Memiliki tampilan yang cantik dan berbeda dengan kelapa muda pada umumnya. Mungkin itu, yang terbesit dalam pikiran kita, ketika melihat buah kelapa yang satu ini. Perkenalkan jenis kelapa yang katanya mampu untuk menetralisir racun. Inilah KELAPA WULUNG. Saat memotong sedikit serabut buah kelapa wulung di bagian pangkal, kecantikannya langsung terlihat. Alih-alih berwarna putih, serabut kelapa wulung ini justru berwarna pink bak pipi seorang gadis cantik yang menampilkan kemolekannya. Untuk soal rasa? Air kelapa wulung memiliki rasa yang tidak kalah segar dengan kelapa muda pada umumnya. Selain itu, daging buah kelapa wulung memiliki rasa yang lebih manis daripada daging kelapa muda biasanya.

Kelapa wulung ini memang lebih sulit ditemukan dari kelapa pada umumnya. Untuk membedakan Kelapa wulung atau nyuh mulung dengan kelapa biasa, bisa dilihat dari serabutnya yang berwarna merah muda.

Kelapa Wulung

Kelapa Wulung adalah jenis kelapa muda yang tumbuh di Asia. Kelapa wulung adalah salah satu jenis kelapa unggul yang memiliki tampilan buah yang unik. Secara fisik, sekilas kita agak sulit untuk membedakan kelapa wulung dengan jenis kelapa lainnya. karena sama-sama berbatang tunggal, akar berbentuk serabut, dengan struktur yang tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol. Hanya saja, saat pohon berbuah dan mengupasnya, maka akan tampak warna ungu atau pink pada kulit serabutnya. Perbedaan lainnya terdapat pada daging buahnya, dimana daging buah kelapa wulung berwarna agak merah muda.

Buah Kelapa Wulung

Syarat tumbuh bibit kelapa wulung adalah dataran rendah dengan ketinggian ideal maksimal 450 m dpl. Adapun jenis tanah yang disukai adalah tanah gembur yang mengandung unsur hara. selain itu, bibit kelapa wulung juga mampu beradaptasi dengan baik di area berpasir seperti pantai. Untuk menunjang pertumbuhannya, bibit kelapa wulung sangat membutuhkan pancaran sinar matahari. Curah hujan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan kelap wulung sekitar 1300-2300 mm/tahun dengan suhu 20-27 derajat celsius. Sedangkan untuk kelembaban, bibit kelapa wulung menyukai PH udara rata-rata 70-80 persen.

Tanaman kelapa wulung termasuk jenis kelapa yang bersifat genjah, dengan perawatan yang baik, hasil panen budidaya kelapa wulung dapat mulai dirasakan saat pohon kelapa wulung sudah berumur 3 – 5 tahun sejak penanaman.

Bibit Kelapa Wulung unggul

Spesifikasi Bibit Tanaman Kelapa Wulung :

  • Nama : Kelapa Wulung
  • Nama Ilmiah : Cocos nucifera
  • Nama Daerah : –
  • Asal Bibit : Hasil dari biji
  • Ukuran bibit Saat ini : 30cm – 70cm
  • Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah / suhu panas 30-35 derajat celcius
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Tipe Pertumbuhan Tanaman : tumbuh tegak
  • Masa Produktif : berbuah dalam 3 – 5 tahun
  • Penyiraman : sehari 2x
  • Media Tanam : tanah dan humus
  • Tips Pemupukan : sebulan sekali dengan pupuk NPK Daun

Karena mempunyai tampilan dan citarasa yang unik, Hal ini menggiring persepsi publik bahwa buah kelapa wulung juga berfungsi sebagai obat. buah kelapa wulung ini dipercaya sebagai penawar racun, membantu memperlancar saluran pembuangan air kecil. Kecantikan buah kelapa wulung ini tidak berhenti sampai disitu, ternyata buah kelapa wulung ini juga mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. sehingga membudidayakan kelapa wulung ini dapat menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan. Ayo Tunggu Apalagi. Buruan, Ambil Bibit Kelapa Wulung Sekarang Juga!.

 


1 Comment

Jual Bibit Kelapa Murah | RawaBibit.com · October 6, 2018 at 3:25 pm

[…] Kelapa wulung terkenal akan tampilan buah yang cantik dan eksotik. Kelapa wulung memiliki serabut yang berwarna pink atau merah muda yang cantik, bukan warna putih seperti kelapa yang biasa kita temukan. Air kelapa wulung juga mempunyai citrasa yang agak pahit bukannya manis seperti kelapa unggulan lain. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× ada yang bisa kami bantu?