Buah nangka? salah satu jenis buah yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Citarasanya yang lezat dengan aroma khas yang tajam pastinya membuat siapa saja langsung tergoda untuk mencicipinya. Namun pernahkan anda mencoba buah nangka dengan rasa madu? perkenalkan buah nangka yang sedang naik daun. Inilah NANGKA MADU. Sesuai dengan namanya, buah nangka yang satu ini memiliki keunggulan yang terletak pada citarasa buahnya yang sangat manis semanis madu. Selain itu, buah nangka madu juga mempunyai daging yang tebal, berwarna kuning orange. Tekstur buahnya lembut dan kenyal serta memiliki biji (beton) yang berukuran kecil.

Buah nangka madu mempunyai bentuk bulat lonjong jenis ini berbentuk bulat lonjong dengan kulit buah yang berduri lunak dan berwarna hijau meskipun sudah matang. Ukuran buahnya juga terbilang besar karena dapat mencapai 25 kg/buah. Saat sudah matang, buah nangka madu akan mengeluarkan aroma buah yang sangat harum dan tajam.

Nangka Madu

Nangka madu adalah jenis tanaman nangka unggulan yang berasal dari negara Malaysia. secara fisik, tanaman nangka madu memiliki tampilan yang hampir sama dengan jenis nangka lokal yang sudah ada di Indonesia.

Syarat tumbuh bibit nangka madu adalah dataran rendah hingga menengah dengan ketinggian mencapai 800 mdpl. Jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhannya adalah tanah yang gembur dan agak berpasir. Bibit nangka madu memerlukan penyinaran sinar matahari secara penuh.

Buah Nangka Madu

Untuk pertumbuhan dan hasil yang optimal, sebaiknya lakukan proses penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari. Agar tanaman nangka madu cepat berbuah, lakukan pemupukan secara rutin dan teratur. Untuk pemupukannya sendiri dapat dilakukan setiap 1 – 2 kali dalam setahun menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos sebanyak 20 kg pertanaman. Selain itu, dapat pula ditambahkan pupuk kimia untuk menunjang pemenuhan nutrisi.

BACA JUGA :   Bibit Tanaman Durian Bawor

Tanaman nangka madu diprediksi mulai belajar berbuah setelah berumur 3-4 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau cangkok.

Bibit Nangka Madu

Spesifikasi Bibit Tanaman Nangka Madu :

  • Nama : Nangka Madu
  • Nama Ilmiah : Artocarpus heterophyllus
  • Asal Daerah : Malaysia
  • Asal bibit : Hasil Okulasi
  • Tinggi Bibit : Tinggi bibit 50 cm – 70 cm.
  • Iklim ideal untuk tumbuh optimal : dataran rendah – tinggi dengan cuaca panas
  • Penyiraman : siram sehari sekali
  • Kebutuhan penyinaran : Penyinaran matahari sepanjang hari
  • Waktu berbuah : 3 – 4 tahun
  • Tips Pemberian Pupuk : dilakukan kira – kira 30 hari sekali menggunakan Pupuk NPK daun atau sejenisnya.
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

ernyata Buah nangka yang memiliki nama ilmiah Artocarpus Heterophyllus ini juga kaya akan gizi seperti vitamin A, vitamin C, kalium dan kalsium. Mengkonsumsi buah ini secara teratur dipercaya mampu untuk melancarkan sistem pencernaan, Mencegah penyakit kanker dan Mencegah penyakit jantung. Tunggu apalagi, Segera Ambil Bibit Nangka Madu Sekarang Juga!.

× ada yang bisa kami bantu?