Bibit Kelengkeng Matalada

Bibit Kelengkeng Matalada – Bibit Kelengkeng Unggul Khusus untuk Dataran Rendah Yang Memiliki Sifat Genjah Sehingga Sangat Cocok Dijadikan Tabulampot

Kelengkeng Matalada termasuk jenis kelengkeng yang cukup banyak dicari para penghobiss. Kelengkeng matalada terkenal akan ukuran biji yang kecil seukuran lada, sementara daging buahnya tebal dan rasanya manis.

Bibit kelengkeng matalada memiliki pohon yang rimbun dan cepat berbuah. Selain itu, bibit kelengkeng matalada juga mampu berbuah dengan baik pada dataran rendah yang beriklim tropis, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tambulapot sebagai penghias halaman rumah.

Kelengkeng Hawae Unggul
Kelengkeng Hawae Unggul

Karakteristik Buah Kelengkeng Matalada

Buah Kelengkeng Matalada berukuran cukup besar dengan diameter 2,5 sampai 3 cm. Kulit buahnya berwarna coklat muda dengan bintil-bintil di permukaannya.

Dari segi tekstur, daging kelengkeng matalada cukup tebal dengan tekstur yang padat dan tidak terlalu banyak mengandung air. Buah kelengkeng matalada mempunyai Citarasa manis, warna daging buah transparan dan mempunyai aroma khas yang harum.

Sesuai dengan namanya, buah kelengkeng matalada ini mempunyai ukuran biji yang kecil seukuran lada. Sehingga membuat daging buahnya tampak begitu tebal dan nikmat untuk disantap.

Karakteristik Tanaman Kelengkeng Matalada

Kelengkeng matalada atau yang sering disebut kelengkeng hawae adalah jenis kelengkeng kualitas unggul spesialis kelengkeng dataran rendah. Pohon lengkeng matalada mampu tumbuh dan berbuah dengan baik pada dataran rendah.

Secara fisik, Pohon kelengkeng Matalada memiliki pertumbuhan yang tegak dengan daun yang rimbun dan melebar. Ciri khas dari kelengkeng matalada ini adalah bentuk daunnya yang cendrung berbentuk lancip memanjang, bertekstur kaku dan mempunyai warna hijau tua.

Buah kelengkeng matalada

Budidaya Kelengkeng Matalada

Untuk membuat lengkeng matalada berbuah dengan lebat, perlu dilakukan perawatan yang tepat. Di antaranya penyiraman, pemupukan, pemangkasan, dan merangsang pembungaan serta pembuahan.

Khusus tindakan pemangkasan diperlukan untuk membentuk tajuk tanaman, seleksi kualitas bunga/calon buah, dan membuang cabang serta dahan yang tidak produktif.

Pemangkasan juga dilakukan di bagian atas untuk mempertahankan tinggi tanaman 4 meter. Pada bagian awal pangkas bagian atas, selanjutnya pilih 3 cabang yang simetris untuk dipelihara. Lakukan pemangkasan kedua hingga terbentuk 3-4 cabang baru.

Untuk pemupukan saat pertumbuhan awal dibutuhkan NPK seimbang dan pupuk kandang dengan frekuensi 2-4 kali dalam setahun. Ketika tanaman telah berbuah dan dipanen, selanjutnya diberikan pupuk dengan komposisi, NPK 20-10-10.

Ketika tanda-tanda pembungaan muncul, mulai pemberian NPK seimbang 15:15:15 dan bahan organik lainnya. Sebulan setelah pemupukan pembentukan buah, Kembali diberikan NPK 15 : 15 :15 yang bertujuan untuk membantu peningkatan kualitas buah.

Bibit kelengkeng matalada memiliki sifat yang genjah. Dengan perawatan yang baik, bibit lengkeng matalada akan ulai berbuah setelah berumur 1-2 tahun setelah tanam. Menariknya lagi adalah Pohon lengkeng matalada ini mampu berbuah meskipun tanpa perlakuan khusus.

Bibit Kelengkeng Matalada

Informasi Bibit Kelengkeng Matalada

  • Nama : Bibit Kelengkeng Hawae
  • Nama Bibit : Dimocarpus Longan
  • Asal Daerah : –
  • Asal Bibit : Hasil okulasi
  • Tinggi bibit saat di kirim : 50 cm – 70 cm
  • Rekomendasi Datarn dan dataran rendah
  • Kondisi tempat tumbuh : Iklim panas / suhu 30-35 derajat celcius
  • Waktu berbuah : Kira – kira 1-2 tahun
  • buah dapat dikonsumsi dengan cara : dimakan langsung dalam kondisi segar

Jika ditanaman di dalam pot (Tabulampot) :

  • Rekomendasi ukuran pot : diameter > 60 cm ( ukuran besar)
  • media tanam yang digunakan : tanah humus atau tanah kompos
  • intensitas penyiraman : dua kali dalam sehari
  • llustrasi tinggi tanamn ketika tumbuh besar : 500 cm atau dapat dibuat pendek dengan
    cara pemngkasan secara rutin.
  • Tips pemeberian pupuk : Dilakukan kira2 30 hari sekali, menggunakan pupuk NPK daun atau sejenisnya.

Bagi Anda para pecinta tabulampot, kelengkeng matalada ini bisa menjadi sebagai pilihan yang tepat. karena tanaman kelengkeng ini termasuk bersifat genjah atau cepat berbuah. selian itu, pohon kelengkeng matalada ini mempunyai tajuk yang bagus, eksotis, rindang dan mampu berbuah lebat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *