Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Blog » 10 Kelebihan  Tabulampot Yang Terkenal Gampang, Tidak Ribet dan Sangat Cocok Untuk Daerah Perkotaan

10 Kelebihan  Tabulampot Yang Terkenal Gampang, Tidak Ribet dan Sangat Cocok Untuk Daerah Perkotaan

Diposting pada 1 February 2024 oleh Rawa Bibit / Dilihat: 46 kali

10 Kelebihan  Tabulampot Yang Terkenal Gampang, Tidak Ribet dan Sangat Cocok Untuk Daerah Perkotaan

Kelebihan Tabulampot – Pernahkah kalian mendengar istilah Tabulampot? bagi pecinta tanaman buah atau pecinta tanaman bunga pasti sudah sangat familiar dengan istilah ini. Tabulampot menjadi salah satu sistem bertanam yang sangat digemari khususnya bagi para penghobiis yang tinggal di daeraha kota atau yang hanya memiliki lahan sempit.

Metode budidaya tanaman buah dalam pot (tabulampot) dibuat untuk menjawab tantangan keterbatasan lahan. Tabulampot adalah kepanjangan dari tanaman tumbuh dalam pot yang memiliki arti yaitu tumbuhan yang dibudidayakan didalam pot yang tujuannya yaitu untuk hiasan ataupun untuk di produksi buahnya.

tabulampot

Pengertian Tabulampot

Tabulampot sendiri merupakan akronim dari tanaman buah dalam pot. Tabulampot merupakan suatu istilah dari tanaman buah dalam pot. Dalam dunia akademisi tabulampot ialah teknologi budidaya tanaman dengan memanfaatkan ruangan yang terbatas untuk dapat menumbuhkan tanaman yang produktif didalam pot.

Dalam fungsinya, tabulampot banyak membantu para pecinta tanaman yang tidak memiliki lahan/halaman yang luas. Disamping itu, metode ini menjadi pemecah kebuntuan dimana orang-orang cenderung bosan merawat tanaman hias yang pada pelaksanaaan sehari-harinya hanya berujung pada pembentukan bunga atau pembentukan fisik tanaman.

BACA JUGA :   7 Kelebihan Alpukat Kendil Yang Dikenal Ukuran Buah Jumbo, Tekstur Lembut dan Cepat Berbuah

Tabulampot menawarkan tantangan baru bagi para pecinta tanaman dimana tanaman buah yang semestinya ditanam di lahan yang luas, malah ditanam didalam pot, hal ini tentunya membutuhkan teknik tersendiri.

tabulampot

Sejarah Tabulampot

Sejarah singkat, istilah Tabulampot berasal dari usaha pembibitan yang tidak laku dijual, sehingga pemilik menanamkan bibit tersebut dalam pot. Tabulampot ternyata mengalami perkembangan yang menggembirakan, terutama yang tinggal di perkotaan. Keterbatasan lahan dan pekarangan yang dimiliki oleh sebagian besar warga kota menjadi alasan kuat mengapa tabulampot menjadi pilihan utama.

Bagi penghobiis yang memiliki halaman rumahnya terbatas namun ingin punya banyak tanaman, mulai tertarik untuk mengembangkan tanaman hias dan tanaman buah dalam pot. Tanaman-tanaman tersebut akan melambung harganya apabila dijual dalam kondisi berbunga atau berbuah.

Pada dasarnya semua tanaman buah bisa di budidaya dengan metode tabulampot. Ada beberapa jenis tanaman buah yang telah berhasil ditanam di dalam pot antara lain : Jenis jambu (jambu bangkok, jambu air), Kedondong, Pisang, Delima, Mangga, Kelengkeng, Salak, Sawo, Jeruk . Anggur dan yang terakhir adalah rambutan.

Dari sekian banyak tanaman buah yang dibudidayakan dengan metode tabulampot. Ada beberapa jenis tanaman buah yang bisa dikatakan mudah berbuah antara lain : jenis jambu, mangga, sawo, delima dan jeruk, kelengkeng. Sedangkan tanaman buah yang sukar untuk berbuah antara lain : durian dan salak.

BACA JUGA :   7 Kelebihan Alpukat Kendil Yang Dikenal Ukuran Buah Jumbo, Tekstur Lembut dan Cepat Berbuah

Namun perlu diketahui bahwa tanaman tersebut sukar berbuah bukan berarti tanaman tersebut tidak mampu berbuah sama sekali dalam pot namun kecepatan berbuah dari tanaman tersebut waktunya saja yang lebih panjang.

Tabulampot

Keunggulan Tabulampot

Nah bagi pecinta tanaman buah yang tertarik untuk bertanam dengan sistem tabulampot atau cara tanam tanaman buah dalam pot. kami informasikan beberapa keunggulan bertanam dengan sistem tabulampot. berikut ulasannya.

  • Memanfaatkan halaman atau lahan yang sempit.
  • Lebih mudah memindahkan tanpa resiko tanaman mengalami kematian.
  • Mudah perawatannya, terutama dalam penanggulangan hama dan penyakit sehingga akan dihasilkan tanaman yang sehat.
  • Pertumbuhan dan perkembangan tanaman tidak akan merusak bangunan yang ada di sekitarnya.
  • Kebutuhan unsur hara mineral dan air dapat dipenuhi secara optimal dan efisien.
  • Pemborosan pupuk dapat diminimalisir karena pemberiannya sesuai dengan kebutuhan dan dapat dimanfaatkan oleh tanaman seluruhnya.
  • Mencegah punahnya beberapa jenis tanaman langka.
  • Sumber gizi dan serat – Dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan dengan menjual bibit atau buah yang dihasilkan.
  • Masa pembungaan dan pembuahan mudah diatur sehingga dapat berproduksi sepanjang tahun.
  • Menciptakan ekosistem yang sehat dan indah.
  • Sistem drainase lebih mudah diterapkan sehingga tidak kelebihan air.

Tabulampot merupakan solusi bagi kita yang memiliki lahan terbatas namun membutuhkan tanaman buah disekitar rumah mereka, baik untuk memenuhi kebutuhan, psikologis, maupun kesehatan. Namun dibalik itu semua, tabulampot bisa menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan di masa depan. Selain buah yang dihasilkan , faktor nilai tambah dari tanaman buah dalam pot berupa nilai keindahan dalam pot serta kebersihan pot tanaman.

BACA JUGA :   7 Kelebihan Alpukat Kendil Yang Dikenal Ukuran Buah Jumbo, Tekstur Lembut dan Cepat Berbuah

Demikianlah informasi tentang keuntungan budidaya tanaman buah dengan metode tabulampot. Semoga informasi ini bisa membuat anda tertarik untuk mencoba membudidayakan tanaman buah dalam pot atau tabulampot.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

10 Kelebihan  Tabulampot Yang Terkenal Gampang, Tidak Ribet dan Sangat Cocok Untuk Daerah Perkotaan

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

10 Kelebihan  Tabulampot Yang Terkenal Gampang, Tidak Ribet dan Sangat Cocok Untuk Daerah Perkotaan

Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: