Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Blog » Inilah 7 Manfaat Buah Kelengkeng, Ternyata Bisa Membantu Manjaga Kesehatan Jantung Lho

Inilah 7 Manfaat Buah Kelengkeng, Ternyata Bisa Membantu Manjaga Kesehatan Jantung Lho

Diposting pada 15 February 2023 oleh Rawa Bibit / Dilihat: 138 kali

Inilah 7 Manfaat Buah Kelengkeng, Ternyata Bisa Membantu Manjaga Kesehatan Jantung Lho

Buah kelengkeng termasuk salah satu buah yang banyak digemari sebagian masyarakat Indonesia. Citarasanya yang manis dengan tekstur dagingnya yang renyah membuah buah kelengkeng sangat cocok dijadikan cemilan sehat dan teman ngobrol bersama anggota keluarga.

Buah yang memiliki nama latin Dimocarpus longan ini banyak ditemukan di daerah dengan iklim tropis, termasuk Indonesia. Buah kelengkeng identik dengan bentuknya bulat, kecil dengan kulit berwarna coklat yang sedikit kaku.

Buah Kelengkeng sering dikonsumsi secara langsung setelah dikupas atau dijadikan campuran sup buah atau es buah.

Manfaat buah kelengkeng

Kandungan Nutrisi Kelengkeng

Buah kelengkeng memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Dalam hitungan 50–100 gram buah kelengkeng, terdapat setidaknya 150–250 kalori.

Selain itu, jenis buah berbiji kecil ini juga kaya akan kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid, kandungan serat, air, protein atau asam amino, mineral, serta kandungan vitamin C dan vitamin B.

Manfaat buah kelengkeng

Manfaat Buah Kelengkeng

Rutin mengonsumsi buah kelengkeng dengan segala kandungan nutrisinya tersebut diyakini bisa memberi keuntungan dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, jenis buah yang satu ini juga bermanfaat jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Ada beberapa khasiat dan manfaat sehat yang bisa didapat dari mengkonsumsi buah kelengkeng, antara lain:

BACA JUGA :   8 Cara Menanam  Kelengkeng New Kristal Dalam Pot Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Dengan Lebat

1. Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Buah kelengkeng ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang disebut baik untuk daya tahan tubuh. Kedua kandungan nutrisi ini bisa membantu sel darah putih bekerja lebih baik sehingga bisa membantu tubuh melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Konsumsi buah ini juga disebut bisa membantu meringankan peradangan.

2. Berat Badan Terjaga

Membatasi asupan kalori bisa menjadi salah satu cara menjaga berat badan. Nah, kamu bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak mengandung kalori, salah satunya kelengkeng. Sebagai ganti makanan yang bisa memicu naiknya berat badan, mengonsumsi buah yang satu ini faktanya bisa menjadi pilihan.

Manfaat buah kelengkeng

3. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

Seperti dikatakan sebelumnya, manfaat sehat dalam buah ini didapat dari beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kandungan antioksidan dan vitamin C bisa membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan pada mata, serta menurunkan risiko penyakit mata akibat bertambahnya usia, seperti degenerasi makular dan katarak. Selain itu, nutrisi dalam buah ini juga bisa membantu merangsang kulit memproduksi kolagen.

4. Melawan Radikal Bebas

Paparan radikal bebas, terutama jika menumpuk di dalam tubuh, bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Hal ini terjadi karena radikal bebas bisa memicu kerusakan sel tubuh. Semakin lama, risiko penyakit seperti kanker dan kardiovaskular akan menjadi lebih tinggi. Salah satu cara untuk mencegah hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan, salah satunya buah kelengkeng.

BACA JUGA :   3 Jenis Kelengkeng Terbaik Untuk Budidaya Secara Komersial, Mampu Berbuah Sepanjang Tahun dan Memiliki Tingkat Produktivitas Tinggi

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah kelengkeng dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan menyehatkan pembuluh darah karena mengandung vitamin C cukup tinggi. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit jantung akibat rusaknya dinding pembuluh darah.

Vitamin C dalam buah kelengkeng berperan dalam memperbaiki dinding pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit serangan jantung.

6. Mengatasi Diabetes

Buah kelengkeng dipercaya mampu mengobati diabetes. Sebuah penelitian menemukan kandungan fenolik buah kelengkeng mampu menurunkan kadar glukosa darah, sehingga dapat mengatur kadar gula darah.

7. Menguatkan Tulang

Tak kalah dengan susu, buah kelengkeng juga memiliki kandungan yang mampu meningkatkan kekuatan tulang. Rajin mengonsumsi kelengkeng bisa menguatkan tulang dan mencegah osteporosis. Buah ini juga mengandung zat fosfor yang berperan penting untuk kesehatan tulang.

Demikianlah informasi tentang manfaat buah kelengkeng yang perlu diketahui. Untuk menjaga kesehatan, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat dan melengkapinya dengan berolahraga serta asupan multivitamin tambahan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Tags: , , , , , , ,

Bagikan ke

Inilah 7 Manfaat Buah Kelengkeng, Ternyata Bisa Membantu Manjaga Kesehatan Jantung Lho

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Inilah 7 Manfaat Buah Kelengkeng, Ternyata Bisa Membantu Manjaga Kesehatan Jantung Lho

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: