Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Blog » 7 Jenis Anggur Tanpa Biji Terbaik Dengan Rasa Istimewa dan Cocok di Budidayakan di Indonesia

7 Jenis Anggur Tanpa Biji Terbaik Dengan Rasa Istimewa dan Cocok di Budidayakan di Indonesia

Diposting pada 11 February 2024 oleh Rawa Bibit / Dilihat: 97 kali

7 Jenis Anggur Tanpa Biji Terbaik Dengan Rasa Istimewa dan Cocok di Budidayakan di Indonesia

Jenis Anggur Tanpa Biji – Anggur Seedless termasuk salah satu varietas anggur yang mulai banyak diburu. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya varietas anggur tanpa biji memang memiliki nilai ekonomis yang tergolong mahal sehingga dapat dijadikan sebagai komoditas bisnis.

Varietas anggur tanpa biji biasanya memiliki kata seedless setelah nama varietasnya. Dalam bahasa Inggris sendiri, seedless memiliki arti tanpa biji. Di Indonesia sudah banyak varietas anggur tanpa biji yang dapat tumbuh dengan subur mulai dari yang berkualitas biasa saja hingga premium.

Nah, bagi sobat rawa bibit yang tertarik untuk bertanam varietas anggur tanpa biji, ada baiknya, mengetahui beberapa jenis anggur seedles yang layak untuk dibudidayakan.

Jenis Anggur Tanpa Biji

Berikut ini adalah 7 verietas anggur tanpa biji yang terkenal dengan citarasanya yang istimewa dan cocok ditanam di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber. Berikut ulasannya.

BACA JUGA :   3 Jenis Anggur Cocok Tabulampot Dengan Perawatan Mudah dan Gampang Untuk Berbuah

1. Anggur Crimson Seedless

Jenis anggur yang pertama adalah crimson seedless yang berasal dari Mesir. Warna dari buah anggur crimson seedless tampak sama seperti buah anggur merah dengan bentuk yang lebih lonjong. Rasa dari buah ini sangar manis dengan tekstur daging yang renyah.

Buah anggur crimson membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai fase pematangan, namun jenis anggur ini bisa bertahan hingga 6 bulan di dalam lemari pendingin.

Untuk perawatannya, jenis buah anggur crimson seedless membutuhkan perhatian khusus seperti jarak tanam yang ideal yaitu berkisar 3 meter, pemangkasan pucuk dan perampungan saat musim panas, dan penggunaan jenis tanah.

2. Anggur Autumn King Seedless

Jenis anggur autumn king seedless memiliki warna hijau yang tampak cantik. Ukuran buahnya cenderung besar dengan tekstur daging yang renyah dan rasa yang manis.

Jenis buah anggur ini sangat cocok ditanam di pekarangan karena budidayanya yang cukup mudah. Usia produktif buah anggur autumn king berkisar 2 – 3 tahun.

3. Anggur Jupiter Seedless

Anggur jupiter seedless merupakan jenis anggur meja yang memiliki tingkat produktivitas tinggi. Anggur jupiter hanya membutuhkan waktu sekitar 105 hari saja dari tahap pemangkasan hingga buah siap petik.

Selain tanpa biji, buah anggur jupiter juga memiliki tingkat rasa manis yang unggul dibandingkan dengan varietas anggur lainnya sehingga menjadikannya banyak digemari oleh kalangan pencinta anggur. Bentuk dari jenis anggur ini yaitu oval dengan warna kulit yang tampak merah keunguan ketika buah sudah matang.

BACA JUGA :   3 Jenis Anggur Cocok Tabulampot Dengan Perawatan Mudah dan Gampang Untuk Berbuah

4. Anggur Luchisty Seedless

Anggur luchisty seedless merupakan jenis anggur meja yang terkenal dengan tandan buahnya yang besar. Untuk satu tandannya, jenis anggur ini mampu menghasilkan 600 – 1.200 gram buah dengan berat perbuahnya sekitar 6 – 7 gram.

Oleh karena itu, jenis anggur ini dapat dikatergorikan sebagai varietas dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Terlebih lagi, buah anggur luchisty seedless juga mampu bertahan lama jika disimpan di dalam pendingin. Bentuk buahnya lonjong dengan perpaduan warna mewah dan ungu yang menarik.

5. Anggur Joy Seedless

Anggur joy seedless adalah jenis buah anggur tanpa biji yang terbilang langka dan belum banyak petani yang mencoba membudidayakannya. Hal ini dikarenakan perawatan anggur joy seedless ini membutuhkan perhatian khusus.

Anggur joy seedless dikenal ukuran buahnya yang besar, buah anggur joy seedless berbentuk bulat oval dengan tampilan kulit berwarna ungu kehitaman saat sudah matang. Adapun berat satu buahnya bisa mencapai berat hingga 18 gram per butir.

Keunggulan lainnya adalah tanaman anggur joy seedless ini mampu menghasilkan tandan buah yang besar, berat satu tandannya mampu mencapai 700 hingga 1500 gram per tandan.

6. Anggur Moondrop Seedless

Anggur moondrop seedless merupakan jenis anggur tanpa biji langka yang terbilang baru di kalangan pencinta anggur di Indonesia. Anggur Avatar berasal dari Ukraina yang telah diklaim mampu tumbuh dengan baik di berbagai wilayah di Indonesia.

BACA JUGA :   3 Jenis Anggur Cocok Tabulampot Dengan Perawatan Mudah dan Gampang Untuk Berbuah

Sekilas, bentuk buah anggur moondrop berbentuk bulat memanjang. Tentunya, bentuk anggur seperti ini terlihat unik karena berbeda dari jenis anggur kebanyakan.

Daging buah moondrop memiliki tekstur yang renyah dengan rasa manis yang segar. Ukuran buahnya juga besar sehingga cukup mengenyangkan untuk dimakan.

7. Anggur Velez Seedless

Anggur velez seedless merupakan salah satu jenis anggur yang terbilang sangat unggul. Hal tersebut dikarenakan anggur velez seedless mampu mencapai fase kematangan dalam kurun waktu sekitar seratus hari saja.

Selain itu, tandan buahnya dapat menghasilkan sekitar 500 hingga 1.500 gram buah, bahkan beberapa pencinta anggur megklaim bahwa satu tanda dapat menghasilkan buah hingga 3 kg.

Warna kulit buah anggur velez seedless berwarna pink yang cantik dengan daging buah yang padat. Rasa buahnya cenderung manis dengan sensasi segar. Sama seperti jenis anggur avatar seedless, anggur velez juga berasal dari Ukraina.

Demikianlah informasi 7 varietas anggur tanpa biji terbaik yang layak dibudidayakan di Indonesia. Tentunya, jenis anggur yang tidak memiliki biji lebih memudahkan anda untuk mengkonsumsinya. Anda dapat langsung mengunyah dan menelan buah anggur tanpa harus menyisihkan bijinya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Tags: , ,

Bagikan ke

7 Jenis Anggur Tanpa Biji Terbaik Dengan Rasa Istimewa dan Cocok di Budidayakan di Indonesia

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

7 Jenis Anggur Tanpa Biji Terbaik Dengan Rasa Istimewa dan Cocok di Budidayakan di Indonesia

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: