Anda menyukai buah kelengkeng ?. namun anda juga ingin menikmati buah durian? lalu bagaimana jadinya jika buah kelengkeng digabungkan dengan buah durian?. perkenalkan buah kelengkeng yang mewakili keduanya, inilah LENGKENG AROMA DURIAN.  Buah kelengkeng ini menawarkan sensasi perpaduan rasa antara rasa manisnya buah kelengkeng dengan aroma yang khas milik buah durian yang sudah melegenda. Selain itu, Buah kelengkeng aroma durian ini memiliki ukuran buah yang cukup besar, daging buahnya tebal dan berwarna putih dengan kandungan air sedikit.

Keunggulan lain yang gak kalah dari tanaman lengkeng aroma durian ini adalah tanaman lengkeng aroma durian termasuk jenis lengkeng yang bersifat genjah atau mudah berbuah dan memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan baru. sehingga sangat cocok bagi pemula yang ingin berkebun.

Kelengkeng Aroma Durian

Kelengkeng Aroma Durian

Kelengkeng aroma durian adalah salah satu jenis kelengkeng unggulan yang berasal dari Thailand. Tanaman pemilik nama latin Dimocarpus longan ini termasuk jenis kelengkeng yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Secara fisik, bibit tanaman lengkeng aroma durian ini memiliki daun muda yang berwarna hijau semu merah dan akan berubah menjadi hijau tua saat sudah tua, daunnya berbentuk cekung dengan bagian tengah bergelombang, tekstur daunnya kasar. Tanaman lengkeng aroma durian memiliki pertumbuhan tegak dengan tajuk yang kokoh.

Syarat tumbuh bibit lengkeng aroma durian adalah dataran rendah dengan ketinggian ideal antara 300 – 900 m dpl. Jenis tanah yang cocok adalah tanah gembur yang mengandung banyak unsur hara, untuk pertumbuhan bibit lengkeng aroma durian membutuhkan penyiranan sinar matahari secara penuh. Curah hujan 1.500-3.000 mm per tahun dengan 9-12 bulan basah dan 2-4 bulan kering.

Panen buah kelengkeng aroma durian dapat dilakukan pada saat bibit sudah berumur 1-2 sejak penanaman dengan bibit ukuran 70 cm. jika menggunakan bibit berukuran 150 cm kemungkinan panen akan lebih cepat. Menariknya lagi adalah tanaman lengkeng aroma durian ini dapat berbuah dengan lebat meskipun tanpa bantuan obat boster.

Bibit Lengkeng Aroma Durian

Bibit Lengkeng Aroma Durian

Spesifikasi Bibit Tanaman Kelengkeng Aroma Durian :

  • Nama : Kelengkeng Aroma Durian
  • Nama ilmiah : Dimocarpus longan
  • Asal Daerah : Thailand
  • Asal Bibit : Hasil okulasi
  • Ukuran bibit saat ini : 50 cm – 70 cm
  • Rekomendasi dataran : dataran rendah / ketinggian 300-900 m dpl.
  • kondisi tempat tumbuh optimal: iklim Tropis / suhu 30-35°C
  • Kebutuhan sinar matahari: full sun (penyinaran sepanjang hari)
  • Waktu berbuah: kira-kira 1 sampai 2 tahun
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

Jika didudidayakan didalam pot ( Tabulampot) :

  • Rekomendasi ukuran pot : diameter lebih dari 60 cm
  • Media tanam yang digunakan : tanah humus atau tanah kompos
  • Intensitas penyiraman : satu kali dalam sehari
  • Tips pemberian pupuk : dilakukan kira-kira 30 han’ sekali. menggunakan pupuk NPK Daun.

Selain ditanam dilahan, bibit tanaman kelengkeng aroma durian ini juga sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias sebagai tabulampot. dalam memilih bibit sebaiknya memilih bibit lengkeng aroma durian dari hasil perbanyakan vegetatif seperti cangkok, okulasi, sambung dan lain sebagianya. kalau bisa panen sendiri kenapa tidak?!. tertarik mengoleksi lengkeng yang unik ini ? Tunggu apalagi. Dapatkan Bibit Lengkeng Aroma Durian Unggul Sekarang Juga!.

× ada yang bisa kami bantu?