Bibit Tanaman Buah Alpukat Kelud Kualitas Unggul Yang Terkenal Genjah dan Mampu Berbuah Dalam Pot

Alpukat Kelud

Alpukat Kelud adalah salah satu jenis tanaman alpukat lokal unggulan yang saat ini sedang viral banget. Alpukat Kelud mencuri perhatian karena kemampuannya berbuah dengan baik walaupun ditanam didalam pot. bahkan memiliki presentase hingga 90% keberhasilan dalam berbuah.

Buah alpukat kelud termasuk jenis alpukat jumbo dengan Berat rata-rata mencapai 1 kg per buah. Buah alpukat kelud berbentuk bulat lonjong dengan bagian bawah agak membesar.

Daging buah alpukat kelud tergolong tebal, berwarna kuning mentega. Tekstur buahnya lembut, pulen hampir tanpa serat. Kulit buahnya tipis dan mudah untuk dikupas.

Yang paling istimewa adalah alpukat kelud ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Bahkan banyak yang mengatakan rasa setara dengan Alpukat Miki.

Buah Alpukat Kelud

Menurut beberapa sumber, Alpukat Kelud merupakan nama lain dari Alpukat Subang. Indukan alpukat kelud atau alpukat subang ini memang berasal dari daerah Subang Jawa Barat. Secara fisik, tanaman alpukat kelud ini mempunyai penampilan yang hampir sama dengan alpukat aligator.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Persea Americana ini dapat tumbuh pada dataran rendah maupun dataran tinggi, namun jika menginginkan hasil yang lebih maksmal sebaiknya bibit alpukat mentega ditanam pada dataran tinggi mencapai ketinggian 1500 mdpl dengan suhu udara berkisar antara 15 – 30° C.

Bibit Alpukat Kelud

Keunggulan Tanaman Alpukat Kelud

  • Ukuran Buah Jumbo – Berat rata-rata buah alpukat kelud berkisar antara 1-1,5 kg per buah. Dengan bentuk buah lonjong
  • Daging Buah Tebal – Daging alpukat kelud sangat tebal, tekstur pulen dengan biji berukuran kecil
  • Rasa Buah Enak – alpukat kelud ini memiliki rasa yang enak setara dengan citarasa Alpukat Miki.
  • Genjah – tanaman alpukat kelud dapat mulai belajar berbuah setelah berumur 2-3 tahun setelah tanam
  • Produktivitasnya Tinggi – alpukat kelud dikenal memiliki produktivitas yang tinggi, hampir mirip alpukat aligator.
  • Cocok Untuk Ditanam Di Pot – alpukat kelud menjadi salah satu varieras yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan tanamn buah dalam Tseperti alpukat Aligator.

Budidaya alpukat kelud juga sangatlah mudah, cukup lakukan penyiraman setiap dua kali sehari serta pemupukan setiap sebulan sekali menggunakan pupuk NPK daun. Hal ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.

Jika dirawat dengan baik, pohon alpukat kelud biasanya akan mulai memproduksi buah saat sudah berumur 3 – 5 tahun sejak penanaman dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau sambung pucuk.

Alpukat kelud sangat rekomended untuk dibudidayakan dalam skala bisnis. Selain itu, alpukat kelud ini juga cocok untuk mempercantik halaman rumah ada sebagai tanaman hias dalam pot.

× ada yang bisa kami bantu?