Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Artikel Terbaru » Durian Montong, Rajanya Buah Durian Dari Negara Thailand

Durian Montong, Rajanya Buah Durian Dari Negara Thailand

Diposting pada 12 August 2020 oleh Ali | Dilihat: 42 kali

Durian Montong, Rajanya Buah Durian Dari Negara Thailand

Durian Montong

Durian Montong

Durian Montong – Durian adalah jenis buah-buahan asli negara Asia Tenggara yang mempunyai iklim tropis seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Buah durian ini dikenal dengan bentuknya yang berduri dengan mempunyai rasa dan aroma yang khas yang tidak dimiliki oleh buah manapun didunia. Begitu juga dengan tetangga kita Thailand, Negara Gajah Putih juga mempunyai beberapa varietas durian unggulan. Yups, salah satu jenis durian unggulan akan kita bahas kali adalah DURIAN MONTONG.

Bagi pecinta buah durian tentunya sudah tidak asing dengan Durian Montong. Durian yang memiliki daging buah yang tebal dan rasanya yang lezat menjadikan Durian Montong disebut sebagai rajanya durian.Lalu tahukan anda dari mana asal Durian Montong itu? apa saja keistimewaan durian montong dan bagaimana nprospek usaha budidaya durian montong? berikut ulasannya.

Sejarah Durian Montong

Pohon durian Montong

Pohon durian Montong

Durian Montong yang banyak beredar di Indonesia memanglah hasil impor dari Thailand. Namun perlu diketahui bahwa sebenarnya bibit asli atau plasma Durian montong berasal dari Indonesia. menurut seorang peneliti dari Universitas Sebelas Maret Surakata, “induk” durian montong diambil dari spesies durian sukun yang berasal dari Karanganyar, Jawa Tengah. Dari durian sukun lah Thailand mengembangkan varietas baru yang kemudian dinamakan durian montong yang kini menjadi varietas durian unggulan.

Thailand mampu mengembangkan bibit Durian Sukun menjadi varietas unggulan Durian Montong dengan skala perkebunan khusus untuk diproduksi. Hal tersebutlah yang belum bisa Indonesia lakukan. Karena untuk mengembangkan varietas unggulan dengan skala produksi, memerlukan kawasan khusus untuk perkebunan dan penanganan yang fokus untuk menghasilkan buah yang berkualitas tinggi. Selain itu, Thailand juga memiliki fasilitas untuk fokus memproduksi dan mengembangkan varietas unggulan ini.

Keistimewaan Durian Montong

buah-durian-montong

buah-durian-montong

Durian Montong terkenal dengan ukuran buahnya sangat besar, dengan berat sekitar 6 kg hingga mencapai 10 kg. Selain itu, daging buahnya sangat tebal dan memiliki rasa manis yang dominan dengan aroma yang tidak terlalu tajam dan menyengat. Itu sebabnya durian montong dapat dinikmati oleh hampir semua orang. Tidak heran banyak orang yang sangat menyukai buah yang satu ini, tidak hanya untuk dikonsumsi tapi juga untuk dibudidayakan.

Tanaman durian montong dikenal mempunyai tingkat adaptasi yang cukup tinggi. tanaman durian ini dapat ditanam pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Selain itu, Tanaman durian montong juga dikenal dengan tingkat produktifitas yang cukup tinggi.

Budidaya Tanaman Durian Montong

Buah durian Montong

Buah durian Montong

Pohon Durian Montong dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Namun, produksi terbaik buah durian monthong dicapai jika penanaman dilakukan pada ketinggian 400-600 m di atas permukaan laut. Tanaman buah ini cocok tumbuh di daerah yang beriklim basah atau tempat-tempat yang banyak turun hujan. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhannya yaitu tanah yang lembap, subur, gembur, tak bercadas, dan kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 1 meter.

Perawatan tanaman durian montong tenyata juga cukup mudah. Anda hanya harus menjaga tanaman agar terhindar dari penyakit dan hama. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pemupukan secara rutin agar tanaman terhindar dari hama penyait yang biasa menyerang tanaman durian.

Bibit tanaman durian montong biasanya akan berbuah pada saat berumur 3-4 tahun dengan perawatan pada tanaman yang maksimal. Masa panen tanaman durian montong relatif cukup tinggi sehingga sudah pasti menguntungkan Anda. Memang agak sulit menentukan kematangan buah, jika sabar anda bisa menunggu buah durian ini jatuh sebagai tanda bahwa buah durian sudah matang. Atau jika Anda cukup berpengalaman Anda cukup melihat buah durian saja. Biasanya buah yang sudah matang akan terlihat dari warna, elastisitas dan letak duri. Anda biasa menjentikan jari-jari Anda pada alur-alur diantara duri, apabila sudah terdengar suara maka bisa dipastikan bahwa buah durian sudah siap anda panen. Atau Anda juga bisa mencium buah durian, buah durian yang sudah matang biasanya mengeluarkan aroma yang tajam.

Nilai Jual Durian Montong

Peluang bisnis durian montong

Peluang bisnis durian montong

Harga jual durian montong yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan durian lokal membuat para petani tergiur untuk membudidayakan durian montong ini. Sehingga tak salah apabila mebudidayakan durian montong merupakan bisnis yang sangat menjanjikan.

Demikianlah sedikit informasi tentang durian montong dari Thailand. Dalam artikel tersebut kita telah ulas secara mendalam tentang sejarah durian montong, keunggulan durian montong, manfaat durian montong. Selain itu kita juga telah membahas peluang investasi budidaya durian montong. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan da pengetahuan kita tentang jenis-jenis durian unggulan seperti durian montong ini. Semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Durian Montong, Rajanya Buah Durian Dari Negara Thailand kepada teman atau kerabat Anda.

Durian Montong, Rajanya Buah Durian Dari Negara Thailand | RawaBibit.com

Belum ada komentar untuk Durian Montong, Rajanya Buah Durian Dari Negara Thailand

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 27%
QUICK ORDER
Bibit Tanaman Sirsak Ratu

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 55.000 Rp 75.000
Ready Stock
Rp 55.000 Rp 75.000
Ready Stock
OFF 40%
QUICK ORDER
Bibit Tanaman Kelengkeng Aroma Durian

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kelengkeng Aroma Durian Rp 75.000 Rp 125.000
Ready Stock
Rp 75.000 Rp 125.000
Ready Stock
OFF 23%
QUICK ORDER
Bibit Tanaman Anggur Dixon

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 195.000
Ready Stock
Rp 150.000 Rp 195.000
Ready Stock
Untuk menampilkan facebook like box pada sidebar, Anda harus isi terlebih dahulu kolom URL Facebook Fanpage terlebih dahulu pada pengaturan Lapax > Socmed & Marketplace
SIDEBAR