Bibit Kelengkeng Merah

Bibit Kelengkeng Merah – Bibit Kelengkeng Unggul Cepat Berbuah Dengan Warna Buah Merah Eksotis, Rasa Super Manis dan Cocok Untuk Tabulampot

Kelengkeng merah merupakan salah satu jenis kelengkeng unggulan yang sangat populer karena warnanya buahnya yang eksotik yaitu merah solid. Tidak hanya buahnya saja, bahkan daun dan batangnya juga berwarna coklat kemerahan yang membuat kelengkeng merah atau red longan ini semakin unik.

Tidak hanya warnanya saja yang cantik, buah kelengkeng merah ini juga dikenal mempunyai citarasa yang sangat sangat manis. Bibit kelengkeng merah juga dikenal cepat berbuah sehingga sangat cocok sebagai penghias halaman rumah. sehingga cocok ditanam sebagai tambulapot.

Bibit Kelengkeng Merah

Karakteristik Buah Kelengkeng Merah

Buah kelengkeng merah berukuran sedang seperti kelengkeng pada umumnya dengan bentuk membulat seperti bola. Kulit buahnya berwarna merah eksotoik

Dari segi tekstur, Buah kelengkeng merah mempunyai daging yang cukup tebal, berwarna putih bening dan juicy sehingga lebih lezat dimakan. Aromanya pun harum khas kelengkeng.

Dari segi rasa, buah kelengkeng merah mempunyai rasa yang sangat manis. Bahkan, Tingkat kemanisan buah dari kelengkeng merah mencapai 21—24 0 briks. . Tingkat kemanisan ini diklaim lebih tinggi dari pada tingkat kemanisan kelengkeng King Long.

Buah Kelengkeng Merah

Karakteristik Tanaman Kelengkeng Merah

Kelengkeng merah atau yang juga dikenal dengan nama Ruby Red Longan merupakan jenis kelengkeng yang berasal dari Amerika dan tergolong langka karena berasal dari mutasi genetik.

Secara fisik, kelengkeng Red Ruby Longan ini sangat mudah dikenali. Keseluruhan tanamannya cenderung berwarna merah. Pohon rimbun dengan ketinggian kurang lebih dari 3 meter jika di tanam di pot, percabangan rendah menyamping sehingga membuatnya rimbun.

Daun mudanya berwarna merah dan berubah menjadi hijau ketika dewasa kemudian kembali lagi berwarna merah ketika sudah tua. Batangnya berwarna hijau ketika masih muda dan berubah menjadi coklat kemerahan ketika sudah tua.

Bibit kelengkeng merah tergolong jenis lengkeng yang adaptif di berbagai ketinggian tempat. Selain itu, lengkeng merah termasuk gampang berbuah dalam pot.

tabulampot kelengkeng merah

Budidaya Kelengkeng Merah

Perawatan Tabulampot lengkeng merah tergolong mudah. Siapkan media tanam berupa berupa tanah, pupuk kandang kambing fermentasi, sekam bakar, dan serbuk sabut kelapa. Campur media, lalu masukkan ke pot, dan tanam bibit ukuran 75 cm. Pasang ajir agar bibit tidak gampang roboh lantas taburkan anticendawan. Setiap pekan siramkan vitamin 1 ml per liter air selama tiga pekan berturut-turut.

Saat tanaman berumur sebulan berikan pupuk NPK seimbang dengan perbandingan 20:20:20. Dosis pupuk 0,75 gram per liter air. Semprot rutin sepekan dua kali hingga tanaman berumur 5—6 bulan atau tajuknya rimbun. Pangkas tajuk agar percabangan bagus.

Semprotkan pupuk cair NPK dengan perbandingan 6:30:30. Dosisnya 0,7 ml per liter setiap pekan sampai tanaman berbunga. Saat muncul calon buah hentikan pemupukan dan lanjutkan kembali saat buah seukuran kacang tanah.

Kelengkeng merah terkenal akan sifatnya yang cepat untuk berbuah. Dengan perawatan yang baik, bibit lengkeng merah akan mulai berbuah Pada usia 1 – 2 tahun sejak penanaman. Menariknya lagi adalah Bibit Lengkeng Merah, bisa berbuah tanpa bantuan perangsang.

Keunggulan lainnya adalah kelengkeng merah dapat berbuah tanpa mengenal musim. Produktifitasnya yang tinggi dapat ditandai dari buahnya yang selalu datang silih berganti.

Bibit kelengkeng merah

Informasi Bibit Tanaman Kelengkeng Merah

  • Nama : Kelengkeng Merah
  • Nama Ilmiah : Dimocarpus longan
  • Daerah Asal : Asia Tenggara
  • Asal Bibit : Hasil okulasi
  • Ukuran bibit saat ini : 50 cm – 70 cm
  • Tempat tumbuh Ideal : dataran rendah / ketinggian 700 m dpl
  • Iklim Tumbuh Optimal : Iklim Tropis/ suhu panas 30-35c
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Masa Produktif : berbuah dalam 1 – 2 tahun
  • Buah bisa dimakan : dapat dimakan langsung.
  • Informasi tambahan : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

Jika dibudidayakan di dalam pot (Tabulampot) :

  • Rekomendasi Ukuran Pot : diameter lebih dari 60 cm ( ukuran besar)
  • Media Tanam : tanah dan humus
  • Penyiraman : Penyiraman sehari satu kali.
  • Tinggi Tanaman Akan Datang : tinggi lebih dari 5 meter, tetapi bisa di pendek kan dengan pemangkasan
  • Pemupukan : sebulan sekali dengan pupuk NPK Bunga, diteruskan dengan NPK Buah pada bulan berikutnya
  • Waktu Panen / Berbunga : 90 hari
  • Cara Perawatan : bersihkan gulam secara berkala
  • Tipe Pertumbuhan Tanaman : tumbuh tegak
  • Tajuk tegak dengan kanopi yang rapat dan tidak melebar.

Kelengkeng merah ini memang cocok ditanam di dalam pot atau tambulapot. Pohonnya yang rimbun dan buahnya yang berwarna menarik sangat sedap untuk dipandang seperti melihat batu ruby yang bergelantungan. Tidak hanya tampilannya saja yang diunggulkan, rasa dari kelengkeng ini juga sangat manis dan dapat bersaing dengan kelengkeng unggulan lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *