BIBIT TANAMAN BLACK SAPOTE/SAWO HITAM

Black sapote (Diospyros nigra) atau kesemek hitam/Sawo hitam adalah buah yang teksturnya unik seperti puding cokelat. Kulit buahnya berwarna hijau, tetapi dagingnya berwarna hitam.

Buah sapote berasal dari Meksiko dan Amerika bagian tengah. Buah ini mengandung berbagai macam nutrisi, salah satunya vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 100 gram buah black sapote saja, terdapat 200 persen rekomendasi asupan harian (RAH) vitamin C. Mari kenali manfaat black sapote yang sangat baik untuk kesehatan.

Syarat tumbuh bibit black sapote adalah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara antara 0 – 1800 m dpl. untuk mendapatkan hasil yang maksimal pohon sawo hitam dibudidayakan di bawah ketinggian 600 m di atas permukaan air laut.

Pohon sawo hitam termasuk jenis tanaman sawo yang termasuk cepat berbuah. Secara fisik, pohon sawo hitam ini dapat tumbuh tinggi hingga mencapai ketinggian 10 – 25 meter dengan daunnya selang seling berbentuk lonjong sampai lonjong langset. panjang daun sekitar 10 sampai 25 cm. Buah black sapote ini memiliki kulit berwarna hijau walaupun sudah matang.

Keunggulan yang dimiliki Black Sapote :
Daging Tebal

Sawo hitam ini memiliki daging yang tebal bahkan sampai bijinya,

BACA JUGA :   Bibit Tanaman Alpukat Wina
Citarasa lezat

Black sapote memiliki citarasa yang cukup unik, layaknya menikmati puding coklat dengan tekstur daging yang lembut. Adapun cara mengkonsumsinya dengan menggunakan sendok layaknya menggeruk buah alpukat.

Genjah

Tanaman Sawo satu ini bersifat genjah, dapat berbuah Saat berumur  1-2 tahun sejak penamaman

Panen Panjang

Musim berbuahnya cukup panjang berlangsung mulai Agustus hingga Januari. Panen bisa dilakukan saat ukuran maksimal saat kulit buah berwarna hijau cerah.

Kaya Akan Gizi

Dalam satu cangkir daging buah black sapote, memiliki 142kalori, 2,6g protein,0,8g Lemak, 34g karbohidrat, 360mg kalium , 22mg vit.C , 420 IU vit. A

Mencegah kanker

karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi buah black sapote ini dapat menvegah kanker. Vitamin A memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh sehingga vitamin ini dipercaya dapat mencegah kanker.

 

Budidaya black sapote tergolong mudah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, beberapa hal yang perlu dilakukan dalam perawatan tanaman sawo manila antara lain : lakukan penyiraman secara teratur, pembersihan gulma perlu dilakukan untuk memastikan bibit black sapote mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Saat berumur  1-2 tahun sejak penamaman dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau sambung pucuk.

Selain beberapa keunggulan tersebut tanaman ataupun buah Black sapote/sawo hitam ini memiliki harga yang cukup tinggi dipasaran karena cukup langka. Sehingga membudidayakan tanaman sawo hitam ini menjadi salah satu  rekomendasi untuk anda menjalani peluang bisnis.

BACA JUGA :   Bibit Tanaman Sawo Mentimun
Jika dibudidayakan di dalam Pot ( Tabulampot) :
  • Ukuran Pot Minimal : diameter lebih dari 60cm
  • Media Tanam : tanah dan humus
  • Penyiraman : sehari 1x
  • Tinggi Tanaman Akan Datang : tinggi lebih dari 5 meter, tetapi bisa di pendek kan dengan pemangkasan
  • Pemupukan : sebulan sekali dengan pupuk NPK Daun

 

 

× ada yang bisa kami bantu?