipekarangan rumah anda atau di dalam tabulampot. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

Tags: , , , , , ,

Bagikan ke

Stres Air, Tips Mudah Dalam Mempercepat Proses Pembuahan Pada Tanaman Buah

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Stres Air, Tips Mudah Dalam Mempercepat Proses Pembuahan Pada Tanaman Buah

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: