Bibit Kelengkeng Itoh

Bibit Kelengkeng Itoh – Bibit Kelengkeng Unggul Dari Thailand Yang Cepat Berbuah Dengan Daging Tebal, Padat, Rasa Manis dan Memiliki Produktivitas Tinggi

Kelengkeng itoh termasuk salah satu jenis kelengkeng cukup populer beberapa tahun terakhir. Kelengkeng itoh terkenal akan akan daging buahnya yang tebal, tekstur dagingnya yang renyah, agak kering, dan berbiji kecil.

Kelengkeng itoh juga terkenal dengan tingkat produktifitasnya yang tinggi sehingga banyak dicari petani untuk dibudidayakan dalam skala bisnis. Selain itu, Bibit kelengkeng itoh juga dapat ditanam didalam pot sebagai penghias halaman rumah.

Bibit Kelengkeng Itoh

Karakteristik Buah Kelengkeng Itoh

Buah kelengkeng berbentuk bulat, berukuran sedang. Kulit buahnya berwarna coklat cerah saat sudah matang. Dari segi tekstur, buah kelengkeng itoh mempunyai daging yang tebal, berwarna putih keruh. tekstur dagingnya padat, kering dengan biji berukuran kecil.

Dari segi rasa, tak perlu diragukan lagi deh, buah kelengkeng itoh memiliki rasa yang manis dengan aroma khas yang menyegarkan.

Karakteristik Tanaman Kelengkeng Itoh

Kelengkeng itoh merupakan salah satu jenis kelengkeng kualitas unggul yang berasal dari Thailand. Kelengkeng itoh telah banyak dibudidayakan di Indonesia dan telah terbukti mampu berbuah dengan kualitas yang baik. Tanaman buah pemilik nama latin Dimocarpus longan ini lahir dari hasil persilangan antara varietas lengkeng diamond river dengan jenis lengkeng puangray asal Thailand.

Secara fisik, pohon lengkeng Itoh serupa dengan jenis kelengkeng diamond river yakni daun yang lebar dan bergelombang. Ciri mencolok kelengkeng Itoh adalah pada saat masih berupa bibit, yakni dari daunnya yg memiliki panjang hingga 25 cm dan lebar hingga 12 cm dengan bentuk bergelombang. Posisi daunnya tegak dan tidak menjuntai ke bawah.

Buah kelengkeng Itoh

Budidaya Kelengkeng Itoh

Bibit lengkeng itoh dapat tumbuh subur pada dataran rendah dengan ketinggian 0 – 400 m dpl, pohon kelengkeng ini sangat menyukai jenis dengan kondisi tanah yang gembur / tanah vulkanik dengan pH netral. Untuk menghasilkan pohon kelengkeng itoh yang tumbuh dengan subur dan menghasilkan buah yang optimal, lakukan penyiraman tanaman secara rutin.

Llakukan juga pemupukan, pemberian pupuk padat diberikan 3 bulan sekali sebanyak 25-35 kg/pohon di masa vegetatif (masa sebelum berbunga atau tahun kedua setelah penanaman) dan dengan pemberian dosis yang sama tiap satu bulan sekali pada masa generatif (berbunga & berbuah). Pupuk cair diberikan 2 minggu sekali sebanyak 1-2 liter pada fase vegetatif dan dosis yang sama diberikan seminggu sekali pada saat fase generatif.

Perangsangan pembungaan tanaman kelengkeng itoh selain dengan pemangkasan juga perlu dilakukan pemberian booster (larutan perangsang alami pengganti natrium klorat/kalium klorat sintetik) yang disemprot ke permukaan tanah sekitar perakaran.

Dengan perawatan yang baik, bibit lengkeng itoh dapat mulai belajar berbuah, Setelah tanaman berumur 2-3 tahun setelah tanam.  pohon lengkeng akan berbunga dan akan menjadi pentil dalam waktu sekitar 2 bulan, sedangkan dari pentil sampai buah siap dipanen memakan waktu sekitar 3 bulan. Agar buah tetap mulus, sebaiknya buah dibungkus dalam net/jaring polyester.

bibit kelengkeng itoh

Informasi Bibit Kelengkeng Itoh

  • Nama : Bibit Kelengkeng Itoh
  • Nama Ilmiah : Dimocarpus longan
  • Daerah Asal : Thailand
  • Asal Bibit : Hasil Okulasi
  • Ukuran Bibit saat ini : 50 cm – 70 cm
  • Tempat Tumbuh Ideal : Dataran rendah / Ketinggian 700 m dpl
  • Iklim Tumbuh Optimal : Iklim Tropis / suhu panas 30-35c
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Aroma Bunga : lembut, hanya terasa bila di hirup
  • Masa Berbuah : berbuah dalam 2 – 3 tahun
  • Buah bisa dimakan : dapat dimakan langsung
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

Jika dibudidayakan didalam Pot (Tabulampot) :

  • Rekomendasi Ukuran Pot : diameter lebih dari 60cm
  • Media Tanam : tanah dan humus
  • Penyiraman : peniraman dua kali sehari
  • Ilustrasi Tinggi Tanaman : Tinggi lebih dari 5 meter, tetapi bisa di pendek kan dengan pemangkasan.
  • Pemupukan : sebulan sekali dengan pupuk NPK Bunga, diteruskan dengan NPK Buah pada bulan berikutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *