Bibit Tanaman Kelengkeng Matalada

Kelengkeng Hawae Unggul

Bagi anda yang tinggal didataran rendah dan beriklim tropis, namun ingin sekali menanam tanaman lengkeng ?. Mulai sekarang anda gak perlu pusing lagi, karena saat ini terdapat varietas lengkeng yang mampu menjawab permasalahan anda. Perkenalkan inilah KELENGKENG MATALADA. Yups, lengkeng matalada merupakan jenis lengkeng khusus dataran rendah, tanaman lengkeng ini dapat tumbuh baik dan mampu berbuah pada dataran rendah.

Buah kelengkeng matalada berukuran cukup besar, buahnya rata-rata mempunyai diameter antara 2,5 – 3 cm. Kulit buahnya berwarna putih dengan bintik-bintik disekujur kulit. Daging buahnya tebal dan tidak terlalu berair. yang paling menarik adalah buah kelengkeng matalada mempunyai biji yang berukuran super kecil seukuran biji lada. tak heran jika lengkeng ini mendapat julukan lengkeng matalada.

Kelengkeng Hawae Unggul
Kelengkeng Hawae Unggul

Kelengkeng matalada adalah jenis tanaman kelengkeng yang dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah. Pohon kelengkeng yang memiliki nama lain kelengkeng hawae ini dikenal memiliki pertumbuhan yang tegak dengan daun yang rimbun dan melebar. Secara fisik, tanaman kelengkeng hawae ini memiliki ciri-ciri dengan bentuk daunnya yang cendrung berbentuk lancip memanjang. Buah kelengkeng hawae memiliki berukuran cukup besar dengan diameter antara 2,5 – 3 cm. buahnya berwarna putih dengan bintik-bintik disekujur kulitnya. Daging buahnya tebal dan tidak terlalu berair dan memiliki biji buah yang sangat kecil, seukuran biji lada.

Tanaman kelengkeng matalada dikenal dengan sifatnya yang genjah atau mudah berbuah. Selain itu, tanaman kelengkeng matalada juga mampu berbuah dengan lebat meskipun tanpa perlakuan khusus (tanpa booster).

Buah kelengkeng matalada

Syarat tumbuh bibit kelengkeng hawae adalah dataran rendah dengan ketinggian maksimal 700 m diatas permukaan air laut. Tanah gembur dengan sedikir berpasir menjadi jenis tanah yang paling disukai oleh bibit lengkeng hawae. untuk pertumbuhan bibit lengkeng hawae membutuhkan penyiranan sinar matahari secara penuh dan pengairan secara teratur. bibit lengkeng hawae menghendaki iklim tropis dengan suhu berkisar antara 30-35 derajat celcius.

Tanaman kelengkeng matalada termasuk jenis lengkeng yang bersifat genjah atau mudah berbuah meskipun tanpa perlakuan khusus. Panen buah kelengkeng hawae dapat dilakukan saat bibit sudah berumur 1-2 tahun sejak penanaman. Dalam memilih bibit lengkeng matalada sebaiknya berasal dari hasil perbanyakan vegetatif seperti cangkok, okulasi, sambung dan lain sebagainya.

Bibit Kelengkeng Matalada

Spesifikasi Bibit Tanaman Kelengkeng Matalada :

  • Nama : Kelengkeng matalada / Hawae
  • Nama Ilmiah : Dimocarpus Longan
  • Asal Daerah : –
  • Asal Bibit : Hasil okulasi
  • Tinggi Tanaman : tinggi antara 50 cm – 70 cm.
  • Rekomendasi dataran tumbuh optimal : Dataran rendah dengan ketinggian 700 m dpl.
  • Kondisi tempat tumbuh Optimal : Iklim Tropis / suhu berkisar antara 30-35 derajat celcius
  • Waktu berbuah : berbuah pada umur 1-2 tahun
  • Info lain : bibit sudah ditempel, sehingga tinggal menunggu bibit berbuah.

Jika ditanam di dalam pot (Tabulampot) :

  • Rekomendasi ukuran pot : Pot dengan diameter > 60 cm
  • Media tanam yang digunakan : tanah, sekam dan pupuk kandang = 1:1:1
  • Intensitas penyiraman : dua kali dalam sehari pada pagi dan sore hari
  • Tips pemberian pupuk : Dilakukan 30 hari sekali, menggunakan pupuk NPK daun atau sejenisnya.

Anda pecinta tabulampot? jenis lengkeng hawae ini sangat tepat menjadi pilihan untuk anda. sifatnya yang genjah dan perawatan yang cukup mudah menjadi daya tarik tersendiri. gimana berminat merasakan kenikmatan buah kelengkeng hawae?. Tunggu apalagi, Ambil Bibit Kelengkeng Matalada Sekarang Juga!.

1 Comment

  1. Jual Bibit Lengkeng Murah | RawaBibit.com

    […] Kelengkeng matalada mempunyai keunggulan dimana ukuran bijinya yang sangat kecil seukuran lada. Buah kelengkeng matalada atau hawae ini berukuran cukup besar dengan daging buahnya tebal. Kulit buah kelengkeng yang satu ini terbilang cantik dengan warna kulit buah putih cerah mencolok ditambah dengan sedikit goresan seni garis yang memutar pada bagian tengah buah. Selain itu, buah kelengkeng hawae juga memiliki citarasa yang manis. […]

Leave A Comment

Don`t copy text!