Bibit Tanaman Rambutan Binjai

Bersama dengan rambutan rapiah, Jenis rambutan yang satu ini juga menjadi primadona masyarakat Indonesia. Perkenalkan Rambutan yang identik dengan warnanya yang merah dan bulunya yang lebat. Inilah RAMBUTAN BINJAI. Buah rambutan binjai terkenal dengan citarasanya yang manis. Mencicipi satu buah rambutan binjai ini dijamin gak akan cukup dan ingin nambah lagi dan lagi. Selain itu, buah rambutan binjai juga mempunyai daging buah yang tebal. Dagingnya berwarna putih dengan tekstur kenyal dengan kadar air yang sedikit. Yang paling spesial adalah dagingnya sangat NGLOTOK.

Buah rambutan binjai berbentuk bulat agak lonjong. Kulit buahnya tebal & agak keras serta mempunyai corak warna yang cantik yakni berwarna merah tajam yang pasti membuat siapapun tak mampu untuk menolaknya.

Rambutan Binjai

Rambutan Binjai adalah jenis tanaman rambutan unggulan yang berasal dari daerah Binjai, Sumatra utara, Indonesia. Secara fisik, tanaman rambutan yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini hampir sama dengan rambutan rapiah. Pohon rambutan binjai ini mempunyai tipe pertumbuhan tegak dengan cabang yang kuat.
Berbeda dengan rambutan rapiah, buah rambutan binjai berbentuk bulat lonjong dengan ukuran yang lebih besar. Yang menarik adalah Buahnya mempunyai corak warna merah yang tajam dengan rambut yang panjang dan lebat.

Buah Rambutan Binjai

Syarat tumbuh bibit rambutan binjai adalah dataran rendah hingga ketinggian 500 m dpl dengan Suhu udara berkisar antara 22-35° C. . Jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan bibit rambutan binjai adalah tanah yang gembur dan subur. Sedangkan Curah hujan yang cocok untuk bibit rambutan binjai ini berkisar antara 1.500-3.000 mm per tahun. Tanaman ini relatif tahan pada lahan gambut yang masam dan tanah latosol cokelat dengan pH tanah 4-6,5.

Panen buah rambutan binjai dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur 2-3 tahun sejak penanaman dengan menggunakan bibit hasil Okulasi/Sambung/cangkok). Buah rambutan binjai dapat dipetik setelah matang pohon atau umur 120 hari setelah anthesis (bunga mekar). Musim panen rambutan binjai biasanya terjadi pada bulan Desember hingga bulan Februari.

Bibit Rambutan Binjai

Spesifikasi Bibit Tanaman Rambutan Binjai :

  • Nama : Rambutan Binjai
  • Nama Ilmiah : Nephelium lappaceum
  • Asal Daerah : Binjai, Sumatra Utara
  • Asal bibit : Hasil Okulasi
  • Tinggi Tanaman : Bibit dengan tinggi 50 cm – 70 cm
  • Iklim ideal untuk tumbuh optimal : dataran rendah dengan cuaca panas
  • Kebutuhan penyinaran : Penyinaran matahari sepanjang hari
  • Waktu berbuah : 2-3 tahun dengan perawatan optimum akan rajin berbuah sepanjang tahun
  • info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

Jika ditanam dalam Tabulampot :

  • Rekomendasi ukuran pot : Pot dengan diameter 60cm
  • Media tanam yang digunakan : tanah, sekam bakar dan pupuk kandang = 1:1:1
  • Tips penyiraman : 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari
  • Tips pemberian pupuk : Dilakukan kira2 30 hari sekali, menggunakan pupuk NPK dan dapat ditambahkan dengan pupuk organik cair.

Dibalik citarasanya yang manis nikmat ini, ternyata Buah rambutan Binjai mempunyai khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi buah rambutan binjai secara baik dipercaya mampu membantu membunuh parasit yang berada di usus, mengobati diabetes, hipertensi dan mampu meningkatkan kesehatan ginjal, tulang, dan gigi. Tertarik Untuk mencoba bertanam buah yang cantik nan manis ini?. Tunggu Apalagi, Ambil Bibit Rambutan Binjai Sekarang Juga!.

Leave A Comment

Tanya disini
Hallo, ada yang bisa dibantu?