Durian Bawor ? Nama yang tidak asing lagi bagi pecinta tanaman buah durian. Yups, Durian lokal yang muncul beberapa tahun belakangan ini memang mampu mencuri perhatian diantara gempuran durian import. Perkenalkan jenis durian lokal yang mampu menandingi durian montong dari Thailand. Inilah DURIAN BAWOR. Buah durian bawor dikenal dengan ukuran buahnya yang super jumbo. Bobot satu buahnya rata-rata 4-6 kg/buah, bahkan ada juga yang mencapai 12-15 kg/buah.

Selain ukuran buahnya yang jumbo, buah durian bawor ini juga mempunyai daging yang super tebal layaknya durian montong. Daging buahnya berwarna kuning orange dengan tekstur padat dan mempunyai biji yang kecil alias gepeng. Yang paling istimewa dari durian bawor ini adalah citarasanya manis, legit dengan sedikit pahit namun tetap nikmat saat disantap.

Bibit Tanaman Durian Bawor

Durian bawor adalah jenis tanaman durian lokal unggulan yang berasal dari banyumas jawa tengah, Indonesia. Tanaman Durian bawor merupakan hasil penggabungan dari berbagai jenis durian unggulan yang dijadikan satu. Hal ini membuat durian bawor tidak mudah roboh dan kuat, bahkan akarnya sangat kuat menahan tanah sehingga bisa digunakan sebagai tanaman pencegah longsor.

Tanaman durian bawor mempunyai tingkat adaptasi dengan lingkungan baru yang tergolong tinggi. Hal ini tidak terlepas dari hasil penggabungan dari berbagai durian lokal sehingga membuat durian bawor mempunyai berbagai sifat unggul dari beberapa durian lokal.

Buah Durian Bawor

Syarat tumbuh bibit durian bawor adalah dataran rendah dengan ketinggian mencapai ketinggian 600 mdpl. Jenis tanah yang disukai oleh tanaman durian ini adalah tanah yang gembur, subur dan banyak mengandung unsur hara. Adapun iklim yang cocok untuk pertumbuhan bibit durian bawor adalah beriklim tropis dengan suhu udara sekitar 25 – 35°C. Bibit durian bawor sebaiknya ditanam padah lahan terbuka yang mendapatkan sinar matahari setiap harinya.

Tanaman durian bawor dikenal dengan sifatnya yang genjah atau mudah berbuah. Dengan metode penanaman dan perawatan yang baik dan tepat, tanaman durian bawor diprediksi dapat mulai belajar berbuah setelah berumur 3-5 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau tempel.

Selain itu, Tanaman durian bawor juga dikenal dengan tingkat produktifitasnya yang tinggi. Pada saat menginjak umur 5 tahun, tanaman buah durian bawor dapat menghasilkan 1 kwintal buah dengan rata- rata berat buahnya 4 – 5 kg bahkan ada yang sampai menembus angka 15 kg.

Bibit Durian Bawor

Spesifikasi Bibit Tanaman Durian bawor :

  • Nama : Durian Bawor
  • Nama Ilmiah : –
  • Asal Daerah : Banyumas, Indonesia
  • Asal Bibit : Hasil okulasi
  • Tinggi bibit : 50 cm – 70 cm
  • Rekomendasi Tempat tumbuh optimal : dataran rendah dengan ketinggian ketinggian 600 mdpl
  • Kondisi Tumbuh optimal : Iklim tropis
  • Tipe Tumbuh : Pertumbuhan tegak
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Tips Penyiraman : Penyiraman dua kali dalam sehari
  • Tips Pemupukan : sebulan sekali dengan pupuk NPK Daun
  • Masa Produktif : berbuah dalam 4 – 5 tahun
  • Informasi lain : Bibit sudah di tempel sehingga tinggal menunggu bibit berbunga dan berbuah

Mengkonsumsi buah durian bawor secara proporsional dipercaya mampu untuk mencegah anemia, Membantu menjaga kesehatan tulang, mengatur kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan otot dan saraf. Tertarik menghijaukan pekarangan rumah dengan durian bawor ini. Yuks tanam bibit durian bawor dan nikmati sensasi memetik buah durian bawor langsung dari pohonnya. Dapatkan Bibit Durian Bawor Sekarang Juga!.

× ada yang bisa kami bantu?