Bagi pecinta buah mata kucing atau buah kelengkeng, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi buah kelengkeng varietas terbaru yang satu ini. Sebagai gambaran, buah kelengkeng varietas ini mempunyai keunggulan yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan buah kelengkeng itoh yang sebelumnya sudah memikat lidah dan hati masyarakat Indonesia. Perkenalkan lengkeng varietas terbaru yang wajib ada miliki, sambutlah KELENGKENG NEW KRISTAL. Tanaman lengkeng varietas terbaru ini mempu menghasilkan dompolan buah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis lengkeng itoh, bayangkan saja, satu dompolan buah kelengkeng ini mampu mencapai berat 3 hingga 4 kg/dompolan. Selain itu, Buah kelengkeng new kristal ini mempunyai ukuran buah yang relatif cukup besar besar, bobot satu buahnya bisa mencapai berat antara 15 hingga 20 gram/buah.

Buah kelengkeg new kristal juga mempunyai daging buah yang tebal, bertekstur kering dengan biji kecil. Untuk soal rasa? Buah kelengkeng new kristal menawarkan sensasi rasa manis dan nikmat dengan aroma yang lembut. Selain itu, buah kelengkeng new kristal ini juga memiliki kandungan air yang tidak terlalu tinggi sehingga tidak becek. Perpaduan antara sensasi rasa manis, nikmat menyegarkan, dengan tekstur buah yang renyah beraroma lembut membuat buah kelengkeng new kristal ini digadang-gadang akan mengalahkan dominasi buah kelengkeng itoh.

Bibit Tanaman Kelengkeng New Kristal

Kelengkeng New kristal adalah salah satu jenis lengkeng unggulan yang berasal dari Pohon Induk Tunggal (PIT) milik bapak. Samiawi yang berada di Dukuh Kateki, Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jenis Lengkeng ini sebelumnya sudah dikenal dengan sebutan lengkeng new kristal dan setelah dilepas, maka lengkeng ini mempunyai nama baru yakni lengkeng Kateki sesuai asal PIT nya. Secara fisik, Tanaman lengkeng Kateki ini memiliki penampakan yang hampir sama dengan lengkeng itoh. Hanya saja, bentuk daun lengkeng kateki ini lebih memanjang dan menjuntai ke bawah, tekstur daun mudanya cenderung lebih liat. Tanaman lengkeng kateki memiliki cabang yang lebih kokoh. Pertumbuhannya juga lebih bongsor dibandingkan dengan lengkeng itoh.

Buah kelengkeng kateki ini mempunyai ciri khas antara lain, bentuk buah yang bulat serta warna kulit buah coklat serta bintik pada kulit buah yang berwarna coklat tua. Disamping itu memiliki warna daging buah yang putih bening.

Buah lengkeng New Kristal

Syarat tumbuh bibit kelengkeng new kristal adalah daratan rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian maksimal berkisar 1.200 m dpl. Adapun ketinggian idealnya adalah 200 – 800 m dpl. Jenis tanah yang dikehendaki adalah tanah gembur yang mengandung banyak unsur hara. Untuk membantu pertumbuhan, bibit kelengkeng new kristal sangat membutuhkan penyiranan sinar matahari secara penuh dan peyiraman secara teratur. Bibit kelengkeng new kristal akan mampu tumbuh dengan maksimal pada dataran rendah dengan suhu 27 – 35 derajat Celcius.

Dalam membudidayakan dan perawatan tanaman kelengkeng new kristal ini tergolong gampang dan tidak terlalu susah. Hanya saja, ketika memasuki masa fase pembungaan dan masa panen, tanaman kelengkeng new kristal ini memerlukan perlakuan khusus yakni dengan pemboosteran (induksi dalam proses pembungaan). Panen buah kelengkeng new kristal dapat mulai dilakukan pada saat bibit sudah berumur 2-3 tahun sejak penanaman dengan bibit ukuran 70 cm. Namun, jika menggunakan bibit dengan ukuran 150 cm (ukuran besar) kemungkinan waktu panen dapat dilakukan lebih cepat.

Kelengkeng new kristal ini terkenal dengan kemampuannya untuk berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Selain itu, lengkeng kateki juga tersohor dengan tingkat produktivitas yang tinggi, bayangkan saja, dalam satu kali panen, kelengkeng new kristal mampu menghasilkan buah berkisar antara 50-70 kg/pohon/tahun.

Bibit Kelengkeng new kristalSpesifikasi Bibit Tanaman kelengkeng New Kristal :

  • Nama : Kelengkeng New Kristal
  • Nama Ilmiah : Dimocarpus longan
  • Asal Daerah : Salaman, Magelang
  • Asal bibit : Hasil Okulasi
  • Tinggi Bibit saat dikirim : 50 cm – 70 cm
  • Rekomendasi Ketinggian : dataran rendah / Ketinggian 800 m dpl
  • Iklim ideal untuk tumbuh optimal : cuaca subtropis
  • Kebutuhan penyinaran : Penyinaran matahari sepanjang hari
  • Waktu berbuah : 1-2 tahun dengan perawatan optimum akan rajin berbuah sepanjang tahun
  • Informasi tambahan : bibit sudah di tempel, sehingga tinggal menunggu bibit berkembang dan berbuah

Jika ditanam dalam Tabulampot :

  • Rekomendasi Ukuran Pot : diameter lebih dari 60cm
  • Media Tanam : tanah, sekam bakar dan pupuk kandang = 1:1:1
  • Tips Penyiraman : dua kali sehari pada pagi dan sore hari
  • Tips Pemberian pupuk : dilakukan kira-kira 30 hari sekali menggunakan Pupuk NPK dan dapat ditambah dengan pupuk POC.

Dengan segala keunggulan yang dimiliki lengkeng kateki ini, maka tak heran lengkeng ini digadang – gadang menjadi primadona baru. Selain itu, Bibit Kelengkeng new kristal juga dapat dibudidayakan dengan metode tabulampot lho. sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghiasi halaman rumah anda. Kalau bisa panen sendiri kenapa tidak?. Ayo Tunggu apalagi, Buruan Dapatkan Bibit Kelengkeng  New Kristal Sekarang Juga!.


2 Comments

Jual Bibit Lengkeng Murah | RawaBibit.com · October 5, 2018 at 12:47 am

[…] Kelengkeng New Kristal adalah jenis tanaman lengkeng unggulan paling banyak diburu untuk saat ini. Kelengkeng new kristal ini memiliki keunggulan daging buahnya tebal, bertektur kering dan renyah serta mempunyai citarasa yang manis. Selain itu, tanaman kelengkeng new kristal ini mampu menghasilkan dompolan yang amat sangat banyak, satu dompol buahnya bisa mencapai berat hingga 3 – 4 kg. […]

Jual Bibit Lengkeng Unggul | RawaBibit.com · October 9, 2018 at 2:53 am

[…] Kelengkeng New Kristal adalah jenis tanaman lengkeng unggulan paling banyak diburu untuk saat ini. Kelengkeng new kristal ini memiliki keunggulan daging buahnya tebal, bertektur kering dan renyah serta mempunyai citarasa yang manis. Selain itu, tanaman kelengkeng new kristal ini mampu menghasilkan dompolan yang amat sangat banyak, satu dompol buahnya bisa mencapai berat hingga 3 – 4 kg. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× ada yang bisa kami bantu?