Bibit Mangga Chokanan

Bibit Mangga Chokanan – Bibit Tanaman Mangga Unggul Dengan Julukan “Miracle Mango” Yang Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Bibit Mangga Chokanan merupakan jenis mangga unggulan yang terkenal memiliki rasa yang sangat manis. Bahkan karena citarasanya yang manis inilah mangga ini sering dijuluki mangga Madu.

Selain itu, Buah Mangga Chokanan ini digemari karena memiliki warna kulitnya yang menarik yaitu kuning segar. Sehingga terlihat dari kejauhan mangga ini seperti sudah dikupas.

Bibit mangga chokanan terkenal memiliki produktifitas yang tinggi cocok ditanam di lahan luas maupun di pekarangan.

Mangga Chokanan

Karakteristik Buah Mangga Chokanan

Buah Mangga chokanan berbentuk lonjong dengan salah satu sisi lebih besar. Satu buah mangga yang sudah masak memiliki berat kira-kira 300 – 450 gram. Kulit buahnya berwarna kuning saat sudah matang sempurna.

Dari segi tekstur, buah Mangga chokanan memiliki daging yang tebal, berwarna kuning. Daging buahnya mempunyai tekstur yang padat, lembut, sedikit berair dan tidak berserat. dengan ukuran biji yang tergolong sedang.

Dari segi rasa, buah mangga chokanan mempunyai rasa yang istimewa. Buah mangga chokanan mempunyai rasa sangat manis dan mirip dengan rasa madu alami. Hal Itulah mengapa banyak orang banyak menyebutnya sebagai Mangga Madu.

Sehingga wajar saja jika banyak orang yang menyukai jenis mangga ini untuk dikonsumsi saat matang sempurna atau pun masih muda.

Karakteristik Tanaman Mangga Chokanan

Mangga Chokanan adalah salah satu jenis mangga unggulan yang berasal dari Thailand. Mangga Chokanan atau ada juga yang menyebutnya dengan Mangga Chauk Anan atau Chooke Anan merupakan salah satu jenis mangga unggulan yang berasal dari negeri Gajah Putih, Thailand.

Secara fisik, bibit mangga chokanan mempunyai tampilan yang hampir sama dengan mangga lainnya. Batang pohonnya tebal dan memiliki tekstur kasar. Banyak terdapat celah-celah kecil dan sisik yang merupakan bekas tangkai daun. Kulit batang yang sudah tua umumnya berwarna coklat keabuan, kelabu tua, sampai warna hitam.

Jika diperhatikan dengan baik, maka Anda akan menemukan bahwa buah mangga Chokanan memiliki karakteristik yang sangat unik.

Pada saat mangga berumur muda, maka buah akan berwarna hijau dengan rasa yang asam dan saat telah matang sempurna, mangga akan berubah menjadi kuning terang dengan rasa yang sangat manis.

Buah mangga chokanan

Budidaya Mangga Chokanan

Perawatan bibit mangga chokanan ini tergolong mudah. Lakukan penyiraman dan pembersihan gula secara berkala. Waktu penyiraman air di saat pagi atau sore hari sangat dianjurkan untuk tanaman yang baru pindah tanam.

Air berguna untuk menopang tanaman baru agar lebih kokoh kembali dan tidak mudah layu. Lakukan penyiraman rutin tiap hari karena dalam penanaman air sangat dibutuhkan dalam jangka panjang.

Mangga ini memiliki sifat yang mudah dipelihara, sehingga sangat cocok untuk ditanam di dalam pot. Anda juga tidak perlu memberikan perawatan yang rumit, karena hal penting yang perlu diperhatikan hanya penyiraman tanaman yang dilakukan 2 kali dalam sehari, mendapatkan sinar matahari langsung, dan mendapatkan asupan nutrisi dari pupuk untuk menunjang pertumbuhannya.

Mangga chokanan termasuk jenis mangga yang dikenal paling cepat berbuah. Dengan perawatan yang baik, bibit mangga chokanan dapat mulai belajar berbuah setelah berumur 2 – 3 tahun setelah tanam.

Mangga chokanan ini juga mendapatkan julukan “miracle mango” hal ini dikarenakan kemampuannya yang dapat berbuah 3 kali dalam satu tahun atau sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Keunggulan lain dari Mangga ini adalah produktifitasnya yang terbilang sangat tinggi. Dalam 1 tahun, 1 pohon mangga Chokanan mampu menghasilkan buah sekitar 60-120 kg dalam setahun. Fakta inilah yang mendasari mengapa Mangga ini mendapatkan julukan sebagai Miracle Mango atau Mangga Ajaib.

Bibit Mangga Chokanan

Informasi Varietas Bibit Tanaman Mangga Chokanan

  • Nama : Mangga Chokanan
  • Nama Ilmiah : Mangifera sp
  • Daerah Asal : Thailand
  • Asal Bibit : Hasi okulasi
  • Ukuran bibit saat ini : 50 cm – 70 cm
  • Tempat Tumbuh Ideal : Dataran rendah / Ketinggian 800 m dpl.
  • Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah / suhu panas 30-35c
  • Tipe Pertumbuhan Tanaman : tumbuh tegak
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Masa berbuah : berbuah dalam 2 – 3 tahun
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah
  • Informasi Tambahan : varietas, paling cepat berbuah

Mangga chokanan saat ini menjadi salah satu jenis mangga yang paling banyak diburu dan digemari oleh para pecinta tanaman buah, hal ini kerena sifatnya yang genjah dan mudah tumbuh dan berbunga di dalam pot meski perawatan standar alias tanpa perlakuan khusus. sehingga sangat cocok untuk koleksi tabulampot dan dikembangkan baik di pekarangan maupun dikebun.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *