Bibit Kelengkeng Puangphet

Bibit Kelengkeng Puangphet – Bibit Tanaman Kelengkeng Unggul Cepat Berbuah Dengan Tingkat Produktivitas Tinggi dan Cocok Untuk Budidaya Komersial

Bibit Kelengkeng Puangphet – Kelengkeng puangphet?, nama yang masih terdengar asing bagi sebagian pecinta buah kelengkeng. benar saja, Kelengkeng yang satu ini memang masih tergolong varietas baru dan belum begitu populer dan masih kalah populer dengan kelengkeng itoh.

Kelengkeng Puangphet adalah varietas kelengkeng terbaru yang berasal dari Thailand. kelengkeng puangphet termasuk jenis kelengkeng unggulan yang mampu menghasilkan dompolan buah yang besar. Selain itu, buah Kelengkeng Puangphet mempunyai daging buah tebal dan citarasa yang manis.

Bahkan, kehadiran kelengkeng puangphet ini digadang-gadang menjadi pesaing terkuat ketenaran kelengkeng new kristal.

kelengkeng puangphet

Karakteristik Buah Kelengkeng Puangphet

Buah kelengkeng puangpet mempunyai ukuran buah yang tergolong besar, hampir sama dengan kelengkeng new kristal. kulit buahnya berwarna cokelat cerah dengan tampilan yang lebih bersih.

Dari segi tekstur, buah kelengkeng puangphet mempunyai daging buah yang tebal, dengan tekstur yang super renyah dan kering. Bahkan saat kulit buahnya dikupas pun tidak ada air yang menetes keluar.

Untuk soal rasa?, gak perlu diragukan lagi, buah kelengkeng puangphet ini mempunyai citarasa yang sangat manis. Selain itu, Ketebalan daging buah kelengkeng puangpet ini didukung dengan biji buahnya yang juga kecil. Sehingga dapat memberikan kepuasan dalam memakan buahnya.

Yang paling menarik dari kelengkeng puangphet ini adalah mampu menghasilkan dompolan buah yang sangat besar. Bahkan lebih besar dari kelengkeng new kristal. Bayangkan saja, Dalam satu tangkai mampu menghasilkan buah kelengkeng dengan berat hingga 5 kg.

Karakteristik Tanaman Kelengkeng Puangphet

Kelengkeng puangphet merupakan jenis kelengkeng unggulan yang berasal dari Thailand. Kelengkeng Puangphet sendiri masih mask ke keluarga Kelengkeng Puang, dan masih kerabat dengan kelengkeng Kelengkeng Puangray dan kelengkeng Puang tong.

Adapun di negara asalnya, Nama asli dari kelengkeng ini adalah “puangphet byan chyo”. Menurut informasi, orang yang pertama kali membudidayakan kelengkeng ini bernama Bapak Ismanto dari Semarang, Jawa Tengah. Bibit kelengkeng dibawanya dari Thailand pada tahun 2014.

Secara tampilna, Pohon kelengkeng puangphet memiliki pohon yang tidak terlalu tinggi dengan percabangan yang banyak dan juga rimbun. Saat berbuah cabang-cabang tersebuut akan merunduk sehingga memudahkan petani dalam melakukan pemanenan buahnya.

Kelengkeng Puangphet memiliki ciri khas dimana Daunnya berbentuk yang cukup ramping, bagian ujung daun kelengkeng ini meruncing dengan daun dewasa berwarna hijau tua. Daun yang masih muda memiliki warna hijau muda.

Keunggulan lainnya adalah kelengkeng puangphet dikenal mempunyai tingkat adaptasi yang tinggi. bibit kelengkeng terbukti mampu tumbuh pada dataran rendah hingga dataran tinggi serta mampu berbuah dengan baik pada iklim tropis seperti Indonesia.

KELEngkeng puangphet

Budidaya Kelengkeng Puangphet

Tanaman Kelengkeng Puangphet dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Adapun ketinggian ideal untuk penanaman bibit kelengkeng new kristal berkisar antara 200 hingga 800 meter diatas permukaan air laut. Jenis tanah yang disukai oleh tanaman kelengkeng Puangphet adalah tanah yang subur, gembur, dan banyak mengandung unsur hara.

Kelengkeng puangphet terkenal akan sifatnya yang cepat berbuah atau genjah. Dengan perawatan yang baik, bibit kelengkeng puangphet ini mulai belajar berbbuah setelah berumur 2 – 3 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau cangkok.

Hanya saja, dalam proses pembuahan, kelengkeng puangphet harus memerlukan perlakuan khusus, ketika memasuki fase pembungaan, yakni dengan pemberian obat booster atau perangsang buah.

Kelengkeng puangphet dikenal memiliki kemampuan untuk berbuah sepanjang tahun, tanpa mengenal musim. Dalam 1 tahun, panen buah kelengkeng puangphet dapat dilakukan sebanyak 2 – 3 kali. Sama halnya dengan kelengkeng new kristal. kita dapat mengatur sendiri kapan waktu tanaman kelengkeng puangphet untuk berbuah.

 

kelengkeng puangphet

Informasi Bibit Tanaman Kelengkeng Puangphet

  • Nama : Bibit Kelengkeng Puangphet
  • Nama Ilmiah : Dimocarpus longan
  • Asal Daerah : Thailand
  • Bibit Berasal: Hasil Okulasi
  • Rekomendasi dataran : dataran rendah – tinggi
  • kondisi tempat tumbuh optimal : suhu panas maupun dingin
  • kebutuhan sinar matahari : Full sun ( penyinaran sepanjang hari )
  • Kapan berbuah : kira-kira 3-4 tahun
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

jika dibudidayakan di dalam pot ( Tabulampot)

  • Rekomendasi ukuran pot : diameter > 60 an
  • Media tanam yang digunakan : tanah humus atau tanah kompos
  • Intensitas penyiraman : satu kali dalam sehari
  • Ilustrasi tinggi tanaman ketika tumbuh besar kurang lebih 300 cm
  • Tips pemberian pupuk (pemupukan) : dilakukan kira-kira 30 hari sekali. menggunakan pupuk NPK Daun.

Keunggulan lain dari kelengkeng puangphet ini adalah tingkat Produktivitas yang sangat tinggi. Bayangkan saja, Saat memasuki usia produktif, pohon kelengkeng puangphet mampu menghasilkan buah hingga lebih dari 100 kg per pohon per tahun. mantap sekali bukan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *