Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Artikel Terbaru » Durian Musang King, Jenis Durian Unggul Dengan Gelar Rajanya Durian Dari Malaysia

Durian Musang King, Jenis Durian Unggul Dengan Gelar Rajanya Durian Dari Malaysia

Diposting pada 9 August 2020 oleh Ali | Dilihat: 46 kali

Durian Musang King, Jenis Durian Unggul Dengan Gelar Rajanya Durian Dari Malaysia

Sejarah Durian Musangking

Sejarah Durian Musangking

Durian Musang King merupakan salah satu jenis durian yang paling populer diburu oleh pecinta buah durian untuk saat ini. Durian istimewa yang berasal dari Malaysia ini memang dikenal sebagai durian terbaik di dunia. Harga buah durian musang king juga terbilang sangat tinggi.

Durian Musang King dikenal memiliki warna daging khas kuning seperti kunyit, yang berbeda dengan warna daging durian varian lain. Oleh karena itu, durian Musang King sering disebut juga sebagai raja kunyit. Durian Musang King mempunyai daging yang sangat unik. Dagingnya sangat tebal dengan biji yang tipis dan kecil dengan rasa dominan manis dan sedikit semburat pahit di mulut. Rasa dagingnya juga tebal dan creamy, sangat berbeda dari varian lain. Buah Durian Musang King sangat cocok bagi anda yang menyukai daging durian yang legit.

Sejarah Durian Musang king

Pohon Durian Musangking

Pohon Durian Musangking

Durian musang king atau di negara asalnya dikenal dengan sebutan mao shan wang yang artinya raja kucing. Durian ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990. Saat itu kawasan Tanah Merah di Kelantan Malaysia sempat heboh karena pohon durian di kawasan ini menghasilkan buah yang berkualitas. Warna dagingnya kuning, tebal, lembut, manis sedikit pahit serta memiliki biji yang kecil dan hampir kempis. Selanjutnya pada 1993 ada seorang warga bernama Wee Chong Beng mendaftarkan durian ini sebagai durian unggul dengan nama Raja Kunyit. Nama ini disematkan karena durian ini memiliki warna daging kuning seperti kunyit. Namun sebagian besar warga menyebutnya durian raja kunyit musang king. Sebutan musang king ini disertakan karena lokasi pohon induknya berada di dekat Gua Musang di Kelantan.

Tak butuh waktu lama, durian ini langsung menjadi buah bibir banyak orang. Petani di Malaysia secara berbondong-bondong menanam bibit durian musang king. Pada tahun 2000 pohon durian ini mulai berbuah dan dapat dipanen.

Hasil panen dengan kualitas durian yang stabil membuat populasi durian musang king ini semakin berkembang. Pihak Kementerian Pertanian Malaysia bahkan sudah mencatat varietas durian ini sebagai varietas durian ke-197. Alhasil buah ini mendapat kode D-197.

Keistimewaan Durian Musang king

buah-durian-musang-king

buah-durian-musang-king

Sepintas Durian Musang king memiliki bentuk yang hampir sama dengan durian pada umumnya. Ukuran buahnya kecil, bobot satu buahnya berkisar antara 1.5 hingga 2.5 kg/buah. Ciri khas durian musang king adalah terdapat tanda star yang jelas dan berwarna coklat pada bagian pantat buah.

Durian musang king memiliki warna kulit hijau semu kekuningan, semburatnya terlihat dari ujung duri sampai kedasar kulitnya. Bentuk durinya pun berbeda dengan duri buah durian kebanyakan yang runcing memanjang dan ‘rengket’, duri Musangking berbentuk mirip piramida dan letaknya saling berjauhan. Bagian tangkai Musangking pun lebih panjang dari umumnya dengan mahkota buah (bagian tangkai pada buah) yang dijauhi durinya.

Daging dari durian Musang King pun sangat unik. Durian Musang King dikenal mempunyai daging berwarna khas kuning seperti kunyit. Daging buahnya sangat tebal dengan biji yang tipis. Teksturnya pulen dan creamy, sangat berbeda dari varian lain. Untuk soal rasa? durian musang king mempunyai rasa dominan manis dan sedikit semburat pahit di mulut.

Budidaya Durian Musang king

buah-durian-musang-king-kaki-4

buah-durian-musang-king-kaki-4

Budidaya durian Musang King juga terkenal cukup sulit. Dalam berkebun pohon durian musang king memang memerlukan perawatan dan pupuk yang khusus. Pohon durian Musang King terkenal lebih rawan terkena penyakit dibandingkan pohon durian lain. Untuk bertanam durian musang king, mulailah dengan pemilihan bibit durian yang bagus. Pilih bibit yang sehat, dengan perakaran yang baik. Selain itu pilihlah bibit yang berbatang lurus, mempunyai daun yang rimbun.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan durian musang king antara lain pemangkasan, pemupukan, dan penyiraman. Berilah pupuk NPK sesudah tanaman durian berusia 3 bulan sesudah ditanam dan dilakukan secara teratur tiap 4 bulan sekali sampai tanaman durian itu berumur 3 tahun. Boleh juga diselingi dengan pemberian pupuk kandang atau pupuk kompos. Penyiraman harus dilakukan dengan rutin sebab tanaman durian memerlukan air yang banyak untuk mendukung pertumbuhannya. Perlu diingat, jangan sampai air menggenang disekitar tanaman. Pembuatan drainase atau saluran air sangatlah diperlukan supaya air tidak menggenangi atau membanjiri bedengan.

Pohon durian Musang King biasanya akan siap berbuah setelah berumur 3- 5 tahun. Masa panennya adalah dua kali dalam satu tahun. Biasanya pada bulan Juni dan Juli serta Desember dan Januari. Namun kadang bisa lebih cepat atau lambat. Bergantung pada jarak penanaman bibit pohon yang dilakukan. Sekali panen biasanya bisa berlangsung satu hingga dua bulan lamanya.

Harga Jual Durian Musangking

Buah Durian Musangking

Buah Durian Musangking

Durian Musang King memang mempunyai harga jual yang cukup dibandingkan durian lain. Harga durian Musang King berkisar antara Rp 280.000 – Rp 350.000 per kilogram. Citarasa yang istimewa dan kualitas yang dihasilkan yang memang jauh berbeda dari durian lainnya, termasuk daging buah yang tebal jadi salah satu alasan kenapa durian musang king ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Lebih dari itu dampak akibat melonjaknya minat masyarakat akan buah durian Musangking berimbas pada bisnis penyediaan bibitnya. Menurut majalah Trubus, sepanjang tahun 2012 permintaan akan bibit durian jenis ini mencapai 5000 buah. Padahal pekebun atau produsen bibit hanya mampu menyediakan sekitar 3500 buah bibit saja, atau sekitar 70% nya. Disinyalir jumlah permintaan bibit durian Musangking ini akan terus meningkat sesuai trend yang terjadi di masyarakat dan konsumen. Mereka seolah tak hirau meskipun bibit durian Musangking ini dibandrol dengan harga Rp 150.000 sampai Rp 300.000 tergantung tinggi bibitnya. Sungguh menggiurkan bukan?.

Demikian sedikit informasi mengenai Durian Musang king, primadona baru yang berasal dari Malaysia. Dalam artikel diatas kita telah membahas tentang sejarah duriang musangking, keunggulan durian musangking, budidaya durian musangking dan manfaat durian musangking. Selain itu, kita juga telah membahas prospek dan peluang investasi budidaya durian musangking. Semoga artikel tersebut dapat menjawab rasa penasaran anda tentang durian musangking dan semoga dapat menambah wawasan sekaligus minat Anda untuk mencoba membudidayakan musangking.

Bagikan informasi tentang Durian Musang King, Jenis Durian Unggul Dengan Gelar Rajanya Durian Dari Malaysia kepada teman atau kerabat Anda.

Durian Musang King, Jenis Durian Unggul Dengan Gelar Rajanya Durian Dari Malaysia | RawaBibit.com

Belum ada komentar untuk Durian Musang King, Jenis Durian Unggul Dengan Gelar Rajanya Durian Dari Malaysia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Inilah 5 Cara Praktis Teknik Sambung Sisip Pada Tanaman Secara Baik dan Benar Agar Mampu Menghasilkan Bibit Yang Berkualitas

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Teknik Sambung Sisi Tanaman *Harga Hubungi CS
OFF 32%
QUICK ORDER
Bibit Tanaman Sawo Jumbo Vietnam

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sawo Jumbo Vietnam Rp 65.000 Rp 95.000
Ready Stock
Rp 65.000 Rp 95.000
Ready Stock
OFF 46%
QUICK ORDER
Bibit Tanaman Jambu Biji Kristal

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 35.000 Rp 65.000
Ready Stock
Rp 35.000 Rp 65.000
Ready Stock
Untuk menampilkan facebook like box pada sidebar, Anda harus isi terlebih dahulu kolom URL Facebook Fanpage terlebih dahulu pada pengaturan Lapax > Socmed & Marketplace
SIDEBAR