Buah nangka? buah yang identik dengan warna kuning “ngejreng” ini memang dikenal memiliki rasa yang enak dan aroma yang khas. Selama ini kita kenal bahwa buah nangka memiliki ukuran yang besar, Namun pernahkah kalian melihat buah nangka dengan ukuran yang kecil? Perkenalkan NANGKA MINI. Buah nangka mini ini dikenal akan bentuk dan ukuran buahnya yang mungil. Bayangkan saja, bobot satu buah nangka mini hanya berkisar antara 5 – 7 kg/buah saja. bandingkan dengan jenis nangka umumnya yang memiliki berat hingga 25 kg.

Selain bentuknya yang mungil, buah nangka mini ini juga dikenal mempunyai daging yang tebal, berwarna kuning dengan tekstur buah yang kenyal. Untuk soal rasa? buah nangka mini mempunyai citarasa yang lezat. Ukuran buahnya yang mungil membuat nangka mini ini dapat dikonsumsi sekali habis.

nangka mini

Nangka mini adalah salah satu jenis tanaman nangka yang tergolong yang unik. Secara fisik, Tanaman buah yang memiliki nama ilmiah Artocarpus heterophyllus ini mempunyai bentuk yang hampir sama dengan jenis nangka pada umumnya. Hanya saja, Tanaman nangka mini ini memiliki postur tubuh yang tergolong pendek dengan ketinggian optimal mencapai 3-5 meter saja. Tanaman nangka mini juga memiliki tajuk yang meninggi dengan kanopi rapat.

Keunggulan lainnya adalah tanaman nangka mini mempunyai sifat yang genjah atau mudah berbuah. Postur tubuhnya yang pendek dan sifatnya yang genjah membuat tanaman nangka mini ini cocok bagi anda yang hobi berkebun karena dapat menanamnya di pekarangan rumah / halaman rumah maupun sebagai tabulampot.

Buah Nangka Mini

Syarat tumbuh bibit nangka mini adalah dataran rendah hingga ketinggian 700 m dpl. Adapun jenis tanah yang paling cocok adalah tanah yang gembur dan berpasir. Selain itu, Tanaman nangka mini memerlukan curah hujan yang cukup tinggi, yaitu antara 2.500 – 3.000 mm/tahun. dan memerlukan sinar matahari penuh.

Agar menghasilkan buah yang lebat dan berkualitas maka harus rajin menyiram kalau musim kemarau agar tidak mati dan juga pemberian pupuk dengan dosis yang sesuai untuk mencukupi nutrisi tanaman terutama ketika fase berbunga hingga panen. Ada cara yang unik untuk merangsang agar tanaman buah nangka mini ini cepat berbuah diantaranya dengan cara menghilangkan tunas atau cabang-cabang kecil serta menyisakan cabang yang besar-besar saja. Satu dahan sebaiknya ditumbuhi 1 buah saja. Dan begitu muncul buah segeralah dibungkus kertas semen atau anyaman daun kelapa agar terhindar dari serangan hama, seperti tikus, semut, atau kelelawar.

Panen buah nangka mini dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur 3-4 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil okulasi, sambung atau cangkok. Per satu pohon tanaman nangka mini mampu menghasilkan buah lebih dari 40 buah sampai sampai pohonnya tidak mampu lagi menahan buah yang banyak.

Bibit Nangka Mini

Spesifikasi Bibit Tanaman Nangka Mini :

  • Nama : Nangka Mini
  • Nama Ilmiah : Artocarpus heterophyllus
  • Asal Daerah : –
  • Asal Bibit : Hasil okulasi
  • Ukuran Bibit saat ini : 50cm – 70cm
  • Rekomendasi dataran : Dataran Rendah / Ketinggian 700 m dpl
  • Iklim Tumbuh Optimal : Iklim Tropis – Subtropis
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Masa Produktif : berbuah dalam 1 – 2 tahun
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

Jika ditanam dalam Tabulampot :

  • Rekomendasi ukuran pot : Pot dengan diameter 60cm
  • Media tanam yang digunakan : tanah, sekam bakar dan pupuk kandang = 1:1:1
  • Tips penyiraman : 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari
  • Tips pemberian pupuk : Dilakukan kira2 30 hari sekali, menggunakan pupuk NPK dan dapat ditambahkan dengan pupuk organik cair.

Buah nangka mini juga kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium, zat besi, niasin, seng dan thiamin di dalamnya. Bagi Anda penderita penyakit jantung, buah nangka mini ini aman dikonsumsi karena kaya akan serat dan rendah kalori. Tertarik untuk mengoleksi tanaman buah nangka yang mungil ini?. tunggu Apalagi, Dapatkan Bibit Nangka Mini Sekarang Juga!.

× ada yang bisa kami bantu?