Buah duku? Siapa sich yang gak kenal dengan buah musiman yang satu ini, Buah lokal ini memang dikenal mempunyai citarasa yang khas. Perkenalkan tanaman duku yang sudah terkenal di seantero Nusantra. Inilah DUKU PALEMBANG. Buah duku palembang ini mempunyai keunggulan dengan cita rasanya yang manis menyegarkan, bahkan buah duku palembang mempunyai cita rasa yang paling unggul jika dibandingkan jenis buah duku lokal lainnya.

Buah duku Palembang terkenal dengan kulit buahnya yang tipis, halus, berwarna kuning agak kecoklatan, dan sedikit mengandung getah. Keunggulan lainnya dari duku palembang ini adalah daging buahnya berwarna bening, tebal dan sedikit mengandung air. Selain itu, buah duku palembang ini juga terkenal dengan biji yang kempet dan jarang. bayangkan saja, dalam 10 hingga 15 buah duku palembang, biasanya hanya akan dijumpai sebuah duku yang berbiji.

Duku Palembang

Duku Palembang

Duku palembang adalah jenis duku lokal unggul yang berasal dari Sumatera Selatan, Indonesia. Secara fisik, Pohon duku palembang mempunyai ukuran sedang, pohon duku palembang mampu tumbuh tinggi hingga ketinggian 75 cm. Pohon duku palembang mempunyai batang beralur-alur dalam tak teratur, dengan banir yang pipih menonjol di atas tanah. Kulit kayunya berwarna kelabu berbintik-bintik gelap dan jingga, mengandung getah kental berwarna susu yang lengket.

Syarat tumbuh bibit duku palembang adalah dataran rendah hingga dataran tinggi. ketinggian ideal berkisar antara 600 m dpl dengan curah hujan 1.500-2.500 mm per tahun. Jenis tanah yang ideal untuk bibit duku palembang adalah tanah latosol, aluvial dan podsolik kuning dengan kadar pH antara 6-7.

Tanaman duku palembang ini mampu beradaptasi dengan baik terhadap kadar garam tinggi dan tanah masam atau lahan bergambut, asalkan tanahnya mengandung banyak bahan organik. bibit duku palembang juga mampu beradaptasi dengan iklim kering dan lebih senang ditanam di tempat yang terlindung.

Tanaman duku palembang diprediksi akan mulai belajar berbuah setelah berumur 3-4 tahun sejak penanaman dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau sambung pucuk yang berukuran 70cm. Namun ketika menggunakan bibit ukuran 150 cm kemungkinan waktu berbuahnya lebih cepat. Pohon duku palembang mempunyai tingkat produktifitas yang tinggi, saat mulai berbuah, pohon duku palembang mampu menhasilkan rata-rata 12 kg/pohon/tahun, sedangkan tanaman yang sudah dewasa dapat menghasilkan 800-900 kg/pohon/tahun.

Spesifikasi Bibit Tanaman Duku Palembang :

  • Nama: Duku Palembang
  • Nama Ilmiah : Lansium parasiticum
  • Asal Daerah : Sumatra Selatan
  • Asal Bibit : Hasil Okulasi / Sambung Pucuk
  • tingg bibit saat di kirim : 50cm – 70cm
  • Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah – dataran tinggi/ suhu panas 30-35c
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Tipe Pertumbuhan Tanaman : tumbuh tegak
  • Masa Produktif : berbuah dalam 3 – 4 tahun
  • Info lain : bibit sudah ditempel atau dicangkok sehingga bibit tinggal di tanam dan menunggu bibit berbunga dan berbuah

Mengkonsumsi buah duku palembang secara teratur dipercaya mampu untuk mencegah penuaan dini, menguatkan gigi, menjaga kesehatan gusi, meningkatkan sistem imun, menurunkan berat badan. Buah duku palembang juga dapat sebagai sumber antioksidan, menjaga kesehatan kulit, pengobatan masalah kesehatan kulit dan masih banyak lagi lainnya. Anda sedang mencari buah lokal berkualitas unggul untuk menghiasi halaman atau pekarangan rumah anda?. pastikan pilihan anda jatuh buah duku palembang ini. Kalau bisa panen sendiri kenapa tidak?. Dapatkan Bibit Duku Palembang Sekarang Juga!.

× ada yang bisa kami bantu?