Bibit Jambu Citra

Bibit Jambu Citra – Bibit Tanaman Jambu Air Unggul Cepat berbuah Dengan Ukuran Buah Jumbo, Daging Renyah, Rasa Manis dan Cocok Untuk Budidaya Skala Perkebunan

Jambu Citra adalah jenis tanaman buah unggul asli Indonesia. Buah jambu citra terkenal akan ukuran buah yang cukup besar. Selain itu rasanya juga juara. Kombinasi manis, segar, juicy dengan daging buah yang tak berbiji dan tak berongga.

Bibit terkenal akan sifatnya yang cepat berbuah dan mampu berbuah lebat. Sehingga bibit Jambu Citra sangat cocok untuk budidaya perkebunan maupun ditanam ke dalam pot atau Tambulapot.

Bibit jambu citra

Karakteristik Buah Jambu Citra

Buah jambu citra dikenal dengan tampilannya cantik, Buah jambu citra berbentuk seperti lonceng, berwarna merah merona dan sangat cantik. Buah jambu citra memiliki ukuran buah yang besar, bobot satu buahnya berkisar antara 100 – 200 gram / buah.

Dari segi tekstur, Buah jambu citra mempunyai daging buahnya tebal, berwarna putih, bertekstur renyah, tak berongga, tanpa biji dan sangat segar saat dimakan (juicy).

Dari segi rasa, buah jambu citra mempunyai rasa yang manis. Kesegarannya jambu ini berkat kandungan airnya yang bisa mencapai 93%. Selain itu, jambu air citra memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit dan mata.

Karakteristik Tanaman Jambu Citra

Jambu Citra merupakan buah asli Indonesia. Tanaman jambu citra termasuk ke dalam tumbuhan perdu. Secara fisik, Tanaman buah pemilik nama latin Syzygium aqueum ini termasuk rimbun dan relatif pendek dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya.

Ciri-ciri jambu air citra dewasa, Pohon Jambu citra memiliki tajuk yang bulat, kanopi melebar,batang bulat dengan permukaan halus berwarna coklat dan bercabang-cabang. Daunnya berbentuk lonjong memanjang dengan ujung meruncing.

Ketika masih muda, daun jambu air citra ini berwarna merah kecokelatan atau muda merah keunguan kemudian berubah menjadi hijau saat daun sudah tua.

Pohon Jambu citra dikenal memiliki tingkat adaptasi yang baik, bibit jambu citra dapat tumbuh pada dataran rendah yang sangat baik tumbuh di ketinggian hingga 500 mdpl dengan sinar matahari penuh. Jambu itu dapat tumbuh di dataran tinggi 1.000 mdpl. Namun akan berpengaruh pada rasa buah yang tidak seenak jika ditanam di dataran rendah.

Selain itu, Tanaman jambu citra ini juga tergolong memiliki ketahanan yang sangat bagus terhadap hama ulat, hama penggerek batang maupun jamur daun.

Budidaya Bibit Jambu Citra

Syarat tumbuh tanaman jambu air citra yaitu daerah tanam di dataran rendah, perlu sinar matahari penuh, tanah gembur dan cukup air.

Tanaman jambu citra menyukai tanah yang subur, gembur, dan banyak mengandung bahan organik. Dibutuhkan juga iklim dengan curah hujan sedang atau cenderung kering, antara 500 – 3.000 mm/tahun, serta musim kemarau lebih dari empat bulan.

Pohon jambu citra termasuk jenis jambu air yang cepat berbuah atau genjah. Dengan perawatan yang baik, jambu citra mulai berbuah setelah 2-3 tahun masa penanaman. Dan dengan perawatan optimum dapat berbuah 3 kali setahun.

Dalam satu tahun, pohon jambu citra ini mampu menghasilkan buah sekitar 80-100 kg perpohon per musim. Pohon Jambu air citra akan menghasilkan buah berkualitas baik dan maksimal pada saat musim kemarau, hal ini disebabkan karena rasanya lebih manis sehingga waktu yang paling baik untuk memanen buah jambu citra adalah pada saat kemarau.

Informasi Bibit Tanaman Jambu Citra

  • Nama : Bibit Jambu Citra
  • Nama Ilmiah : Syzygium aqueum
  • Daerah Asal : Asia tenggara
  • Asal Bibit : Hasil okulasi
  • Ukuran tanaman saat ini : 50 cm – 70 cm
  • Umur Bibit : lebih dari 7 bulan dari okulasi
  • Media tanam ketika bibit diterima : Arang sekam, pupuk organik yang dicampur dengan cocopit.
  • Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah sampai dataran tinggi / ketinggian 1000 m dpl
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Masa Produktif : berbuah dalam 3 – 5 tahun
  • Info tambahan : Bibit sudah ditempel sehingga tinggal menunggu berbunga dan berbuah.

Jika ditanam di dalam pot (Tabulampot) :

  • Ukuran Pot Minimal : diameter lebih dari 60cm
  • Media Tanam : tanah dan humus
  • Standar Penyiraman : Penyiraman satu kali dalam sehari dengan 1 liter air
  • Tinggi Tanaman Akan Datang : tinggi +- 3 meter dan dapat dibuat pendek dengan pemangakasan.
  • Standar Pemupukan : sebulan sekali dengan pupuk NPK Daun dan semprot.

Jambu Air Citra ini juga sangat cocok dibudidayakan di dalam pot (Tabulampot) dengan produktifitas buah yang cukup tinggi. Sekarang Waktunya menikmati buah jambu citra dari kebun anda sendiri. Anda berminat memilikinya? Ambil Bibit Jambu Air Citra Terbaik Sekarang Juga!.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *