Bibit Srikaya Jumbo

Bibit Srikaya Jumbo – Bibit Srikaya Cepat Berbuah Dengan Ukuran Buah Besar, Daging Lebih Tebal, Rasa Super Manis dan Cocok Tabulampot

Srikaya Jumbo merupakan jenis Srikaya unggul dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan Srikaya lokal. Selain mempunyai ukuran yang besar, srikaya jumbo juga memiliki daging yang lebih tebal dan rasa yang lebih manis.

Selain dapat dibudidayakan di lahan perkebunan, bibit Srikaya jumbo juga cocok dijadikan tanaman buah dalam pot atau tambulapot.

Bibit Srikaya Jumbo

Karakteristik Buah Srikaya Jumbo

Buah Srikaya jumbo berbentuk bulat agak kerucut dengan tekstur kulit berbenjol-benjol kasar. Ukuran buah srikaya jumbo lebih besar dibandingkan srikaya lokal mencapai 800 – 1000 gram/ buah.

Buah srikaya jumbo memiliki daging buah yang tebal, berwarna putih. Daging buahnya bertekstur lembut, tidak berpasir seperti srikaya lokal. Untuk soal rasa?, buah srikaya jumbo mempunyai rasa yang lebih manis dengan sensasi rasa dingin.

Keunggulan lainnya adalah, buah srikaya jumbo mempunyai aroma yang harum dan memiliki biji yang relatif sangat sedikit (7 – 10 biji/buah). Selain dapat di makan langsung, buah srikaya jumbo juga terasa segar jika di buat jus, makanan olahan seperti sirup ataupun selai.

Karakteristik Tanaman Srikaya Jumbo

Srikaya Jumbo merupakan varietas Srikaya jumbo yang berasal dari Thailand. Srikaya Jumbo yang sekarang berkembang di Indonesia merupakan introduksi dari Thailand pada tahun 2000 oleh Prakoso Heryono warga Prumahan Candi Kalasan, Semarang.

Pada waktu diintroduksi, srikaya tersebut belum mempunyai nama. Karena ukuran buahnya yang cukup besar kemudian diberi nama srikaya Jumbo.

Secara fisik, Tanaman buah pemilik nama latin Annona squamosa ini merupakan tanaman hijau abadi yang memiliki selang-seling pada batang, bangun daun adalah daun lembing mebujur. panjang daun 7-12 cm dan lebar daun 3-4 cm. Rangkaian bunga berupa tandan dengan 3-4 kuntum bunga dalam setiap tandan. bunga berwarna kuning kehijauan dengan bintik-bintik berwarna ungu di bagian dasar bunga.

Tanaman buah Srikaya Jumbo mampu berkembang dengan baik dari dataran rendah hingga dataran menengah. Tidak hanya di penanaman di tanah langsung, jenis tanaman buah yang satu ini juga cocok dijadikan tanaman buah dalam pot atau tambulapot.

Buah Srikaya Jumbo

Budidaya Bibit Srikaya Jumbo

Untuk membuat tanaman srikaya jumbo ini agar mampu cepat berbuah, yaitu cukup melakukan perontokan daun. Perontokan daun di lakukan pada pangkal daun agar membentuk tajuk-tajuk baru, untuk merangsang tumbuhnya bunga dan buah. namun harus di perhatikan dulu, agar bunga dan buah tidak rontok maka perlu di lakukan perawatan yang benar dan maksimal dan batang tanaman pun sudah berwarna kecoklatan (siap dan kuat menopang buah nya).

Keunggulan lainnya adalah bibit srikaya jumbo termasuk bersifat genjah atau rajin berbuah di dataran rendah hingga dataran tinggi. Srikaya jumbo ini sudah mulai berbuah pada umur 2 tahun. Sekali tanam, Anda dapat memanennya beberapa kali dalam setahun.

Bibit Tanaman Srikaya Jumbo

Spesifikasi Bibit Srikaya Jumbo

  • Nama : Srikaya Jumbo
  • Nama Ilmiah : Annona squamosa
  • Asal Daerah : Australia
  • Bibit Berasal: Hasil Okulasi
  • Ukuran bibit saat ini : 50 cm – 70 cm
  • Kemasan : Polybag
  • Rekomendasi dataran : dataran rendah – tinggi
  • kondisi tempat tumbuh optimal : iklim panas dengan suhu 30 – 35 derajat celcius.
  • kebutuhan sinar matahari : Full sun ( penyinaran sepanjang hari )
  • Kapan berbuah : 2-3 Tahun
  • buah dapat dikonsumsi dengan cara : dimakan langsung dalam kondisi segar
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

Jika dibudidayakan di dalam pot ( Tabulampot) :

  • Rekomendasi ukuran pot : diameter > 60 cm ( ukuran besar)
  • Media tanaman yang digunakan : tanah humus atau tanah kompos
  • Intensitas penyiraman : satu kali sehari
  • Tips pemberian Pupuk : dilakukan 30 hari sekali, menggunakan pupuk NPK Bunga dan diteruskan dengan Pupuk NPK Buah pada bulan berikutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *