Es kelapa kopyor merupakan salah satu menu istimewa di Bulan suci Ramadhan. Di pulau Jawa, es kelapa kopyor bisa menjadi sajian berbuka puasa sebagai pelepas dahaga yang manis dan gurih. Jika berbicara tentang es kelapa kopyor, maka tidak bisa kita pisahkan jenis kelapa yang menjadi bahan utama pembuat es kelapa ini. Yups, Perkrnalkan jenis kelapa yang cocok dibudidayakan dalam skala bisnis. Inilah KELAPA KOPYOR. Lalu apa sich yang membuat kelapa kopyor ini spesial?. Buah kelapa kopyor ini mempunyai keistimeawaan dimana daging buahnya tidak melekat pada tempurung dan saat diguncang-guncang akan menimbulkan suara yang khas. Buah kelapa kopyor ini mempunyai daging buah yang sangat empuk. Keunikan lain dari buah kelapa kopyor ini adalah mempunyai jumlah air yang sedikit, dengan aroma yang khas. Perpaduan antara daging buah yang empuk dengan aroma yang khas membuat kelapa kopyor ini selalu menjadi pilihan utama untuk disajikan sebagai minuman.

Kelapa Kopyor

Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor merupakan varietas kelapa unggul yang lahir dari hasil kelainan genetik yakni hasil mutasi spontan di bagian mayang yang bersifat setempat. Hasil dari mutasi tersebut membuat tanaman kelapa ini memiliki daging buah yang bertekstur empuk dan daging buahnya yang terlepas dari tempurungnya. Secara fisik, pohon kelapa kopyor memiliki tampilan yang sama dengan jenis kelapa hijau pada umumnya. Hanya saja, Buah kelapa kopyor mempunyai daging yang empuk dan terlepas dari tempurungnya. Ada cara yang cukup unik untuk mengenali jenis kelapa kopyor ini yakni dengan menggoyang-goyangkan buah kelapa ke kanan dan ke kiri, dan akan terdengar bunyi seolah buah kelapa tersebut bukan terisi air tetapi terisi pasir. Keunggulan lainnya adalah Pohon kelapa kopyor termasuk salah jenis kelapa yang bersifat genjah atau mudah berbuah.

Buah Kelapa Kopyor unggul

Syarat tumbuh bibit kelapa kopyor adalah dataran rendah khususnya pada daerah pinggir pantai dengan ketinggian ideal berkisar antara 0 – 450 m dpl. Bibit kelapa kopyor dapat tumbuh dengan baik pada jenis tanah antara lain tanah aluvial, laterit, vulkanis, berpasir dengan pH 5-8, optimum pada pH 5.5-6,5.Untuk membantu pertumbuhannya, bibit kelapa kopyor sangat membutuhkan pancaran sinar matahari secara penuh. apabila dinaungi, pertumbuhan bibit kelapa kopyor akan terlambat dan begitu pula dengan buah yang dihasilkan akan terlambat pula.

Pohon kelapa kopyor diprediksi mulaibelajar berbuah setelah berumur 3-5 tahun setelah tanam. waktu yang relatif singkat jika dibandingkan dengan tanaman kelapa pada umumnya. Dengan menggunakan bibit hasil biji, Satu pohon kelapa kopyor kemungkinan menghasilkan 30-40% kelapa kopyor saja, selebihnya akan menjadi kelapa muda biasa. Sedangkan jika menggunakan bibit hasil kultur jaringan dapat menghasilkan hampir 100% kelapa kopyor.

Bibit Kelapa Kopyor

Spesifikasi Bibit Tanaman Kelapa Kopyor :

  • Nama : Kelapa Kopyor
  • Nama Ilmiah : Cocos nucifera
  • Nama Daerah : –
  • Asal Bibit : ditumbuhkan dari biji
  • Ukuran bibit Saat ini : 40cm – 60cm
  • Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah / suhu panas 30-35 derajat celcius
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Tipe Pertumbuhan Tanaman : tumbuh tegak
  • Masa Produktif : berbuah dalam 3 – 5 tahun
  • Penyiraman : sehari 2x
  • Media Tanam : tanah dan humus
  • Tips Pemupukan : sebulan sekali dengan pupuk NPK Daun

Keunggulan lain dari kelapa kopyor adalah anda tidak memerlukan lahan yang berhekta-hektar, karena dipekarangan bisa, anda sudah dapat menjadi petani kelapa kopyor. Selain itu, buah kelapa kopyor ini juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. sehingga cocok dijadikan sebagai pilihan investasi. Tunggu apalagi, buruan ambil Bibit Kelapa Kopyor Sekarang Juga!.


2 Comments

Jual Bibit Kelapa Murah | RawaBibit.com · October 6, 2018 at 3:26 pm

[…] Kelapa kopyor ini memiliki keistimewaan “daging buah” mempunyai tekstur yang empuk, dan terlepas dari tempurungnya. Buah kelapa kopyor juga memiliki kandungan air kelapa yang lebih sedikit, bercitarasa manis dengan aroma yang khas. Kelapa kopyor termasuk jenis kelapa genjah, tanaman kelapa ini dapat mulai berbuah saat pohon kelapa sudah berumur 3 – 4 tahun. […]

Jual Bibit Kelapa Unggul | RawaBibit.com · October 9, 2018 at 2:51 am

[…] Kelapa kopyor ini memiliki keistimewaan “daging buah” mempunyai tekstur yang empuk, dan terlepas dari tempurungnya. Buah kelapa kopyor juga memiliki kandungan air kelapa yang lebih sedikit, bercitarasa manis dengan aroma yang khas. Kelapa kopyor termasuk jenis kelapa genjah, tanaman kelapa ini dapat mulai berbuah saat pohon kelapa sudah berumur 3 – 4 tahun. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× ada yang bisa kami bantu?