Bibit Tanaman Sawo Mentimun

Buah Sawo Mentimun

Pada zaman dahulu, konon kabarnya, para puteri keraton sangat suka menyantap buah yang beraroma wangi ini. Yups, pada kesempatan kali kami perkenalkan varietas baru buah sawo yang wajib anda miliki. Perkenalkan SAWO MENTIMUN. Buah sawo mentimun ini dikenal dengan bentuk buahnya yang unik, buahnya berbentuk lonjong seperti buah mentimun dengan kulit buah berwarna cokelat tua dan bertekstur kasar saat sudah matang.

Selain bentuk buahnya yang unik, buah sawo mentimun juga mempunyai daging buah yang tebal dan berwarna coklat. Tekstur buahnya lembut dan juicy karena mempunyai kandungan air yang tinggi. Buah Sawo mentimun mempunyai biji berwarna hitam yang terletak ditengah. Untuk soal rasa? buah sawo mentimum mempunyai citarasa yang lebih manis jika dibandingkan buah sawo pada umumnya.

Buah Sawo Mentimun
Buah Sawo Mentimun

Sawo mentimun adalah jenis salah satu tanaman sawo yang mempunyai bentuk buah unik. Secara fisik, tanaman buah pemilik nama latin Manilkara zapota ini sawo mentimun mempunyai batang yang bertekstur kasar berwarna keabu-abuan sampai coklat tua. Daunnya berwarna hijau dan merupakan daun tunggal bunga yang tumbuh dari ketiak daun. menggantung. berbulu wama coklat di permukaan Iuarnya.

Tanaman sawo mentimun dikenal mempunyai tingkat adaptasi yang cukup tinggi, tanaman sawo ini mempu bertahan terhadap kekeringan, salinitas yang agak tinggi, dan tiupan angin keras.

sawo mentimun

Syarat tumbuh bibit sawo mentimun adalah dataran rendah hingga dataran tinggi, dengan ketinggian antara 700-1200 m dpl. Jenis tanah yang paling cocok untuk pertumbuhan bibit sawo mentimun adalah tanah lempung berpasir yang subur dan berpengairan baik. Sedangkan Curah hujan yang sesuai berkisar antara 1.500-2.500 mm per tahun (beriklim basah).

Panen buah sawo mentimun dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur 1-2 tahun sejak penanaman dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau cangkok. pada umumnya pohon sawo dapat dipanen dalam waktu tiga bulan sejak pohon berbunga. Dalam memanen buah sawo mentimun sebaiknya dipetik sebelum matang untuk menghilangkan getah pada buahnya.

sawo mentimun ini menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk anda. selain untuk mempercantik rumah anda tanaman buah ini juga dapat sebagai tanaman penghijau.

Bibit Sawo Mentimun

Spesifikasi Bibit Tanaman Sawo Mentimun :

  • Nama : Sawo Mentimun
  • Nama Ilmiah : Manilkara zapota
  • Asal Daerah : –
  • Asal Bibit : Hasil okulasi
  • Ukuran bibit saat ini : 50cm – 70cm
  • Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah sampai dataran tinggi
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Masa Berbuah : berbuah dalam 1 – 2 tahun
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

Jika ditanam dalam Tabulampot :

  • Rekomendasi ukuran pot : Pot dengan diameter 60cm
  • Media tanam yang digunakan : tanah, sekam bakar dan pupuk kandang = 1:1:1
  • Tips penyiraman : 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari
  • Tips pemberian pupuk : Dilakukan kira2 30 hari sekali, menggunakan pupuk NPK dan dapat ditambahkan dengan pupuk organik cair.

Selain memiliki rasa yang manis nikmat, ternyata buah sawo mentimun ini juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh kita antara lain : menjaga kesehatan tulang, mencegah insomnia, untuk kesehatan mata, mengobati diare, mencegah pertumbuhan virus dan bakteri dalam tubuh. Yuk Tanam bibit sawo mentim sendiri dirumah  dan menikmati sensasi memtik buah sawo mentimun langsung dari rumah. Tunggu Apalagi, Dapatkan Bibit Sawo Mentimun Sekarang Juga!.

Leave A Comment

Tanya disini
Hallo, ada yang bisa dibantu?