Bibit Tanaman Jambu Air Bajang Leang

Jambu Air Bajang Leang Unggul

Dengan perkembangan teknologi, banyak sekali jenis Jambu air banyak bermunculan dipasaran Indonesia. Perkenalkan jenis jambu air yang wajib anda coba. Inilah JAMBU BAJANG LEANG. buah jambu bajang leang dikenal dengan ukuran dan tampilannya yang cantik. Jambu bajang leang mempunyai ukuran buah yang jumbo, bobot satu buahnya rata-rata mencapai berat 300 gram/buah. Selain ukurannya yang besar, buah jambu bajang leang juga mempunyai tampilan yang cantik yakni perpaduan 3 warna antara hijau, kuning dan merah. Gradasi warna yang dihasilkan sungguh cantik dan sedap dipandang.

Buah jambu bajang leang mempunyai daging buah yang tebal, tekstur dagingnya lebih lembut dan padat. Untuk soal rasa? gak perlu diragukan lagi dech, buah jambu air bajang leang mempunyai citarasa yang manis dengan kandungan air yang tinggi pula.

Jambu Air Bajang Leang Unggul
Jambu Air Bajang Leang Unggul

Jambu bajang leang adalah jenis tanaman jambu air unggulan yang berasal dari Negara Thailand. Jambu bajang leang termasuk jenis jambu yang paling banyak diburu oleh pecinta tanaman jambu air. Secara Fisik, tanaman jambu air bajang leang mempunyai bentuk pohon yang berdiri tegak, namun tidak terlalu tinggi, hanya 3 – 10 m. Tajuknya rimbun dan menyebar. Batangnya berkayu keras berwarna coklat kemerahan dengan kulit bertekstur kasar, bercelah seperti retakan.

Keunggulan lainnya adalah tanaman jambu bajang leang terkenal dengan sifatnya yang genjah. Selain itu, tanaman jambu ini mampu berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim, berbuah lebat, dan dapat berbuah berkali-kali dalam setahun. Posturnya yang tidak terlalu tinggi dengan tampilannya yang menarik membuat tanaman jambu bajang leang sering dijadikan tanaman hias di dalam pot.

Syarat tumbuh bibit bajang leang adalah dataran rendah dengan ketinggian berkisar antara 0 – 700 mdpl. Jenis tanah yang disukai adalah tanah lempung yang subur dengan drainase baik, derajat keasaman tanah (pH) 6. Sebagai tanaman tropis, jambu air bajang leang memerlukan sinar matahari penuh sepanjang hari sehingga tumbuh dengan baik di tempat terbuka. Curah hujan sedang antara 1000 – 2500 mm per tahun dengan 3 – 4 bulan kering.

Tanaman jambu bajang leang diprediksi mulai belajar berbuah setelah berumur 1-2 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau cangkok.

Spesifikasi Bibit Tanaman Jambu Air Bajang Leang :

  • Nama : Jambu Air Bajang Leang
  • Nama Ilmiah : Syzygium aqueum
  • Daerah Asal : Thailand
  • Asal Bibit : Hasil okulasi
  • Tinggi bibit : 50 cm – 70 cm
  • Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah sampai dataran tinggi / Ketinggian mencapai 700 m dpl.
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Masa Produktif : berbuah dalam 1 – 2 tahun
  • info lain : bibit sudah ditempel sehingga tinggal menunggu bibit berbunga dan berbuah

Jika ditanam dalam Tabulampot :

  • Rekomendasi ukuran pot : Pot dengan diameter 50cm
  • Media tanam yang digunakan : tanah, sekam bakar dan pupuk kandang = 1:1:1
  • Tips penyiraman : 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari
  • Tips pemberian pupuk : Dilakukan 30 hari sekali, menggunakan pupuk NPK dan dapat ditambahkan dengan pupuk organik cair.

Mengkonsumsi buah jambu air bajang leang secara teratur dipercaya mampu membantu mengatasi diabetes, Membantu mempercantik kulit, Membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi dan mampu Mencegah dehidrasi dengan kandungan airnya yang banyak. Tunggu apalagi, Segera Ambil Bibit Jambu Bajang Leang Sekarang Juga!.

Leave A Comment

Tanya disini
Hallo, ada yang bisa dibantu?