Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Blog » 5 Cara Menanam Sengon Agar Mampu Cepat Tumbuh Besar dan Menghasilkan Kayu Yang Berkualitas

5 Cara Menanam Sengon Agar Mampu Cepat Tumbuh Besar dan Menghasilkan Kayu Yang Berkualitas

Diposting pada 12 February 2024 oleh Rawa Bibit / Dilihat: 48 kali

5 Cara Menanam Sengon Agar Mampu Cepat Tumbuh Besar dan Menghasilkan Kayu Yang Berkualitas

Cara Menanam Sengon – Tanaman sengon atau biasa dikenal dengan istilah albasia merupakan salah satu jenis tanaman yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini. Tanaman yang memiliki nama Latin Albazia Falcataria, banyak dicari karena memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Bagian terpenting yang mempunyai nilai ekonomi pada tanaman sengon adalah bagian kayunya. Bagian kayu pohon sengon dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan seperti uuntuk tiang bangunan rumah, papan peti kemas, peti kas, perabotan rumah tangga, pagar, tangkai dan kotak korek api, pulp, kertas dan lain-lainnya. selain itu daun pohon sengon juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Pohon Albasia atau yang lebih sering dikenal dengan sengon ini mampu tumbuh mencapai tinggi sekitar 30 sampai 45 meter dengan diameter batang sekitar 70 sampai 80 cm. Pohon sengon yang sudah besar memiliki bentuk batang yang bulat dan tidak berbanir. Kulit luar pohon sengon berwarna putih atau kelabu, tidak beralur dan tidak mengelupas.

Tanaman yang satu ini memiliki akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggangnya dapat tumbuh menancap tanah cukup kuat. Sedangkan akar serabutnya tergolong tidak terlalu banyak. Selain itu, berat jenis pohon kayu sengon memiliki rata-rata 0,33 dan tergolong ke dalam kelas awet IV sampai V.

Sengon

Syarat Tumbuh Sengon

  • Pohon Kayu Sengon dapat tumbuh di dataran tinggi sampai ketinggian 1500 m di atas permukaan laut. walaupun habitat pohon sengon dapat tumbuh dengan baik dan optimal antara 0 – 800 m dpl.
  • Sengon termasuk jenis tanaman tropis, sehingga untuk tumbuhnya memerlukan suhu sekitar 18 ° – 27 °C.
  • Tanaman sengon membutuhkan batas curah hujan minimum yang sesuai, yaitu 15 hari hujan dalam 4 bulan terkering, namun juga tidak terlalu basah, dan memiliki curah hujan tahunan yang berkisar antara 2000 – 4000 mm.
BACA JUGA :   Analisis Bisnis Budidaya Sengon, Keunggulan, Permintaan Hingga Harga Jual Kayu Sengon Yang Cukup Menjanjikan

Budidaya Sengon

Budidaya kayu sengon dapat menjadi peluang investasi yang sangat menguntungkan, bukan tanpa alasan, pasalnya permintaan akan kayu sengon ini sangat tinggi dan harga jual yang lumayan tinggi. Dengan membayangkan profit yang akan didapat dari budidaya pohon sengon dan perawatan yang sangat mudah membuat banyak orang untuk melakukan budidaya tanaman kayu sengon ini.

Nah jika anda tertarik untuk berinvestasi dengan budidaya tanaman kayu sengon ini, ada baiknya anda mengetahui cara bertanam tanaman kayu sengonn yang baik dan benar. Hal ini bertujuan agar tanaman sengon mampu tumbuh dengan optimal dan mendapatakan keuntungan yang anda harapkan.

Berikut beberapa tahapan panduan budidaya tanaman kayu sengon agar mampu tumbuh besar dan menghasilkan kayu yang berkualitas

1. Pembibitan Bibit Unggul

Tahapan pertama yang harus kita dilakukan dalam budidaya tanaman sengon adalah mempersiapkan bibit. Bibit sengon bisa kita dapatkan dari biji. karena bisa dikatakan perkembangan tanaman kayu sengon cukup sulit dibudidaya dibanding dengan tanaman yang perkembangbiakannya bisa melalui setek atau okulasi.

Untuk mendapatkan bibit sengon yang berkualitas ada dua pilihan yaitu : Pertama, membeli bibit sengon disentra-sentra bibit, seperti Magelang, Purwokerto dan Cilacap. Atau pilihan kedua melakukan pembibitan sendiri. dalam hal ini kita merekomendasikan untuk mengambil pilihan yang pertama karena lebih efisien tenaga dan waktu.

