Bibit Tanaman Sawo Jumbo Vietnam

Sawo Jumbo Vietnam

Buah sawo? salah satu varietas buah yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang manis dengan daging buahnya yang empuk membuat banyak orang menyukainya. Nah, perkenalkan salah satu jenis sawo yang wajib anda coba. Inilah SAWO JUMBO VIETNAM. Sesuai dengan namanya. Buah sawo ini mempunyai keistimewaan memiliki buah yang berukuran besar. Bobot satu buahnya bisa rata-rata mencapai berat 400 gram/buah, jauh lebih besar dibandingkan dengan sawo lokal yang hanya 100 – 200 g/buah. Buah sawo jumbo berbentuk oval dengan permukaan kulit berwarna cokelat muda dan terasa halus dan lembut saat diraba. Selain ukuran buahnya yang jumbo, sawo jumbo terkenal dengan daging buah tebal. Saat buah sawo jumbo dibelah akan tampak daging yang tebal berwarna cokelat keputihan dan mengkilap. Buah sawo jumbo bertekstur lebih kesat karena kandungan air lebih sedikit dari buah sawo pada umumnya.

Buah sawo yang lebih dikenal sawo vietnam ini menawarkan citarasa yang lebih manis dan legit dengan tingkat kemanisan mencapai 14 briks sehingga tak heran jika banyak yang menyukainya. Keunggulan lainnya adalah buah sawo vietnam ini memiliki daya tahan yang cukup tinggi, buah sawo jumbo mampu bertahan hingga 7 hari setelah dipetik.

Sawo Jumbo Vietnam
Sawo Jumbo Vietnam

Sawo jumbo vietnam adalah jenis tanaman sawo unggulan yang berasal dari vietnam. Secara fisik, tanaman sawo jumbi vietnam hampir sama dengan jenis sawo manila atau sawo mentimun. Hanya saja, tanaman sawo jenis ini mempunyai ciri khas antara lain daun sangat lebar, bunga muncul di ujung ranting dengan jumlah 8 hingga 12 kuntum, bakal buah yang terbentuk pasca persarian bunga berjumlah 1 hingga 3 bakal buah saja, dan yang membesar hingga siap konsumsi berkisar antara 1 hingga 2 buah saja.

Syarat tumbuh bibit sawo jumbo adalah daerah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara 700 – 1.200 mdpl. Jenis tanah yang cocok untuk bertanam sawo jumbo adalah tanah lempung berpasir yang kaya akan kandungan bahan organik. Untuk pertumbuhan yang optimal, bibit sawo vietnam membutuhkan curah hujan sekitar 1250-2500 mm per tahun.

Tanaman sawo jumbo vietnam diprediksi mulai belajar berbuah setelah berumur  2-3 tahun setelah tanam (hasil bibit okulasi atau cangkok). Tanaman sawo ini mempunyai periode pemasakan buah juga cukup lama, dari bunga mekar hingga buah masak fisiologis, dibutuhkan waktu setidaknya 5 hingga 7 bulan. Dengan perawatan yang baik, tanaman sawo jumbo ini mampu berproduksi dengan baik sampai 10 tahun lamanya.

Buah Sawo Jumbo Vietnam
Buah Sawo Jumbo Vietnam

Spesifikasi Bibit Tanaman Sawo Jumbo Vietnam:

  • Nama : Sawo Jumbo atau Sawo Vietnam
  • Nama Ilmiah : Manilkara zapota
  • Asal Daerah : Vietnam
  • Asal Bibit : Hasil okulasi
  • Ukuran Tanaman : bibit dengan tinggi 50 cm – 70 cm
  • Rekomendasi tempat tinggal : dataran rendah hingga dataran tinggi / ketinggian 700 -1.200 mdpl
  • Masa Produktif : berbuah dalam 1 – 2 tahun
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

Jika ditanam dalam Tabulampot :

  • Rekomendasi ukuran pot : Pot dengan diameter 50cm
  • Media tanam yang digunakan : tanah, sekam bakar dan pupuk kandang = 1:1:1
  • Tips penyiraman : 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari
  • Tips pemberian pupuk : Dilakukan kira2 30 hari sekali, menggunakan pupuk NPK dan dapat ditambahkan
  • dengan pupuk organik cair.

Buah sawo vietnam juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi buah sawo vietnam secara teratur dipercaya mampu untuk menjaga kecantikan kulit, menjaga kesehatan mata. mencegah anemia, Selain itu, buah sawo jumbo juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan ginjal dan masih banyak lagi lainnya. Tertarik mengoleksi sawo vietnam ini? Tunggu apalagi, Ambil Bibit Sawo Jumbo Vietnam Sekarang Juga!.

Leave A Comment

Tanya disini
Hallo, ada yang bisa dibantu?