BACA JUGA :   Analisis Bisnis Budidaya Sengon, Keunggulan, Permintaan Hingga Harga Jual Kayu Sengon Yang Cukup Menjanjikan

2. Menyiapkan Lahan Tanam

Tahapan selanjutnya adalaha mempersiapkan lahan tanam. Lahan Tanam yang akan kita pakai untuk budidaya tanaman sengon sebaiknya adalah lahan datar yang subur dan dekat dengan sumber air.

Sebelum bibit pohon sengon ditanam pada lahan, sebaiknya lahan dibersihkan terlebih dahulu dari tanaman pengganggu atau gulma yang dapat menghambat pertumbuhan pohon sengon. Setelah itu bisa dilakukan pembajakan tanah untuk memperbaiki struktur tanah sebelum bibit sengon ditanam.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 30cm x 30cm x 30cm. Isi lubang dengan pupuk kandang sampai 1/2 bagian terisi. Buat lubang yang sama dengan jarak 3-4 meter antar lubang, dengan kata lain bahwa ukuran penanaman sengon adalah 3 x 3 meter. Biarkan lubang selama 2-4 minggu sebelum ditanami.

3. Penanaman Pohon Sengon

Tahapan ketiga adalah Penanaman. Untuk memulai penanaman bibit sengon, terlebih dahulu harus dipersiapkan pembatas yang bisa dibuat dari bambu, atau biasa orang menyebutnya dengan ajir.

Setelah itu buat lubang tanam dengan ukuran sekitar 30 x 30 x 30 cm. Masukkan bibit dari tempat persemaian ke dalam lubang tanam. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman.

bibit sengon

4. Perawatan Pohon Sengon

Perawatan tanaman kayu sengon terbilang mudah. pohon kayu sengon hanya memerlukan 5 tahapan utama dalam perawatan pohon kayu sengon agar dapat tumbuh dengan baik. 5 tahap tersebut adalah penyiangan, penyulaman, pendangiran, penjarangan, dan pemangkasan.

BACA JUGA :   Analisis Bisnis Budidaya Sengon, Keunggulan, Permintaan Hingga Harga Jual Kayu Sengon Yang Cukup Menjanjikan

Penyiangan adalah tahap dimana tanaman dibersihkan dari berbagai tanaman pengganggu seperti rumput ilalang dan gulma. Penyiangan harus dilakukan untuk menjaga petumbuhan sengon. Penyulaman dilakukan untuk mengganti bibit sengon yang mati dengan bibit yang baru agar nanti saat panen diperoleh hasil yang berkualitas.

Pendangiran dilakukan untuk memperbaiki struktur tanah disekitar pohon agar pertumbuhannya bisa maksimal. Penjarangan dilakukan untuk memberikan ruang tumbuh bagi pohon sengon. Dan Pemangkasan dilakuakn untuk menghilangkan bagian pohon atau cabang yang tidak berguna.

5. Tahapan Panen Sengon

Tahapan terakhit dalam bidadaya pohon kayu sengon adalah Panen. Pada umumnya pohon kayu sengon yang sudah dewasa dan siap untuk dipanen kira-kira berusia 5 hingga 7 tahun, tergantung kebutuhan dan permintaan pasar.

Kayu sengon yang telah dipanen bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam barang. Harga jual pohon sengon juga sangat kompetitif dan bisa dijadikan sebagai bisnis. Kisaran harga pohon sengon umur 5 tahun ke atas adalah sekitar Rp.400.000 – Rp. 750.000 tergantung dengan diameter dan tinggi batang.

kayu sengon

Demikianlah informasi mengenai budidaya tanaman kayu sengon agar mampu tumbuh optimal. Dalam bertanam kayu sengon ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain : pemilihan bibit unggul, pengolahan lahan, tahap penanaman, tahap perawatan dan tahap panen.  Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi kita yang ingin membudidayakan pohon kayu sengon. dan diharapkan anda dapat mencobanya sendiri dirumah.

Nagi anda yang berminat membudidayakan tanaman kayu sengon sebagai peluang bisnis ditempat tinggal anda, kami menyediakan berbagai bibit kayu sengon berkualitas unggul dengan harga murah. Terima kasih.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

5 Cara Menanam Sengon Agar Mampu Cepat Tumbuh Besar dan Menghasilkan Kayu Yang Berkualitas

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 Cara Menanam Sengon Agar Mampu Cepat Tumbuh Besar dan Menghasilkan Kayu Yang Berkualitas

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: